Aplikasi TikTok di Zaman Milenial

Mahasiswa S1 Teknik Telekomunikasi di Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Konten dari Pengguna
26 Juli 2022 13:50
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari LAILA ANGELINA tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
sumber : pribadi
zoom-in-whitePerbesar
sumber : pribadi
ADVERTISEMENT
Pada era globalisasi saat ini menuntut perubahan dan dampak bagi generasi milenial yang disebabkan oleh efek internet. Dari berbagai kalangan usia dan tingkat sosial ekonomi dapat menggunakan teknologi tersebut. Termasuk saya pada tahap produktif dan inovatif yang sangat memiliki rasa ingin tahu dalam mendapatkan informasi.
ADVERTISEMENT
Di zaman milenial saat ini pengguna media sosial dapat berkomunikasi dan bertukar informasi dengan orang lain dari semua lapisan masyarakat dengan adanya media sosial. Jaringan sosial yang populer di Indonesia saat ini adalah TikTok.
Aplikasi TikTok adalah platform video pendek yang dibuat semakin banyak dan semakin sering mengakses karena adanya ketertarikan yang mendominasi selalu melihat sesuatu yang disukainya, bahkan bisa sampai berjam-jam untuk bermain TikTok.TikTok merupakan aplikasi yang menyajikan hiburan kepada para penggunanya. Dengan durasi 15 sampai 30 detik yang berisi video menarik atau lucu juga didukung musik dalam video tersebut.
Adapun beberapa faktor negatif penggunaan TikTok yaitu syndromic, kurangnya pergaulan dengan orang sekitar, kurangnya fokus belajar, bermalas-malasan, membuat video yang tidak sewajarnya, dan dapat membahayakan untuk perkembangan mental penggunanya yang rata-rata remaja yang berusia di bawah 18 tahun karena belum stabilnya dari segi pendirian maupun pemikiran.
ADVERTISEMENT
Dalam hal ini, kita bisa menghabiskan waktu hanya bermain TikTok, maka dari itu membuat kita lupa waktu belajar dan juga lupa aktivitas yang lain sehingga kita hanya ingat dengan apa yang sedang kita mainkan. Menggunakan aplikasi tersebut juga dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar.
Adapun faktor positif TikTok antara lain yaitu banyaknya wawasan yang didapatkan, bisa juga sebagai media iklan destinasi wisata dan masakan khas daerah tertentu. Dapat melakukan kegiatan yang mengasah kreatifitas penggunanya, bisa mengasah kemampuan editing penggunanya, bisa juga sebagai salah satu aplikasi media sosial yang digunakan untuk mempromosikan suatu produk ataupun jasa, serta dapat menambah teman maupun mendapatkan penghasilan dari aplikasi tersebut.
Kita menggunakan TikTok hanya sebagai media having fun dan menyalurkan bakat dance saja, serta mengisi waktu luang juga ajang ikut-ikutan semata. Kita bisa menggunakan TikTok dengan seperlunya saja, menggunakan sebagai sarana untuk menghibur diri dikala mengisi waktu luang, saat bosan, menghilangkan stres, juga saat banyaknya tugas kuliah dan dapat juga menambah ilmu.
ADVERTISEMENT
Pada saat pandemi melanda, pemerintah berseru agar aktivitas masyarakat di luar rumah dikurangi dan keluar rumah harus menggunakan masker mengikuti protokol kesehatan. Dengan di rumah mengakibatkan aktivitas masyarakat berkurang, sehingga banyak memilih untuk memainkan gadget salah satunya membuka aplikasi TikTok.
Aplikasi TikTok memang sekarang seru, saya juga mengunduh aplikasi TikTok karena bisa menghilangkan rasa bosan dan juga dapat mengisi waktu luang. Di aplikasi tersebut sekarang ini banyak informasi yang bermanfaat dan dapat menambah wawasan.
Dengan demikian opini saya, sebagai manusia dengan video informasi yang beragam, kita harus menyaring kembali mana yang baik dan mana yang buruk. Kita ambil yang baik dan kita buang yang kurang baik. Kita harus bijak dalam menggunakan dengan mengedukasi atau membawa pengaruh baik pada diri kita sendiri.
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020