Tentang KamiPedoman Media SiberKetentuan & Kebijakan PrivasiPanduan KomunitasPeringkat PenulisCara Menulis di kumparanInformasi Kerja SamaBantuanIklanKarir
2024 © PT Dynamo Media Network
Version 1.86.0
Konten dari Pengguna
Mahasiswa UMM Luncurkan Program Pembelajaran Matematika Berbasis Game Mobile
9 Agustus 2024 13:05 WIB
·
waktu baca 2 menitDiperbarui 25 Agustus 2024 12:29 WIB
Tulisan dari Laily Rahmi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM ) yang dijalankan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM ), di bawah koordinasi Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Malang (DPPM UMM), telah meluncurkan inovasi pembelajaran baru yang kreatif dan interaktif untuk siswa Taman Kanak-Kanak (TK). Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).
ADVERTISEMENT
Kelompok PMM yang beranggotakan lima mahasiswa yang berasal dari Jurusan Informatika Fakultas Teknik dan Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, yaitu Aletta Agigia Novta Sajiatmoko, Zuhriah Indaryanti, Laily Aulia Rahmi, Yuhana Oktaviana, dan Dany Bayu Prasetyo meluncurkan media pembelajaran matematika berbasis game mobile untuk menciptakan pengalaman belajar yang inovatif dan menyenangkan di TK Dharma Wanita Persatuan Tlogomas, Malang.
Program ini dilaksanakan pada tanggal 6 Agustus 2024 dan dibimbing oleh Faris Rizal Andardi, ST., MT.
“Game mobile ini dibuat karena anak-anak di zaman sekarang sangat suka bermain game. Sehingga kami membuat inovasi game edukasi matematika untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa TK dengan cara yang menyenangkan dan interaktif.” ujar Aletta, koordinator PMM dari kelompok 9 gelombang 2.
ADVERTISEMENT
Salah satu anggota PMM lain Inda, juga menambahkan dengan menggunakan aplikasi mobile, siswa dapat belajar berhitung dan konsep matematika dasar melalui berbagai tantangan dan permainan yang dirancang khusus untuk usia dini. Program ini diharapkan dapat menciptakan pengalaman belajar yang tidak hanya edukatif tetapi juga menghibur.
Peluncuran aplikasi dimulai dengan sesi pengenalan aplikasi dan praktik bermain dengan siswa. Pengenalan dan praktik aplikasi dilakukan dengan menggunakan handphone anggota PMM dan dilakukan di salah satu kelas dengan melibatkan siswa dan guru.
“Game matematika ini benar-benar inovatif dan menarik. Anak-anak semakin antusias belajar karena cara penyampaiannya yang interaktif dan menyenangkan. Game ini juga membuat konsep matematika dasar lebih mudah dipahami dan diaplikasikan oleh anak-anak.” ujar Siska, salah satu guru TK.
ADVERTISEMENT
Dengan adanya aplikasi ini, tim PMM berharap dapat memberikan kontribusi positif terhadap pendidikan anak-anak dan menciptakan metode pembelajaran yang lebih menarik dan efektif. Program ini merupakan salah satu contoh nyata upaya mahasiswa UMM dalam menerapkan pengetahuan dan keterampilan mereka untuk manfaat masyarakat.