kumparan
14 Jul 2019 16:22 WIB

Fakta menarik tentang “Pink Fairy Armadillo”

Hewan ini termasuk hewan langka yang dilindungi.
Pink Fairy Armadillo atau yang bisa diartikan armadillo peri merah muda adalah makhluk misterius langka yang hampir tidak pernah terlihat di atas tanah. Hewan mungil ini berasal dari padang rumput dan dataran berpasir di Argentina tengah. Berbeda dengan namanya, perilaku hewan ini tidak seperti peri karena mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka menggali tanah yang padat.
ADVERTISEMENT
Bagian belakang Pink Fairy Armadillo berwarna merah muda yang indah. Namun, warna merah muda yang tidak biasa ini disebabkan oleh adanya jaringan pembuluh darah yang terlihat melewati cangkang halus hewan itu. Pembuluh darah ini membantu armadillo mengatur suhu dengan memompa darah. Saat pembuluh mengkerut atau melebar, cangkang akan berubah warna.
Setidaknya ada 20 spesies armadillo yang diakui secara resmi. Dari spesies-spesies itu, Pink Fairy Armadillo adalah jenis yang terkecil, dengan berat rata-rata 120 gram. hewan ini memiliki panjang hanya sekitar 90-115 mm (3,5-4,5 in.) sehingga dapat dibayangkan bahwa hewan ini seukuran dengan telapak tangan.
Pink Fairy Armadillo memiliki dua pasang cakar besar, sehingga mereka dapat dengan mudah membuat lubang di tanah yang padat. Keahliannya dalam menggali membuatnya dijuluki sebagai "perenang pasir". Walaupun cakar yang dimiliki oleh Pink Fairy Armadillo berguna saat menggali tanah, ukurannya yang relatif besar dibandingkan dengan bagian tubuh yang lain menyebabkan hewan ini mengalami kesulitan saat berjalan di permukaan yang keras.
ADVERTISEMENT
Ketika Pink Fairy Armadillo sedang menggali dengan anggota tubuhnya, ia dapat menggunakan ekornya. Ekor berbentuk tongkat berfungsi sebagai anggota tubuh kelima yang membantu menjaga keseimbangan armadillo. Ia juga memiliki "butt plate" di sebelah ekornya yang dapat memadatkan kotoran di belakangnya saat ia bergerak maju, sehingga menjaga agar puing-puing kotoran tidak mengenai wajahnya serta memungkinkannya bernapas dan menjelajah dengan bebas.
Jika ingin melihat Pink Fairy Armadillo muncul dari liang mereka, maka tunggulah saat hujan. Makhluk kecil ini sangat menghindari basah, sehingga ketika hujan mulai turun, mereka akan meninggalkan lubang mereka secepat mungkin. Mengapa kondisi basah menjadi masalah besar bagi Pink Fairy Armadillo?. Sama seperti kebanyakan spesies armadillo lainnya, Pink Fairy Armadillo terkenal tidak kompeten dalam hal termoregulasi. Kelembaban yang berlebihan dapat dengan mudah mengacaukan termostat internal mereka. Selain dapat menyebabkan mereka mati beku, paparan kelembaban jangka panjang dapat menyebabkan penyakit kulit. Hal yang sama terjadi pada spesies armadillo lainnya, seperti Pichi.
ADVERTISEMENT
Ketika kita melihat Pink Fairy Armadillo, kita mungkin menyadari bahwa makhluk ini adalah satu-satunya mamalia tanpa telinga luar yang terlihat. Walaupun demikian, mereka masih mempunyai kemampuan mendengar. Bahkan, karena penglihatan mereka buruk, mereka sangat bergantung pada indera pendengaran dan juga indera peraba mereka, untuk memahami dunia di sekitar mereka.
Seperti kebanyakan hewan yang menghabiskan banyak waktu di bawah tanah, Pink Fairy Armadillo juga memakan serangga seperti semut, larva, cacing, siput, dan semua jenis serangga. Ketika serangga makanan mereka tidak tersedia, mereka akan memakan daun dan akar tanaman sebagai gantinya.
Tidak banyak penelitian tentang kebiasaan kawin dari Pink Fairy Armadillo, namun, hewan ini diyakini merupakan spesies yang umumnya soliter, dimana mereka cenderung mempraktikkan poligami. Selain itu, Pink Fairy Armadillo betina hanya melahirkan satu bayi dalam satu waktu.
ADVERTISEMENT
Pink Fairy Armadillo adalah hewan yang relatif langka. Oleh karena itu, mereka berada dalam kategori hewan yang terancam punah dalam Daftar Merah International Union for Conservation of Nature (IUCN). Pada 2008, para peneliti mengklasifikasikannya sebagai "Data Deficient". Perubahan status ini tidak berarti bahwa mereka tidak terancam punah;
Meskipun ada banyak ancaman terhadap kelangsungan hidup armadillo, termasuk perusakan habitat dan pemangsa, upaya konservasi yang dilakukan hanya sedikit yang efektif. Hal ini terjadi karena Pink Fairy Armadillo rentan terhadap stress sehingga kondisi mereka cenderung memburuk ketika berada di penangkaran. Salah satu upaya konservasi yang efektif untuk melindungi armadillo adalah dengan melindungi habitat asli mereka.
Sumber :
https://www.ranker.com/list/pink-fairy-armadillos/anna-lindwasser
https://factslegend.org/30-interesting-pink-fairy-armadillo-facts/
Pink Fairy Armadillo. Sumber Gambar : Wikipedia
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·