Woman
·
15 Februari 2021 18:02

Waspada, Ini 4 Penyebab Munculnya Double Chin di Dagu

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Waspada, Ini 4 Penyebab Munculnya Double Chin di Dagu (56846)
Ilustrasi Double Chin Foto: Shutter Stock
Double chin atau dagu yang berlipat seringkali membuat perempuan menjadi kurang percaya diri. Tak sedikit bahkan yang ingin menghilangkan double chin tersebut agar dapat tampil lebih menarik lagi. Meski demikian, ada baiknya kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebab dari kemunculan double chin ini.
ADVERTISEMENT
Kebanyakan orang akan mengaitkan double chin dengan kenaikan berat badan, padahal hal tersebut belum tentu benar. Faktanya, banyak orang yang meskipun berbadan kurus tetap memiliki lipatan di dagu. Hal itu bisa disebabkan oleh banyak sebab salah satunya adalah penyimpanan lemak di area garis rahang sehingga tanpa disadari akan memunculkan double chin.
Lalu, apakah ada penyebab lain yang bisa menimbulkan munculnya double chin di wajah? Mengutip Medical News Today, berikut ulasan selengkapnya.

1. Usia

Waspada, Ini 4 Penyebab Munculnya Double Chin di Dagu (56847)
Ilustrasi menua. Foto: Pixabay
Semakin bertambah umur, kulit akan kehilangan elastisitasnya karena produksi kolagen yang semakin sedikit. Ketika kulit sudah mulai mengendur, tanpa disadari hal tersebut dapat menimbulkan munculnya lipatan di dagu.
Meski demikian, kamu bisa menghambat penuaan dini tersebut dengan mengatur pola makan yang lebih baik lagi dan menghindari paparan sinar matahari yang berlebih. Perawatan kulit yang baik dapat membuat gaya hidup semakin lebih sehat sekaligus membantu mencegah efek penuaan dini yang dapat memunculkan double chin di wajah.
ADVERTISEMENT

2. Berat badan

Waspada, Ini 4 Penyebab Munculnya Double Chin di Dagu (56848)
Ilustrasi berat badan. Foto: Shutterstock
Memang berat badan tak selalu menjadi penyebab munculnya double chin, namun tak bisa dipungkiri bahwa poin ini juga menjadi hal yang dapat memicunya. Ketika berat badan bertambah, lemak akan menumpuk di beberapa area tubuh termasuk juga bagian dagu. Selain itu, bentuk tubuh kamu juga dapat mempengaruhi penumpukan lemak semakin terlihat.
Solusi terbaik yang dapat dilakukan adalah melakukan beberapa latihan olahraga sehingga dapat membakar lemak dan perlahan membuat double chin dapat menghilang. Hanya saja kamu perlu melakukannya dengan serius dan rutin.

3. Genetika atau keturunan

Faktor genetika ini biasanya terjadi pada orang yang bertubuh kurus tetapi memiliki double chin di wajah. Adapun beberapa gen yang tidak langsung menyalurkan lipatan dagu kepada keturunannya, hanya saja kamu akan menjadi lebih mudah mendapatkan double chin. Maka itu untuk menghindari hal tersebut terjadi dengan cepat, kamu cukup mengatur pola makan dan melakukan beberapa olahraga wajah. Dengan begitu, kamu akan memperlambat kemunculan double chin yang disebabkan dari faktor keturunan keluarga kamu.
ADVERTISEMENT

4. Postur tubuh

Waspada, Ini 4 Penyebab Munculnya Double Chin di Dagu (56849)
com-Ilustrasi postur tubuh. Foto: Shutterstock
Postur tubuh yang buruk dapat melemahkan otot di leher dan dagu, dengan melemahnya otot tentu kemunculan double chin akan semakin terlihat. Duduk seharian di depan laptop sambil mengerjakan pekerjaan juga dapat menjadi penyebab otot di leher melemah. Maka tidak heran terkadang kamu akan merasakan sakit di leher apabila terlalu lama duduk tegak. Hal ini juga yang dapat menyebabkan dampak buruk bagi otot platisma yang menghubungkan leher ke dagu.
Cara mudah untuk mencegah nyeri di leher tentu dengan melakukan peregangan otot setidaknya 20 menit sekali, jangan lupa juga untuk sediakan air putih untuk diminum selama mengerjakan pekerjaan kantor.
Penulis: Johanna Aprillia