kumparan
22 Januari 2018 10:32

8 e-commerce Indonesia dengan Konten Blog Terbaik Versi Saya

Ilustrasi belanja online
Ilustrasi belanja online (Foto: http://davitrans.com)
Perkembangan layanan e-commerce di Indonesia sangat ketat. Setiap hari selalu bermunculan nama-nama baru yang ingin terjun guna bersaing, meraih pundi-pundi di dunia digital dewasa ini.
ADVERTISEMENT
Berbagai usaha pun dilakukan demi menjaring lebih banyak traffic per view mereka tiap hari. Salah satu cara yang sangat efektif adalah dengan mengandalkan konten blog yang ditempel langsung dengan situs e-commerce masing-masing.
Dengan kehadiran blog, diharapkan para situs e-commerce mampu menjaring lebih banyak traffic melalui SEO (Search Engine Optimatizon), yang mana keyword dengan pencaharian terbanyak merupakan acuan terdepan.
Namun, tidak semua e-commerce memiliki konten yang cukup baik. Beberapa situs justru lebih banyak memasukkan unsur copy-paste, tanpa ada konten kreatif yang tidak hanya menarik secara SEO tetapi juga estetika dalam penyuguhan tulisan maupun kelengkapan informasi.
Melalui ini tulisan berikut, saya ingin sekali menampilkan delapan situs e-commerce, yang menurut saya, memiliki konten blog menarik, baik dalam hal SEO maupun teknik penyajiannya.
ADVERTISEMENT
Saya memastikan daftar di bawah ini dirangkum berdasarkan pengamatan saya tanpa ada tekanan dari pihak manapun. Semoga bermanfaat.
1. Tokopedia
Situs belanja online terbesar di Indonesia memiliki sebuah blog yang cukup menarik. Dengan tujuh kanal tersedia, Tokopedia tidak hanya menampilkan konten kreatif dalam bentuk tulisan dan review para pelanggan, tetapi juga dari para penjual. Sehingga, memudahkan masyarakat untuk mencari kebutuhan di situs tersebut.
2. Prelo
Prelo hanya memiliki empat kategori kanal dalam blog mereka. Tetapi, jika dilhat struktur penulisannya, Prelo adalah salah satu e-commerce blog dengan konten menarik. Anda dapat mencari banyak sekali produk beserta profile penjualnya yang sudah dipilih oleh tim konten Prelo. Teknik penulisan yang low tone dan engaging membuat para pengujung tidak menyadari kalau ini adalah blog e-commerce.
ADVERTISEMENT
3. Pegipegi
Dari berbagai Online Travel Agent (OTA) di Indonesia, Pegipegi bukanlah pilihan utama masyarakat Indonesia karena Traveloka ada di barisan paling depan. Akan tetapi, mereka memiliki satu fitur travel blog dengan konten yang menarik serta penyajian yang baik, secara SEO maupun penulisan. Anda akan menemukan banyak konten traveling maupun non traveling yang ditulis melalui perspektif media yang berimbang.
4. Bukalapak
Hampir serupa dengan Tokopedia, Bukalapak menyajikan konten blog yang cukup aktraktif. Yang membedakan keduanya adalah, Bukalapak memberikan banyak informasi tentang produk secara menyeluruh. Tidak hanya itu, blog Bukalapak cukup dikenal luas dengan tips, baik untuk produk maupun layanan sehingga sangat bermanfaat bagi calon pembeli.
5. Shopee
Situs belanja online yang baru berusia dua tahun ini memiliki layanan blog yang cukup unik. Mengedepankan unsur merah, Shopee menyajikan berbagai macam konten blog yang menarik serta lengkap. Anda dapat menemukan panduan berbelanja hingga review produk yang disajikan secara minimalis namun tetap atraktif dan lengkap.
ADVERTISEMENT
6. Bhinneka
Bagi Anda yang suka berbelanja elektronik, Bhinekka adalah salah satu rekomendasinya. Situs yang mengklaim dirinya nomor satu di Indonesia ini memiliki blog dengan konten yang bervariasi. Sebagian besar konten Bhinneka berupa product review hingga tips yang disajikan secara engaging. Sehingga, Anda tidak akan merasa bosan dalam membaca dan mencari referensi produk.
7. Zalora
E-commerce yang merupakan bagian dari Lazada ini memiliki sebuah blog komunitas yang sangat menarik. Bernama Thread by Zalora, blog ini menyajikan berbagai macam konten produk yang dibawakan secara soft. Lifestyle dan fashion wanita merupakan dua topik besar yang mendominasi konten blog dari Zalora.
8. Tunaiku
Tunaiku adalah situs e-commerce yang melayani peminjaman dana. Seperti situs peminjaman dana lainnya, Tunaiku memiliki blog yang cukup menarik dan aktif. Tips dan trik keuangan dibagikan setiap hari dengan penyajian tulisan yang mendalam. Tidak jarang pula mereka membagi data dan statistik keuangan berdasarkan tren di masyarakat.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan