kumparan
KONTEN PENGGUNA
5 Januari 2020 18:03

9 Penemuan Sains dan Teknologi yang Mengubah Gaya Hidup Manusia

Tahun 2019 sudah berlalu dan sekarang kita sudah memasuki tahun 2020. Namun bukan hanya satu tahun yang telah berlalu, satu dekade juga sudah kita lewati. Hidup terasa cepat bukan?
ADVERTISEMENT
Selain kehidupan kita, perkembangan sains dan teknologi juga seperti berkejar-kejaran. Dalam sepuluh tahun terakhir ada banyak sekali penemuan dalam hidup manusia yang membuat gaya hidup kita berubah. Penemuan-penemuan berikut memang bukan mesin uap atau komputer, tapi cukup untuk dianggap keberhasilan dalam sejarah hidup manusia.
Berikut adalah penemuan-penemuan antara 2010 sampai 2019. Apakah kamu menggunakannya?
  1. Headset virtual reality
Soldier_Using_Virtual_Reality_Headset_MOD_45158483.jpg
Tentara menggunakan headset virtual reality. Sumber gambar: Wikimedia Commons.
Pasanglah headset virtual reality ke kepala kita, maka kita dapat melihat dunia yang berbeda. Sebelumnya headset virtual reality telah digunakan sebagai sarana edukasi, latihan militer, dan terapi ketergantungan obat-obatan terlarang. Namun saat ini, siapa pun bisa memiliki headset virtual reality dan menggunakannya di rumah masing-masing. Benda ini bukan barang mewah lagi.
  1. Jam tangan pintar
Smart_watch.jpg
Jam tangan pintar. Sumber gambar: Wikimedia Commons.
Memiliki jam tangan pintar membuat kamu seolah-olah seperti mata-mata. Apalagi ketika kamu berbicara dengan jam tersebut. Jam tangan pintar buatan Apple adalah versi terbaru jam tangan yang selama ini digunakan James Bond.
ADVERTISEMENT
  1. Hologram mereka yang sudah tewas
Jika idolamu sudah meninggal, kamu tidak perlu khawatir. Ada kemungkinan kamu masih bisa datang ke konser mereka atau menonton film terbaru mereka. Dekade yang lalu adalah masa kebangkitan manusia digital. Selebriti seperti Michael Jackson 'dibangkitkan' kembali dari kubur dengan menggunakan hologram dan kamu dapat melihatnya bernyanyi.
  1. Mobil tanpa supir
Google_self-driving_car_in_Mountain_View.jpg
Mobil tanpa supir milik Google. Sumber gambar: Wikimedia Commons.
Teknologi mobil tanpa supir bukanlah hanya dalam angan-angan. Mobil-mobil tersebut sudah ada di kehidupan kita yang sekarang. Google, Uber, Tesla, dan beberapa perusahaan lainnya terus menyempurnakan teknologi ini. Di masa depan, kemampuan mengemudimu mungkin tidak akan berguna lagi. Semuanya sudah diambil alih oleh robot, sementara kita bisa melakukan hal yang lain di dalam mobil.
  1. Asisten virtual
ADVERTISEMENT
Siapa yang menyangka bahwa kamu bisa memiliki asisten pribadi dalam kondisi virtual. Hidupmu jadi lebih mudah semenjak Siri, Google, dan Alexa hadir di sisimu. Ingin tau berapa harga baju terbaru di butik favoritmu? Atau ingin tahu resep cheesecake terenak di dunia? Tinggal tanya asistenmu tersebut. Mereka bisa menjawab banyak pertanyaan tanpa mengeluh atau bertanya balik. Asisten yang baik!
  1. Robot Boston Dynamics
400px-Atlas_from_boston_dynamics.jpg
Atlas, robot dari Boston Dynamics. Sumber gambar: Wikimedia Commons.
Perusahaan Boston Dynamics memproduksi berbagai macam robot, salah satunya adalah robot anjing. Robot tersebut dapat berlari, melompat, dan menyambutmu ketika kamu pulang ke rumah. Robot-robot tersebut tentu saja sebuah kemajuan yang pesat. Namun kita juga harus memperhitungkan dampak buruknya jika suatu saat mereka tidak dapat dikendalikan dan menjadi masalah bagi manusia.
ADVERTISEMENT
  1. Fidget Spinners
799px-Fidget_spinner.jpg
Fidget spinner. Sumber gambar: Wikimedia Commons.
Mainan ini muncul pertama kali pada 2017. Dan hanya dalam waktu yang singkat, tiba-tiba semua orang punya fidget spinners. Semua orang, baik anak-anak maupun orang dewasa memiliki mainan ini pada tangan mereka.
  1. Daging dari laboratorium
Para pencinta daging sedang dihadang oleh isu perubahan iklim dan kesejahteraan hewan. Produksi daging bukanlah aktivitas yang ramah akan kedua isu di atas. Namun saat ini, daging tidak hanya bisa diperoleh dari sapi, kambing, atau hewan ternak lainnya. Melainkan juga dari laboratorium. Dalam dekade yang lalu, para saintis berhasil menumbuhkan daging dalam laboratorium. Ada yang sudah pernah mencoba?
  1. 3-D bioprinting
800px-Printing_with_a_3D_printer_at_Makers_Party_Bangalore_2013_11.JPG
Printer tiga dimensi. Sumber gambar: Wikimedia Commons.
Kalau kamu pikir kita hanya bisa mencetak di atas kertas, maka kamu sudah jauh ketinggalan zaman. Dengan teknologi yang kita miliki sekarang, manusia sudah bisa mencetak dalam bentuk tiga dimensi. Dan bukan hanya bisa mencetak benda tidak berguna, tapi kita juga bisa mencetak organ tubuh seperti ginjal, jantung, paru-paru, bahkan kulit. Dengan teknologi ini, mereka yang membutuhkan transplantasi organ tidak perlu lagi menunggu-nunggu datangnya donor dan angka kematian dapat ditekan.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan