Woman
·
8 April 2021 11:51

Virtual Conference Women's Week 2021 Dibuka Oleh Ketua DPR RI & Menteri PPPA RI

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Virtual Conference Women's Week 2021 Dibuka Oleh Ketua DPR RI & Menteri PPPA RI (781853)
searchPerbesar
Ketua DPR RI Puan Maharani dan Menteri PPPA RI, Bintang Puspayoga. Foto: kumparan
Puncak acara Women's Week 2021 untuk merayakan International Women's Day sekaligus Hari Kartini resmi diselenggarakan pada Kamis (8/4). Pada kesempatan ini, Women's Week menyuguhkan tema 'The Future Makers' yang bertujuan mengangkat perempuan sebagai sumber inspirasi dan kekuatan untuk menciptakan masa depan yang lebih baik lagi.
ADVERTISEMENT
Acara Women's Week 2021 dibuka oleh pidato singkat dari Ketua DPR RI Puan Maharani dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga. Dalam pidatonya tersebut, Puan menyampaikan beberapa pesan bahwa di zaman ini, perempuan Indonesia sudah banyak ikut andil dalam memajukan bangsa Indonesia yang lebih baik.
Virtual Conference Women's Week 2021 Dibuka Oleh Ketua DPR RI & Menteri PPPA RI (781854)
searchPerbesar
Ketua DPR RI, Puan Maharani. dok. kumparan
Bahkan sudah banyak perempuan Indonesia yang turut andil dalam menorehkan prestasi baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Contohnya saja seperti cerita inspirasional perempuan Indonesia yang mengibarkan bendera merah putih di pentas olahraga internasional dan cerita membanggakan prajurit Indonesia di misi perdamaian PBB.
"Semuanya itu menunjukkan bahwa jika ingin Indonesia maju dalam berbagai bidang, maka diperlukan peran laki-laki dan perempuan. Singkatnya, ketika perempuan Indonesia maju, maka Indonesia akan ikut maju," ujar Puan Maharani dalam video sambutan Virtual Conference Women's Week 2021.
ADVERTISEMENT
Selain itu, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati juga menyampaikan pidato singkatnya. Bintang menceritakan secara singkat, perjuangan meraih kesetaraan perempuan sudah dilakukan sejak 10 tahun yang lalu.
Perjuangan ini terbukti melalui peningkatan angka indeks pembangunan manusia (IPM), indeks pembangunan gender (IPG), dan indeks pemberdayaan gender (IDG). Hal ini berbanding lurus dengan besarnya kesempatan perempuan untuk bersekolah, berpendapat di ruang domestik maupun publik serta mengisi ruang-ruang kepemimpinan.
Virtual Conference Women's Week 2021 Dibuka Oleh Ketua DPR RI & Menteri PPPA RI (781855)
searchPerbesar
Menteri PPPA RI, Bintang Puspayora. dok. kumparan
Meski demikian, kesempatan ini masih belum diterima perempuan secara merata, masih banyak perempuan yang belum mendapatkan haknya. Maka itu, tetap saja perempuan Indonesia harus kembali bersatu memperjuangkan hal tersebut.
"Oleh karenanya, kita semua perlu aktif terlibat untuk memangkas praktik patriarki. Utamanya yang menghambat perempuan dalam menjemput berbagai kesempatan. Hal ini menjadi penting karena perempuan adalah kekuatan dalam seluruh sendi kehidupan, masa depan bangsa ini turut tergantung kepada sejauh mana perempuan bisa ambil peran dan membuat perubahan," demikian ujar Bintang Puspayoga.
ADVERTISEMENT
Yuk, Ladies, ikuti terus virtual conference Women's Week 2021 melalui akun YouTube kumparan!
Penulis: Johanna Aprillia