Woman
·
13 April 2021 15:05

Viral Nenek di Malaysia Ungkap Rahasia Sehat & Panjang Umur di Usia 110 Tahun

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Viral Nenek di Malaysia Ungkap Rahasia Sehat & Panjang Umur di Usia 110 Tahun (600807)
Annamah Abukutty, Nenek Tertua di Malaysia Foto: YouTube
Seorang nenek di Malaysia belum lama ini viral dan menjadi sorotan di media sosial. Nenek bernama Annamah Abukutty itu menjadi sorotan setelah dinobatkan sebagai perempuan dan manusia tertua yang masih hidup di Negeri Jiran tersebut.
ADVERTISEMENT
Annamah sendiri kabarnya menjadi satu-satunya perempuan tertua di Malaysia yang masih dalam keadaan sehat dan bisa berbicara dengan baik. Nenek yang lahir di tahun 1911 itu genap berusia 110 tahun pada 31 Maret lalu.
Karena pencapaiannya itu, Malaysia Book of Record (MBR) pun memberikan penghargaan prestisius kepada nenek kelahiran Thachambadi, India, tersebut. Menurut laporan, kini di usianya yang ke-110, Annamah memiliki 4 anak, 17 cucu, dan 7 cicit. Menariknya, semua anggota keluarga nenek Annamah masih dalam keadaan sehat dan belum ada satupun yang meninggal dunia.
Lalu, apa yang membuat nenek Annamah bisa tetap sehat di usia yang sudah mencapai 100 tahun lebih?
Menurut pengakuan sang anak, M. Subramaniam (73), salah satu rahasia umur panjang nenek Annamah adalah rajin berpuasa dan meditasi. Selain itu, ia juga jarang mengonsumsi makanan yang mengandung unsur kimia dan rajin mengonsumsi makanan dan minuman herbal buatannya.
ADVERTISEMENT
“Dia (Annamah) sangat konsisten dengan rutinitasnya dalam menjaga kesehatan. Dia juga biasa berpuasa setiap hari Senin sebagai upaya detoks, namun rutinitas itu berhenti sekitar 15 tahun yang lalu,” ungkap Subramaniam saat diwawancarai media lokal Bernama.com.
Tak hanya Annamah, anak-anak hingga cicitnya juga meniru pola hidup sehat sang nenek. Mereka mengaku sangat jarang mengkonsumsi makanan tidak sehat dan sering mengonsumsi obat serta herbal buatan nenek Annamah.

Penghargaan diberikan sebagai hadiah ulang tahun sang nenek

Sementara itu, Chief Operating Officer Malaysia Book of Record, Christopher Wong, menyebut bahwa pihaknya tidak ragu menobatkan nenek Annamah sebagai perempuan tertua di Malaysia saat ini. Wong melanjutkan, bahwa penghargaan yang diberikan bersamaan dengan hari ulang tahun Annamah itu merupakan sebuah hadiah untuk sang nenek.
ADVERTISEMENT
“Dia adalah orang Malaysia tertua yang masih hidup,” kata Wong.
Kini, sang nenek pun hanya bisa duduk di kursi roda di usianya yang sudah sangat tua. Selain itu, mata kirinya juga tidak bisa melihat dan kedua kakinya tak bisa lagi berjalan.
Kendati demikian, ingatan nenek Annamah disebut masih sangat baik. Ia bahkan bisa mengingat perkataan orang lain dengan baik, dan masih lancar berbicara bahasa Tamil dan Melayu.