Woman
·
21 September 2020 14:13

Ternyata Ini 5 Perbedaan Pria dan Perempuan saat Jatuh Cinta

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ternyata Ini 5 Perbedaan Pria dan Perempuan saat Jatuh Cinta (25397)
Ternyata Ini 5 Perbedaan Pria dan Perempuan saat Jatuh Cinta. Foto: Shutterstock
Ladies, tahukah kamu kalau pria dan perempuan punya cara yang berbeda dalam menunjukkan cintanya? Pria disebut lebih mudah jatuh cinta dan biasanya lebih berinisiatif memulai hubungan dibanding perempuan. Namun, di sisi lain perempuan justru lebih sering mengungkapkan perasaan setelah berpacaran dibandingkan dengan pria.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan penelitian dari The Journal of Social Psychology dan Evolutionary Psychology masih ada pula beberapa perbedaan lain, bagaimana perempuan dan pria jatuh cinta. Tentunya, perbedaan ini tidak bisa digeneralisasikan karena setiap individu punya sifat yang berbeda-beda. Lantas, ada apa saja perbedaan itu? Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Pria lebih mudah jatuh cinta dibanding perempuan

Ternyata Ini 5 Perbedaan Pria dan Perempuan saat Jatuh Cinta (25398)
Pria lebih mudah jatuh cinta dibanding perempuan. Foto: Shutterstock
Sebuah studi dari The Journal of Social Psychology yang diteliti oleh Harrison dan Shortall pada 2011 menemukan bahwa pria cenderung lebih cepat jatuh cinta dan mengekspresikan perasaannya. Tentunya, fakta ini berbeda dengan gambaran yang diceritakan dalam kisah fiksi bahwa perempuan kerap terlihat berusaha membuat pria menyukainya.
Perempuan biasanya akan lebih berhati-hati sebelum menaruh perasaannya pada orang lain. Melansir Bustle, hal ini dikarenakan ada anggapan bahwa perempuan cenderung lebih banyak mengalami kerugian saat dalam hubungan dibandingkan pria, salah satunya dari sisi emosional.
ADVERTISEMENT

2. Pria lebih dulu menyatakan cinta

Ternyata Ini 5 Perbedaan Pria dan Perempuan saat Jatuh Cinta (25399)
Pria lebih dulu menyatakan cinta. Foto: Shutterstock
Dalam hubungan, pria biasanya lebih dulu mengatakan 'aku cinta kamu' pada pasangannya. Pria secara sosial punya inisiatif memulai suatu hubungan dan lewat pernyataan lisan tersebut diharapkan perempuan mau berkomitmen dengannya.
Selain itu, dari studi yang sama disebutkan kalau perempuan cenderung pragmatis dalam percintaan. Perempuan tidak terburu-buru dan akan melihat terlebih dulu apa manfaat di balik hubungan yang akan dijalankan.

3. Perempuan lebih sering mengatakan cinta

Ternyata Ini 5 Perbedaan Pria dan Perempuan saat Jatuh Cinta (25400)
Perempuan lebih sering mengatakan cinta. Foto: Shutterstock
Setelah menjadi pacar, perempuan akan lebih sering mengungkapkan perasaannya dibanding pria. Hal ini dikarenakan perempuan cukup mementingkan ungkapan yang diekspresikan sebagai salah satu cara menjadi romantis.
Namun, pria juga akan mengatakan 'aku cinta kamu' lebih sering bila ia tahu kalau pasangannya menyukai perlakuan tersebut. Ini dilakukan pria dengan tujuan menjaga hubungan tetap langgeng dan harmonis meskipun ungkapannya tidak berasal dari keinginan mereka sendiri.
ADVERTISEMENT

4. Perempuan sulit jatuh cinta pada pandangan pertama

Ternyata Ini 5 Perbedaan Pria dan Perempuan saat Jatuh Cinta (25401)
Perempuan sulit jatuh cinta pada pandangan pertama. Foto: Shutterstock
Saat tertarik pada seseorang, perempuan biasanya mengutamakan perasaan dibanding tampilan fisik. Mereka membutuhkan waktu lama untuk jatuh cinta karena perempuan akan melihat setiap detil dari orang yang ia sukai. Pria cenderung menyukai perempuan berdasarkan apa yang dilihat dan jarang mencari detil informasi sebelum akhirnya memutuskan untuk jatuh cinta.
Perempuan biasanya berhati-hati sebelum berkomitmen dan melakukan hal romantis lainnya dengan pasangan. Selain itu, disebutkan dalam jurnal Evolutionary Psychology yang diteliti oleh Galperin dan Haselton pada 2010 bahwa perempuan akan bersikap skeptis pada pria dan melihat apakah bisa diajak berkomitmen atau tidak.

5. Pria bisa menyukai banyak perempuan sekaligus

Ternyata Ini 5 Perbedaan Pria dan Perempuan saat Jatuh Cinta (25402)
Pria bisa menyukai banyak perempuan sekaligus. Foto: Thinkstock
Penelitian berjudul Predictors of How Often and When People Fall in Love dari Galperin dan Haselton ini menyebutkan kalau frekuensi pria jatuh cinta lebih sering dibanding perempuan. Pria bisa menyukai banyak perempuan sekaligus sedangkan perempuan biasanya hanya pada beberapa pria saja atau bahkan fokus pada satu orang. Dua peneliti dari Universitas California, Los Angeles, ini juga menunjukkan bahwa kecenderungan tersebut membuat pria lebih mungkin merasakan cinta yang bertepuk sebelah tangan.
ADVERTISEMENT
Hal di atas tentu tidak berlaku secara umum dan tidak bisa digeneralisasikan. Ini tergantung juga pada individu, bagaimana sifat dan preferensinya saat menyukai seseorang. Di sisi lain, ini juga bisa terjadi karena pria mengalami kesulitan untuk mengetahui apakah orang yang disukai juga tertarik padanya atau tidak.
Penulis: Adinda Cindy Lapod
------