kumparan
18 September 2019 9:12

Tips Karier: Cara Maksimalkan Waktu Bekerja Agar Pulang Tepat Waktu

Ilustrasi manajemen waktu. Foto: Shutterstock
Niat hati ingin pulang kerja tepat waktu, apa daya pekerjaan tak kunjung usai hingga akhirnya kita harus lembur. Ladies, seberapa sering Anda melakukan lembur setiap bekerja?
ADVERTISEMENT
Memang, tak ada salah bertanggung jawab atas pekerjaan hingga akhirnya kita merelakan waktu pulang kerja jadi sedikit lebih lambat. Tetapi jika lembur dilakukan terus menerus atau bahkan hampir setiap hari, rasanya hal itu tidak baik. Kita tidak akan punya waktu luang, baik untuk diri sendiri ataupun keluarga, selain itu masalah kesehatan pun akan mengintai.
Tidak mau kan, pulang kerja terlalu malam akibat terlalu sering lembur? Berikut kumparanWOMAN berikan tips memaksimalkan waktu bekerja agar Anda bisa pulang tepat waktu.
1. Buat rencana kerja di pagi hari
Ilustrasi perempuan karier. Foto: Shutterstock
Banyak orang yang tidak bisa pulang kerja on time karena mereka tidak membuat rencana kerja di pagi hari. Akhirnya, banyak pekerjaan yang terbengkalai sehingga ia berusaha menyelesaikannya di tenggat waktu. Sebaiknya, buat rencana kerja Anda di pagi. Bila perlu, tulis di catatan atau post-it, hal-hal apa saja yang akan dikerjakan hari ini dan mulai kerjakan satu per satu.
ADVERTISEMENT
2. Kerjakan pekerjaan penting lebih dulu
Ilustrasi meja kerja. Foto: Shutter Stock
Bila Anda memiliki pekerjaan yang lebih penting dan mendesak, selesaikanlah hal itu lebih dulu agar tidak 'membayangi' Anda di sore hari atau ketika Anda akan pulang kerja. Dilansir The Muse, cobalah buat catatan atau to-do list, buat menjadi dua kolom. Kolom pertama untuk daftar pekerjaan yang sifatnya penting, kolom kedua untuk hal-hal lain di luar pekerjaan penting yang harus Anda selesaikan. Dengan demikian, Anda tahu hal apa saja yang menjadi prioritas.
3. Jangan buang-buang waktu
Perempuan bekerja di luar ruangan dengan cahaya alami. Foto: Shutterstock
Kebanyakan orang 'terpaksa' lembur karena ia tidak bisa membagi waktunya dengan baik. Untuk itu, manfaatkan waktu kerja Anda semaksimal mungkin agar tidak ada pekerjaan yang tersisa. Coba buat daftar, jam berapa Anda harus mengecek e-mail, jam berapa Anda harus membalas e-mail, atau jam berapa Anda harus meeting dengan atasan. Jika hal ini berhasil, maka Anda bisa pulang kerja lebih on time.
ADVERTISEMENT
4. Jauhkan media sosial selama jam kerja
Ilustrasi sosial media. Foto: Shutter Stock
Bermain media sosial memang menyenangkan. Tetapi hal itu justru akan menghambat pekerjaan Anda. Mungkin tak ada salahnya jauhkan media sosial selama jam kerja, log out seluruh akun media sosial Anda dan non-aktifkan pop-up notification pada ponsel Anda. Bila perlu, buatlah alarm di ponsel agar Anda berhenti menggunakan media sosial dan fokus bekerja.
5. Pasang alarm 30 menit sebelum pulang kerja
Ilustrasi alarm kerja. Foto: Shutterstock
Agar pulang kerja selalu on time, pasang alarm setidaknya 30 menit sebelum jam pulang kerja. Pengingat tersebut akan menjadi sinyal bagi Anda untuk membereskan pekerjaan dan mulai bersiap-siap pulang. Selain itu, manfaatkan waktu ini untuk membuat to-do list harian agar memudahkan Anda dalam bekerja keesokan harinya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan