Tekno & Sains
·
5 Januari 2018 23:06

Daya Tampung Otak Manusia

Konten ini diproduksi oleh Lampu Edison
Mampu Mencapai 3-4 kali kapasitas laptop
Coba pikirkan, dalam sehari ini sudah berapa banyak informasi yang kita simpan dalam otak kita? Kalau dalam seminggu ini berapa jumlah informasi yang kita terima? Atau bahkan sepanjang hidup kita, sudah berapa banyak kita menyimpan nama orang, pelajaran yang kita terima di sekolah, tugas-tugas kantor yang tersimpan dalam memori otak kita dan masih banyak jenis informasi lain yang dapat kita simpan dalam organ seberat 1.3-1.4 kg tersebut?
ADVERTISEMENT
Kebanyakan ahli syaraf memperkirakan kapasitas penyimpanan informasi pada otak manusia berkisar antara 10-100 terabyte. Angka ini diperoleh berdasarkan sebuah perhitungan terhadap neuron-neuron di dalam otak manusia, yang satu sama lainnya mampu terhubung membentuk koneksi sinapsis. Otak manusia mengandung sekitar 100 miliar neuron, dimana masing-masing neuron mampu menghasilkan sekitar 1000 koneksi yang mewakili 1000 sinapsis potensial. Sebagian besar sinapsis menjalankan fungsinya sebagai penyimpanan data. Maka jika 100 miliar neuron masing-masingnya dikalikan dengan 1000 koneksi yang dihasilkan, akan diperoleh 100 triliun titik data atau sekitar 100 terabyte informasi mampu tersimpan dalam otak kita. Akan tetapi pendapat lain ada yang menyebutkan bahwa spectrum memori dalam otak kita berkisar antara 1 terabyte hingga 2.5 petabyte.
ADVERTISEMENT
Sebanyak apapun kapasitas yang kita punya, hal yang terbaik yang dapat kita lakukan adalah menggunakan dan mengisinya semaksimal mungkin dengan informasi yang berguna dan bermanfaat untuk orang banyak.
Daya Tampung Otak Manusia (142556)
Sumber gambar: https://www.brainscape.com