kumparan
search-gray
Woman11 Oktober 2019 15:35

Tips Memilih Kosmetik untuk Kulit Sensitif

Konten Redaksi kumparan
Kecantikan kulit
Ilustrasi merawat kecantikan kulit. Foto: Shutterstock
Memiliki kulit sensitif memang cukup sulit untuk merawatnya. Salah sedikit memilih kosmetik, akan timbul iritasi, gatal, ataupun kemerahan. Supaya pemilik kulit sensitif merasa aman untuk mencoba berbagai kosmetik, sebaiknya lakukan tes terlebih dahulu.
ADVERTISEMENT
dr. Melyawati Hermawan SpKK, memaparkan cara mengetes kosmetik untuk kulit sensitif. Caranya mudah, ambil kosmetik tester lalu oleskan sedikit di bagian punggung tangan, tunggu sampai bereaksi. Bila tidak ada reaksi alergi, maka produk kosmetik itu cocok diaplikasikan ke kulit Anda.
Menurut dr. Mely, sesungguhnya kulit sensitif itu cenderung kering karena kulit kering memiliki kelembapan yang sangat sedikit. Sehingga saat terkena bahan-bahan tertentu jadi lebih cepat bereaksi atau sensitif. “Biasanya keluhan banyak muncul pada kulit sensitif kalau salah memilih kosmetik. Seperti muncul rasa perih dan kemerahan,” jelasnya saat dihubungi kumparanWOMAN pada Rabu, (9/10).
Banyak yang mengira bahwa kulit sensitif mudah berjerawat bila salah memilih produk kosmetik. Padahal kulit sensitif itu sering merasa perih dan timbul kemerahan jika menggunakan kosmetik yang kurang cocok.
Konten Spesial, Kosmetik Ilegal
Ilustrasi kosmetik. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif dan ingin merawat kulit dengan kosmetik yang ada di pasaran, hindari bahan-bahan yang mengandung alkohol. “Jadi hati-hati dalam memilih toner, bahkan bila perlu hindari toner,” ucap dokter spesialis kulit yang praktik di Siloam Hospitals, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
ADVERTISEMENT
Untuk kosmetik lotion, dr. Mely menyarankan untuk memilih produk yang cenderung lebih creamy atau thick. Jadi produk bisa sekaligus membantu meningkatkan lapisan atau barrier kulit. Sedangkan untuk pencuci wajah, hindari yang mengandung butiran scrub.
“Butiran scrub bisa menambah kerusakan pada kulit yang sensitif. Pilih sabun yang tidak terlalu banyak busa serta meninggalkan rasa kesat setelah mencuci wajah,” tandasnya.
Ladies, sudah paham cara mencari kosmetik yang cocok untuk kulit sensitif?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white