kumparan
Woman14 November 2019 12:10

Tips Memakai Bedak Agar Tahan Lama tanpa Foundation

Konten Redaksi kumparan
Ilustrasi perempuan makeup
Ilustrasi perempuan makeup Foto: dok.Shutterstock
Bedak merupakan salah satu senjata penting perempuan saat merias wajah. Bagaimana tidak, alat makeup yang satu ini bisa menyempurnakan riasan hingga menutupi kekurangan pada kulit wajah.
ADVERTISEMENT
Pemakaian bedak sendiri biasanya dibarengi dengan foundation, agar riasan bertahan lama di wajah. Sayangnya, pemakaian foundation setiap hari justru tidak baik bagi kesehatan kulit, karena bisa membuat kulit sulit untuk bernafas.
Kalau begitu, bagaimana caranya agar bedak bisa bertahan lama di wajah meski tidak menggunakan foundation? Melansir Refinery29, berikut kumparanWOMAN telah rangkum berbagai tipsnya untuk Anda.
1. Pastikan wajah Anda bersih sempurna sebelum menggunakan bedak
ILUSTRASI CUCI MUKA
Ilustrasi mencuci muka. Foto: Shutterstock
Sebelum mengaplikasikan bedak, pastikan wajah Anda benar-benar bersih sempurna. Selain itu, pastikan juga bahwa tidak ada sisa-sisa kotoran atau bekas makeup yang menempel di wajah.
Anda bisa menggunakan rangkaian pembersih wajah; seperti micellar water, face wash, milk cleanser, hingga toner. Namun jangan lupa, pastikan bahwa kulit Anda benar-benar kering sebelum mengaplikasikan bedak ya, Ladies!
ADVERTISEMENT
2. Gunakan air es atau es batu
Tips yang kedua ini juga bisa membantu bedak dan makeup Anda bertahan lama. Pasalnya, air dingin atau es batu dipercaya bisa mengontrol produksi minyak dan mengecilkan pori-pori. Dengan demikian, bedak dan makeup yang digunakan lebih tahan lama di kulit wajah.
Cara ini bisa Anda aplikasikan setelah membersihkan wajah. Anda bisa mengompres wajah dengan air es atau es batu selama 10-15 menit. Setelah itu, diamkan beberapa menit hingga wajah kering.
3. Gunakan pelembap wajah dan sunblock
perempuan, pelembap, moisturizer
Ilustrasi memakai pelembap Foto: Shutterstock
Dua item ini sangat wajib digunakan sebelum melakukan aktivitas. Selain bisa melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari, ternyata kedua produk ini juga bisa membuat bedak tampak lebih fresh meski tidak menggunakan foundation.
ADVERTISEMENT
Menurut Dr. Howard Murad, pendiri Murad Skincare, saat diwawancarai Refinery29, pelembap merupakan produk skin care yang wajib dipakai sebelum mengaplikasikan bedak, apalagi oleh kita yang memiliki kulit wajah berminyak.
“Salah satu kesalahan yang sering dilakukan perempuan dengan kulit berminyak adalah menghindari penggunaan pelembap, dengan alasan karena bisa membuat wajah semakin mengkilap. Padalah, pemakaian pelembap bisa menjaga keseimbangan kulit wajah,” lanjutnya
Lebih lanjut, Dr. Howard Murad juga menyarankan Anda untuk memakai pelembap atau sunblock yang memiliki shade warna. Tujuannya, untuk menutupi bekas-bekas jerawat atau flek hitam yang sulit ditutupi bedak.
4. Gunakan bedak tabur
Tips yang terakhir adalah menggunakan bedak tabur. Bedak tabur sendiri bisa dijadikan sebagai pengganti foundation. Namun, agar makeup Anda tidak terlalu tebal dan merata, gunakanlah powder brush dibanding spons.
ADVERTISEMENT
Jika bedak Anda sudah merata, Anda bisa mengaplikasikan produk makeup lain; seperti maskara, blush on, hingga eyeshadow.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan