Woman
·
10 Oktober 2020 12:00

Tips Membersihkan Talenan Kayu Agar Terbebas dari Noda, Bakteri, & Bau

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tips Membersihkan Talenan Kayu Agar Terbebas dari Noda, Bakteri, & Bau (48500)
Talenan Foto: Shutter Stock
Selain wajan dan juga panci, talenan merupakan salah satu peralatan dapur yang kerap digunakan sehari-hari. Talenan umumnya berfungsi untuk memotong bahan makanan jadi atau mentah; seperti sayur, ikan, daging ayam, hingga sapi.
ADVERTISEMENT
Karena kerap digunakan untuk memotong aneka bahan makanan itu, penting bagi kita untuk membersihkan talenan dengan benar agar tidak menjadi sarang bakteri. Selain itu, membersihkan talenan dengan benar juga terhindar dari noda dan bau yang menempel pada talenan.
Tips Membersihkan Talenan Kayu Agar Terbebas dari Noda, Bakteri, & Bau (48501)
Ilustrasi cara membersihkan talenan Foto: Shutterstock
Nah, dalam membersihkan talenan sendiri, sebetulnya ada banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan. Cara membersihkan talenan itu umumnya dibedakan berdasarkan bahannya, seperti plastik atau kayu. Khusus untuk artikel ini, kumparanWOMAN akan merangkum beberapa tips membersihkan talenan kayu agar terhindar dari noda, bau, dan juga bakteri. Melansir Reader’s Digest, berikut tips-tipsnya.

1. Membersihkan talenan menggunakan cuka

Tips Membersihkan Talenan Kayu Agar Terbebas dari Noda, Bakteri, & Bau (48502)
Ilustrasi cuka Foto: Shutter Stock
Pertama, Anda bisa menggunakan cuka untuk membersihkan talenan kayu. Menurut pendiri perusahaan pembersih alat-alat rumah tangga asal AS, Jack Prenter, cuka merupakan bahan yang sempurna untuk membersihkan talenan kayu karena mengandung asam asetat.
ADVERTISEMENT
“Asam ini akan mendisinfeksi talenan dan membunuh bakteri (dari bahan makanan) yang tertinggal; seperti Salmonella dan E. coli,” kata Prenter kepada Reader’s Digest.
Saat membersihkan talenan menggunakan bahan ini, cukup semprotkan cuka pada talenan yang kotor. Biarkan selama 5 hingga 10 menit, lalu usap atau gosok menggunakan lap bersih yang telah direndam air dingin.
Tak hanya bisa mendisinfeksi, cara ini juga kabarnya bisa menghilangkan bau yang menempel pada talenan.

2. Membersihkan talenan menggunakan garam

Tips Membersihkan Talenan Kayu Agar Terbebas dari Noda, Bakteri, & Bau (48503)
Ilustrasi garam Foto: Shutter Stock
Selain cuka, Anda juga bisa memanfaatkan garam untuk membersihkan talenan. Menurut General Manager di salah satu perusahaan layanan pembersih rumah tangga asal AS, Alberto Navarrete, garam merupakan bahan abrasif yang bisa menghilangkan noda dan kotoran pada talenan kayu.
ADVERTISEMENT
Lalu bagaimana cara membersihkannya? Yang pertama Anda bisa membersihkan talenan kayu dengan sabun dan air hangat. Setelah itu, gosok talenan menggunakan kain basah yang dicelupkan ke garam. Saat melakukan cara ini, Navarrete pun menyarankan Anda untuk menambahkan cuka atau lemon pada garam, untuk menghilangkan bau pada talenan.

3. Membersihkan talenan menggunakan disinfektan

Tips Membersihkan Talenan Kayu Agar Terbebas dari Noda, Bakteri, & Bau (48504)
Ilustrasi disinfektan. Foto: Shutter Stock
Setelah memotong daging, jangan lupa untuk membersihkan talenan kayu menggunakan disinfektan. Sebab menurut Prenter, disinfektan merupakan bahan yang ampuh untuk membunuh perkembangbiakan bakteri di talenan. Jenis disinfektan yang disarankan adalah jenis obat antiseptik dengan kandungan hydrogen peroxide sebanyak 3 persen.
Lalu bagaimana cara membersihkannya? Tuangkan hydrogen peroxide di atas permukaan talenan, lalu ratakan menggunakan lap atau spons pencuci piring. Kemudian, diamkan beberapa menit setelah itu bilas talenan dengan air bersih sebelum digunakan kembali.
ADVERTISEMENT

4. Membersihkan talenan menggunakan baking soda

Tips Membersihkan Talenan Kayu Agar Terbebas dari Noda, Bakteri, & Bau (48505)
Baking soda Foto: Shutter Stock
Tak hanya bisa menghilangkan bau pada talenan, ternyata baking soda juga bisa membuatnya menjadi lebih bersih. “Baking soda merupakan produk alami yang aman dan tidak beracun. Selain itu, baking soda juga efektif membersihkan talenan karena merupakan alkali ringan yang bisa melarutkan kotoran dan minyak dengan mudah,” kata Lily Cameron, pembersih profesional asal AS, kepada Reader’s Digest.
Caranya, cukup gosok talenan kayu dengan pasta dari campuran baking soda dan juga air. Setelah itu, diamkan beberapa menit lalu bilas menggunakan air hangat.

5. Membersihkan talenan menggunakan lemon

Tips Membersihkan Talenan Kayu Agar Terbebas dari Noda, Bakteri, & Bau (48506)
Ilustrasi lemon. Foto: Pixabay
Talenan Anda bau setelah memotong bawang, daging, atau ikan? Gunakanlah lemon untuk menghilangkan bau sekaligus menghilangkan noda pada talenan kayu. Menurut Prenter, asam sitrat yang ada pada lemon bisa menghilangkan bau yang menempel pada talenan kayu.
ADVERTISEMENT
Lalu bagaimana cara membersihkannya? Siapkan beberapa buah lemon yang telah dipotong menjadi dua bagian. Lalu, gosokkan lemon pada talenan kayu yang bernoda atau bau. Setelah itu, diamkan 20 menit dan bilas dengan air hingga bersih.
----
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)