Pencarian populer

Fobia Aneh Dalam Dunia Sains

Beberapa fobia ini hanya beberapa dari ratusan fobia yang ada di dunia.

ADVERTISEMENT
Fobia bisa diartikan sebagai rasa ketakutan yang berlebihan pada sesuatu hal atau fenomena, walaupun sebenarnya orang tersebut tidak perlu merasa takut akan hal tersebut. Fobia memang mulai dikenali dan terindentifikasi ketika seseorang merasakan keanehan dalam menghadapi atau melihat sesuatu. Banyak hal dipercayai menjadi penyebab seseorang bisa mengalami fobia, salah satu yang paling berdampak adalah kenangan atau pengalaman buruk pada masa lalu yang membuat mereka kapok atau takut akan hal-hal tertentu.
Kebanyakan fobia memang cukup umum jika dilihat lebih dalam lagi, fobia akan jenis binatang tertentu seperti laba-laba atau binatang melata lainnya dikenal sebagai fobia yang cukup banyak dialami oleh orang-orang di dunia. Namun dari banyak fobia yang tersebar di duni, fobia-fobia yang ada dibawah ini mungkin menjadi fobia yang cukup aneh jika kita bayangkan terjadi pada diri seseorang. Apa saja itu? Mari kita mulai pembahasannya!
ADVERTISEMENT
Jumlah Fobia yang Ada di Dunia
Fobia-fobia inilah yang benar-benar diakui oleh para Psikolog dan diyakini menjadi klasifikasi-klasifikasi jenis fobia yang ada di dunia. Menurut data, ada sekitar 16 juta orang di dunia diperkirakan mengalami fobia yang menyerang mereka dan banyak diantaranya terjadi karena ketakutan akan kejadian yang pernah dialami.
Merujuk ke halaman www.phobialist.com, diperkirakan ada kurang lebih 1.000 jenis fobia yang ada di dunia. Namun tidak semuanya diakui di dunia psikologi maupun kedokteran. Dari semua jenis fobia tersebut hanya sekitar kurang lebih 40% atau lebih dari 400 jenis fobia yang diakui.
Hexakosioihexekontahexaphobia
Nama fobia sangat panjang dan sulit diucapkan. Fobia jenis apakah ini? Hexakosioihexekontahexaphobia sering dikenal sebagai fobia akan angka 666. Alasan sederhana dari fobia akan angka ini adalah karena angka ini melambangkan suatu tindak kekejaman dan perilaku buruk.
Fear | pixabay.com`
Banyak orang menganggap angka ini merupakan angka setan yang juga harus dihindari. Penamaan nama fobia ini sendiri didapatkan dari bahasa Yunani Kuno hexakósioi, "enam ratus", hexékonta, "enam puluh", héx, "enam", dan phóbos, "ketakutan"; secara harfiah berarti "takut enam ratus enam puluh enam".
ADVERTISEMENT
Fobia Takut Bahagia
Mungkin fobia ini menjadi salah satu fobia paling aneh di dunia. Mungkin tidak ada yang menyangka jika takut untuk menjadi terlalu bahagia bisa masuk dalam suatu klasifikasi fobia. Fobia ini mungkin juga sekaligus menjadi fobia terburuk bagi para extrovert.
anxiety | pixabay.com
Cherophobia merupakan fobia akan kebahagian berlebihan yang dialami oleh seseorang. Alasannya sederhana, orang-orang yang mengalami fobia ini takut jika terlalu bahagia akan ada sesuatu yang tragis yang akan terjadi atau bahkan menimpa mereka. Hal ini bisa berupa kematian atau kecelakaan dirinya sendiri atau orang terdekatnya.
Fobia yang Diturunkan Nenek Moyang
Menurut suatu penelitian, fobia ini bisa diturunkan oleh pendahulu kita melalui DNA yang ada pada diri kita. Fobia kebanyakan disebabkan oleh pengalaman pribadi akan ketakutan yang dialami oleh orang tersebut. Akan tetapi, ternyata menurut suatu penelitian pengalaman fobia bisa diturunkan dari nenek moyang atau orang tua melalui DNA yang kita punyai.
DNA | pixabay.com
Peneliti dari Sekolah Kedokteran Universitas Emory, Atlanta, menemukan bahwa seekor tikus yang lahir dari orang tua yang sama mengalami trauma akan stres yang diberikan terhadap bau-bauan tertentu. Hasil ini mungkin akan membantu menjelaskan kenapa orang berjuang dan mengalami fobia yang tidak pernah mereka sadari sebelumnya, yang mungkin pengalaman yang dialami oleh pendahulunya di masa lalu.
ADVERTISEMENT
Hippopotomonstrosesquippedaliophobia
Fobia ini juga menjadi salah satu fobia paling aneh di dunia karena jenis fobianya yang sulit dipahami namun nyata terjadi pada seseorang. Fobia akan binatang tertentu atau tidak bisa bertahan di kondisi tertentu mungkin menjadi hal yang sangat wajar.
words alphabet | pixabay.com
Namun, jika seseorang takut melihat huruf yang panjang mungkin akan menjadi sangat aneh untuk sebagian orang. Fobia ini dikenali dengan nama Hippopotomonstrosesquippedaliophobia. Bahkan jenis fobia ini pernah dijadikan lagu yang jenaka oleh Bryant Oden yang cukup terkenal di media sosial.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86