Pencarian populer

Bagaimana Igloo Menjaga Orang di Dalamnya Tetap Hangat?

Pemandangan dari dalam kamar Igloo (Foto: Instagram @kakslauttanen_arctic_resort)

Bagaimana bisa rumah yang terbuat dari balok es menjaga kita tetap hangat?

Faktanya, hal itu memang bisa terjadi. Suku Inuit telah hidup selama ratusan tahun di kawasan utara di sekitar Greenland, Kanada utara, dan Alaska. Alasan mereka tidak membuat rumah dari kayu adalah tentu saja karena tidak ada hutan di sekitar mereka sehingga mereka memanfaatkan apa yang ada, yaitu salju.

Sebelum kita memahami cara kerja igloo, kita harus memahami mengapa kita merasa dingin. Kita merasa dingin karena panas mengalir keluar dari tubuh kita bukan karena dingin mengalir ke dalam tubuh kita. Proses ini dinamakan konveksi. Beberapa jenis hewan seperti singa laut memiliki kulit berlemak setebal 2,5 sentimeter dan bulu yang sangat padat untuk mencegah panas keluar dari tubuhnya. Namun, jenis mamalia lain harus mencari cara sendiri untuk bertahan hidup,

Igloo bekerja serupa dengan kulit singa laut. Balok es yang cukup padat dapat mencegah panas mengalir keluar dari igloo sehingga suhu di dalam igloo perlahan-lahan akan naik. Balokan igloo ini tidak dibuat dengan mengumpulkan lalu menekan-nekan butiran salju dengan tangan karena hasilnya tidak akan cukup padat untuk mencegah panas keluar.

Sebaliknya, es padat merupakan penangkal angin yang baik namun terlalu berat untuk dipatahkan dan dipindahkan untuk membangun igloo. Maka solusi yang tepat adalah mengiris es yang membeku di lantai es untuk menjadi bentuk balok. Es beku ini cukup padat namun tidak terlalu berat untuk dipindahkan.

Fakta menarik yang lain dari igloo adalah bentuknya. Jika kita mengiris igloo menjadi dua, bentuknya tidak tepat setengah lingkaran. Namun, lebih seperti kurva yang agak meruncing ke atas. Bentuk ini konon adalah bentuk yang paling efisien untuk mendistribusikan beban secara merata ke semua bagian balok es sehingga igloo menjadi sangat kuat.

Hewan seperti beruang kutub telah menyadari bahwa es yang padat dapat menjaga mereka tetap hangat jauh sebelum manusia menyadarinya. Supaya tidak membeku sampai mati cukup menjadi motivasi yang sangat kuat bagi mereka untuk menemukan cara agarr tetap hangat.

Sumber : It’s okay to be smart

Sumber Gambar : outdoorsnw.com

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: