kumparan
17 Januari 2020 12:09

Tidak Selalu Terlihat Kusam, Ini Keuntungan Punya Kulit Berminyak

Kulit berminyak
Ilustrasi kulit berminyak Foto: Shutterstock
Kulit berminyak menjadi dilema bagi setiap orang yang memilikinya. Di satu sisi kulit menjadi lembap, tapi juga cenderung menimbulkan jerawat atau terlihat kusam. Padahal kulit berminyak tidak selalu merugikan lho, Ladies.
ADVERTISEMENT
kumparanWOMAN berbincang dengan spesialis kulit dr. Kardiana Dewi SpKK yang menjelaskan kulit berminyak sebenarnya memiliki keuntungan pada tampilan kulit. Berawal dari lebih lama munculnya kerutan, dibanding kulit kering yang mudah timbul kerutan.
“Pada kulit berminyak, kerutan itu nantinya akan muncul lebih lama dan sedikit. Tapi bukan berarti orang kulit berminyak pasti awet muda, nggak lho,” jelasnya saat dihubungi.
Masalahnya, kondisi kulit berminyak kerap kali terlihat mengkilap dan jadi tampak kusam sehingga membuat kita kurang percaya diri. Menanggapi masalah itu, dr. Kardiana menjelaskan bahwa sesungguhnya kulit berminyak bisa jadi tampak glowing alami dengan perawatan yang tepat.
“Kalau kulit berminyak terawat dan nggak jerawatan, itu bisa terlihat glowing dari minyak alami wajah. Jadi kesannya kulit hydrated, glowing, dan kerutan muncul lebih lama. Sudah lumayan sekali kan, punya kulit seperti itu,” ucap dokter yang praktik di Rumah Sakit Pondok Indah, Puri Indah, Jakarta Barat itu.
ADVERTISEMENT

Perawatan kulit berminyak

Tidak terlalu sulit merawat kulit berminyak agar tampak glowing alami. Terpenting adalah memperhatikan kandungan yang pas untuk kulit berminyak.
Dimulai dari membersihkan wajah, cukup dua sampai tiga kali sehari, lalu hindari pembersih muka yang bertekstur scrub atau yang mengandung butiran-butiran kecil. Selalu gunakan bahan cuci muka yang ringan, tidak membuat kulit menjadi sangat kesat.
Merawat kulit berminyak
Ilustrasi merawat kulit berminyak Foto: Shutterstock
Lalu gunakan pelembap yang berbahan dasar air serta tekstur yang ringan. Ini untuk menghindari kulit menjadi semakin berminyak dan bruntusan.
“Kalau kulit berminyak dipakaikan pelembap yang creamy nanti makin berminyak dan bisa bruntusan. Kulit berminyak cenderung sekali berjerawat kan, kalau itu muncul langsung diobati,” sarannya.
Tidak sampai situ saja, dr. Kardiana menyebutkan kandungan skin care yang baik bagi kulit berminyak. Di antaranya adalah asam salsilat, tea tree, BHA, azelaic acid, dan untuk krim malam kandungan retinol bisa jadi pilihan agar kulit berminyak tampak lebih segar.
ADVERTISEMENT
Bagi Anda pemilik kulit berminyak namun gemar memakai makeup dan sering beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya mulai dikurangi pemakaiannya. Karena itu bisa menyumbat minyak yang keluar dari pori-pori dan menjadi komedo ataupun jerawat.
Sedangkan untuk minyak berlebih di wajah, Anda bisa hilangkan dengan blotting paper atau tisu biasa. Ini dapat dilakukan ketika wajah dalam kondisi tampak sangat berminyak.
“Jadi pakai makeup untuk occasion tertentu saja, kalau tiap hari bisa timbul komedo terus jadi jerawat. Supaya nggak terlalu mengganggu penampilan, serap minyak wajah yang berlebih dengan tisu atau blotting paper saja, cukup,” pungkas dr. Kardiana.
Bagaimana Ladies, sudah mengerti kan menyiasati kulit berminyak jadi terlihat sehat dan glowing?
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan