Tips Karier: 3 Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan saat Mulai Bekerja

5 Agustus 2022 15:25
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Ilustrasi perempuan karier. Foto: fizkes/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi perempuan karier. Foto: fizkes/Shutterstock
ADVERTISEMENT
Memulai pekerjaan baru mungkin terkesan menakutkan bagi sebagian orang. Namun, ini juga menjadi momen yang paling penting dalam perkembangan karier profesional kamu. Saat baru bekerja, kamu pun berkesempatan membangun relasi dan mengembangkan keterampilan.
ADVERTISEMENT
Sayangnya, masih banyak orang yang belum mengetahui cara bersikap saat memulai karier. Tak jarang, mereka pun sulit mengembangkan diri di tempat kerjanya.
Lantas, apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat baru memulai karier? Berikut ini penjelasan lengkapnya seperti kumparanWOMAN rangkum dari berbagai sumber.

Hal yang boleh dilakukan saat memulai karier

1. Memiliki kemauan untuk belajar

Saat memulai pekerjaan baru, kamu harus menunjukkan bahwa kamu memiliki kemauan untuk belajar. Sikap ini akan bermanfaat untuk menunjukkan potensi kamu agar bisa tumbuh saat bekerja. Kamu bisa berpartisipasi dalam pelatihan karyawan baru atau mengikuti kursus sesuai dengan keahlian.
Ilustrasi perempuan karier.
 Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi perempuan karier. Foto: Shutter Stock

2. Menetapkan tujuan untuk diri sendiri

Hal yang tidak kalah penting dilakukan adalah menentukan tujuan dalam berkarier. Kamu perlu melakukannya untuk diri sendiri, bukan orang lain. Ketika mengetahui tujuan yang ingin dicapai, karier kamu akan berkembang pesat.
ADVERTISEMENT

3. Menjalin hubungan dengan rekan kerja

Saat baru memulai kerja, cobalah untuk menjalin relasi dengan rekan kerja. Jangan takut untuk memperkenalkan diri. Sikap ini bisa membantu kamu menjalin koneksi dan meningkatkan peluang untuk bekerja sama di masa yang akan datang demi mencapai tujuan bersama.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020

Hal yang tidak boleh dilakukan saat memulai karier

1. Jangan berasumsi

Ketika memulai pekerjaan baru, kamu mungkin menghadapi rekan atau beban kerja yang tidak sesuai dengan ekspektasi. Ketika ini terjadi, kamu diimbau untuk tidak berasumsi atau menduga-duga karena bisa menghambat karier kamu.
Sebaliknya, kamu harus berusaha untuk berpikiran terbuka. Hal ini bisa mengubah cara pandangmu terhadap banyak hal, termasuk soal pekerjaan.
Ilustrasi perempuan karier. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi perempuan karier. Foto: Shutterstock

2. Jangan terlalu banyak mengumbar informasi atau masalah pribadi

Dalam lingkungan profesional, kamu harus bersikap bijaksana. Kamu tidak perlu mengumbar informasi atau masalah pribadi secara berlebihan kepada rekan kerja. Sikap bijaksana akan membuat kamu terhindar dari gosip atau konflik di kantor.
ADVERTISEMENT

3. Jangan terlibat dalam gosip atau drama

Kamu pasti masih mengalami kesulitan saat mengidentifikasi lingkungan kerja baru. Kamu mungkin tanpa sadar berhubungan dengan rekan kerja yang terlibat skandal atau gosip sehingga bisa ikut terseret dalam masalah tersebut.
Ketika ini terjadi, citra kamu di kantor akan tercoreng. Oleh sebab itu, kamu disarankan untuk menjalin hubungan positif dengan rekan kerja dan menghindari orang-orang yang memberikan pengaruh buruk bagi perkembangan karier kamu.
Nah, itu tadi beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat mulai bekerja. Jangan lupa diterapkan demi kemajuan karier kamu, ya, Ladies!