Woman
·
5 Oktober 2020 19:14

Tidak ke Salon, Ini 5 Tips Alami Merawat Kuku agar Sehat dan Mengkilap

Konten ini diproduksi oleh
Tidak ke Salon, Ini 5 Tips Alami Merawat Kuku agar Sehat dan Mengkilap (7476)
Tes Ilustrasi Kuku Perempuan Foto: Dok. Shutterstock
Merawat kuku agar sehat dan mengkilap tidak melulu harus ke tempat perawatan. Kamu bisa melakukan beberapa tips alami untuk menjaga kondisi kuku tetap prima dan tidak rapuh.
ADVERTISEMENT
Adapun beberapa tips yang bisa kamu lakukan, mulai dari mengonsumsi makanan tinggi protein hingga menggunakan masker kuku dari bahan alami. Lantas, apa saja tips lainnya dan bagaimana menjalankan perawatan alami tersebut? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Aplikasikan madu dan lemon pada kuku

Tidak ke Salon, Ini 5 Tips Alami Merawat Kuku agar Sehat dan Mengkilap (7477)
Ilustrasi madu semanggi Foto: Dok.Shutterstock
Madu bisa membantu melawan pertumbuhan bakteri dan jamur sehingga bisa menjaga kuku tetap sehat.
Mengutip dari situs Holland and Barrett, perusahaan di bidang kesehatan dan kebugaran terkemuka di dunia, untuk mencoba cara ini, kamu bisa menggabungkan campuran madu dan jus lemon menjadi masker kuku. Ambil 2 sendok teh madu dan beberapa tetes jus lemon, kemudian oleskan ke area kuku sambil dipijat perlahan dan diamkan selama 15-20 menit. Kalau sudah selesai, segera bilas dengan air bersih dan lihatlah hasilnya. Kuku kamu akan menjadi lebih cerah dan lembut bila digunakan secara teratur.
ADVERTISEMENT

Konsumsi daging dan telur

Tidak ke Salon, Ini 5 Tips Alami Merawat Kuku agar Sehat dan Mengkilap (7478)
Ilustrasi Daging Sapi Foto: Shutterstock/Stciel
Melansir dari Insider, tidak hanya membentuk otot yang kuat, makanan protein tinggi seperti daging dan telur juga bisa membantu kuku menjadi lebih sehat.
Telur yang mengandung biotindikenal bisa meningkatkan ketebalan kuku dan mengurangi tingkat kerapuhan sehingga tidak mudah patah.

Hindari menggunakan cat kuku terus menerus

Tidak ke Salon, Ini 5 Tips Alami Merawat Kuku agar Sehat dan Mengkilap (7479)
Cara Mengatasi Kuku Kuning karena Terlalu Sering pakai Kuteks. Foto: Unsplash/ @laurachouette
Penggunaan kuteks secara terus-menerus hanya akan merusak kuku, bahkan memicu terjadinya pengelupasan. Selain itu, alat pengering yang biasa digunakan untuk mengeringkan kuteks nyatanya berbahaya bagi kesehatan kuku dan kulit.
Mengutip Medical News Today, sinar UV yang digunakan di salon untuk mengeringkan cat kuku berisiko bagi kesehatan kamu. Hal ini dikarenakan sinar UV bisa memicu penuaan dini dan kanker kulit sehingga kamu perlu menggunakan tabir surya 20 menit sebelum janji temu di salon. Dibanding mencegahnya dengan tabir surya, lebih baik hentikan atau batasi pemakaian kuteks pada kuku untuk menghindari masalah kesehatan.
ADVERTISEMENT

Gunakan bawang putih untuk atasi jamur

Tidak ke Salon, Ini 5 Tips Alami Merawat Kuku agar Sehat dan Mengkilap (7480)
Bawang putih cincang yang dicampur dengan air mawar bisa mengatasi jerawat pada kulit sensitif. Foto: Shutterstock
Selain berfungsi sebagai bumbu dapur, bawang putih juga ampuh mengobati jamur pada kuku. Medical News Today, menyebutkan bahwa ekstrak bawang putih memiliki sifat anti jamur yang kuat sehingga bisa digunakan sebagai bahan alami pembasmi jamur.
Agar kuku kembali mengkilap, cincang satu siung bawang putih dan oleskan ke kuku yang terkena jamur dan diamkan sekitar 30 menit. Namun, kamu perlu berhati-hati saat mengaplikasikannya karena bawang putih mentah bisa menyebabkan luka pada kulit. Sebelum digunakan di sekitar kuku, coba aplikasikan terlebih dulu di bagian bawah lengan untuk melihat apakah terjadi efek samping pada kulit kamu atau tidak.

Jangan terlalu sering menggunakan hand sanitizer

Tidak ke Salon, Ini 5 Tips Alami Merawat Kuku agar Sehat dan Mengkilap (7481)
com-hand sanitizer Foto: Shutterstock
Di masa pandemi ini, hand sanitizer menjadi salah satu barang penting yang perlu dibawa saat keluar rumah. Meski ampuh membersihkan tangan dari virus dan kuman, nyatanya penggunaan yang berlebihan hanya akan berdampak buruk pada kesehatan kuku.
ADVERTISEMENT
Tentunya, sudah banyak orang yang tahu kalau barang tersebut mengandung alkohol yang bisa membuat tangan dan kuku menjadi kering. Terlalu sering menggunakan hand sanitizer menyebabkan kuku menjadi rapuh dan mudah patah. Sebaiknya bersihkan tangan menggunakan air dan sabun atau batasi penggunaan hand sanitizer hanya pada situasi yang tidak memungkinkan untuk mencuci tangan.

Pakai lotion sesering mungkin

Tidak ke Salon, Ini 5 Tips Alami Merawat Kuku agar Sehat dan Mengkilap (7482)
Ilustrasi hand cream. Foto: Shutterstock
Cara lainnya yang bisa membantu kuku tetap sehat adalah dengan menggunakan lotion atau hand cream. Lotion akan membantu kamu menjaga kuku tetap lembap dan terhidrasi sehingga tidak mudah kering ataupun rapuh.
Kamu bisa mengaplikasikan lotion setelah mencuci tangan atau selepas menghapus kuteks untuk mengembalikan kelembapan kuku yang hilang.