Woman
·
28 Januari 2020 10:01

Terjebak dalam Hubungan Tanpa Status? Kenali 5 Tanda-tandanya

Konten ini diproduksi oleh
Terjebak dalam Hubungan Tanpa Status? Kenali 5 Tanda-tandanya (7401)
Ilustrasi hubungan tanpa status. Foto: Shutter Stock
Hubungan tanpa status atau HTS merupakan fenomena yang tak asing lagi. Hubungan seperti ini biasanya dilakukan karena beberapa alasan; seperti ragu, takut, hingga belum siap untuk berkomitmen.
ADVERTISEMENT
Meski pola hubungan ini sangat dihindari, namun pada kenyataanya, ada saja pasangan yang memilih menjalani HTS ketimbang mengikrarkan hubungannya dalam status ‘pacaran’. Bahkan, parahnya lagi ada juga beberapa orang yang tak menyadari bahwa dirinya sedang terjebak dalam hubungan seperti ini.
Lalu, bagaimana mengenali tanda-tanda bahwa Anda sedang terjebak dalam hubungan tanpa status? Berikut kumparanWOMAN rangkum informasinya seperti dikutip dari berbagai sumber.

1. Tidak pernah mau membahas soal komitmen

Terjebak dalam Hubungan Tanpa Status? Kenali 5 Tanda-tandanya (7402)
Ilustrasi hubungan tanpa status Foto: Shutterstock
Hubungan yang serius biasanya dibangun atas dasar komitmen. Jika pasangan Anda tidak pernah mau membahas soal status atau komitmen, berarti Anda perlu mempertanyakan lagi arah atau keseriusan hubungan tersebut.
Apalagi, jika disinggung soal status atau komitmen, pasangan Anda akan mengeluarkan kalimat seperti, “jalanin saja dulu”. Tanda yang ini sangat jelas menunjukkan bahwa Anda sedang terjebak dalam hubungan tanpa status. Sebab, hubungan yang serius biasanya memiliki arah atau tujuan yang pasti. Selain itu, pasangan Anda juga tahu akan dibawa kemana hubungan tersebut.
ADVERTISEMENT

2. Tidak pernah mau membahas soal masa depan

Selain tak pernah mau membahas soal komitmen, biasanya seseorang yang berada dalam hubungan seperti ini juga tidak pernah mau membahas soal masa depan. Sebab, biasanya hubungan tanpa status tidak memiliki satu tujuan yang pasti. Oleh karena itu, jika pasangan Anda terus-menerus menolak membicarakan masa depan, berarti dia memang lebih nyaman menjalani hubungan tanpa status.

3. Komunikasi yang tak menentu

Terjebak dalam Hubungan Tanpa Status? Kenali 5 Tanda-tandanya (7403)
Ilustrasi komunikasi pasangan tak menentu. Foto: Shutterstock
Salah satu tanda yang menonjol dari hubungan tanpa status adalah komunikasi yang tak menentu. Terkadang Anda bisa berkomunikasi sangat intens, namun terkadang pasangan Anda juga bisa hilang begitu saja tanpa satupun kabar darinya.
Dalam hubungan seperti itu, Anda tidak bisa memaksanya untuk terus memberikan kabar. Sebab, Anda dan pasangan tidak terikat dalam hubungan jelas yang membuatnya wajib untuk selalu memberi kabar.
ADVERTISEMENT

4. Hanya satu pihak yang berusaha lebih

Dalam hubungan yang sehat, idealnya ada dua orang yang akan berusaha untuk saling membahagiakan satu sama lain. Namun sayangnya, hal ini kerap tidak terjadi pada hubungan tanpa status. Bahkan parahnya lagi, terkadang hanya ada satu pihak yang berusaha sedangkan pihak lainnya hanya menerima saja tanpa memberi. Jika Anda sedang mengalami masa ini, cobalah untuk keluar dari hubungan tersebut karena kurang sehat untuk dijalani.

5. Tak terbuka soal kehidupan pribadi

Terjebak dalam Hubungan Tanpa Status? Kenali 5 Tanda-tandanya (7404)
Ilustrasi pasangan tak harmonis. Foto: Shutterstock
Saat sedang menjalani hubungan tanpa status, biasanya dia akan jarang terbuka dengan kehidupan pribadinya. Mulai dari hal-hal personal, seperti teman hingga keluarganya. Bahkan tak jarang, hubungan seperti ini juga kerap disembunyikan dari orang terdekat. Artinya, salah satu atau kedua pihak tidak mau mengenalkan pasangannya ke orang-orang terdekat, sebab mengenalkan pasangan kepada orang terdekat dianggap selangkah lebih serius. Oleh karena itu, hal ini seringkali tidak dilakukan oleh mereka yang berada dalam hubungan tanpa status.
ADVERTISEMENT