Woman
·
11 Juni 2020 11:57

Ternyata Nonton Drakor Bisa Tingkatkan Hormon Bahagia, Ini Penjelasannya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ternyata Nonton Drakor Bisa Tingkatkan Hormon Bahagia, Ini Penjelasannya (42387)
Ilustrasi nonton drama Korea. Foto: Matheus Marsely/kumparan
Serial drama Korea semakin digandrungi kaum perempuan Tanah Air. Alur ceritanya yang dramatis dan romantis bikin banyak orang baper dan kadang terbawa emosi. Tak jarang ada juga yang membuat kita tergelitik dan membuat tertawa sendiri. Adegan serial yang kita tonton begitu menyerap di perasaan bahkan sampai terpikirkan.
ADVERTISEMENT
Namun tak sekadar membuat baper dan terbawa emosi, serial drama Korea ternyata juga memberi manfaat positif bagi yang menontonnya. Hal ini dijelaskan oleh dr. Dinda Derdameisya SpOG. Menurutnya ketika sampai terpikirkan dengan adegan-adegan drakor, itu akan memicu produksi hormon oksitosin. Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada US National Library of Medicine National Institute of Health tahun 2013 memaparkan, oksitosin mempengaruhi perasaan manusia, baik perasaan senang, bahagia, hingga perasaan lainnya yang berhubungan dengan emosi manusia.
Ternyata Nonton Drakor Bisa Tingkatkan Hormon Bahagia, Ini Penjelasannya (42388)
Drama Korea The World of the Married. Foto: JTBC
Karena itu, hormon oksitosin yang meningkat saat kita menonton drakor bisa memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Oksitosin juga dikenal dengan sebutan hormon cinta, karena kehadirannya berperan pada fungsi seksual, ikatan hubungan, persalinan, hingga menyusui. Karena itu hormon oksitosin perempuan biasanya lebih tinggi dibanding laki-laki
ADVERTISEMENT
Selain itu, oksitosin juga dapat meningkatkan gairah seksual dan kepercayaan, mengurangi kecemasan, kecanduan, dan stres. Sehingga hormon cinta ini tidak hanya bisa didapatkan dengan hubungan yang terikat saja.
Jadi mulai saat ini, tidak perlu merasa terlalu bersalah jika kamu senang menonton drama Korea. Tapi ingat jangan terlalu berlebihan ya, Ladies. Tetap jaga keseimbangan waktu, dan jangan sampai kegemaran menonton drakor membuat kamu melupakan hal-hal lainnya.
--
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
***
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.