Tekno & Sains
·
8 November 2019 19:37

Hewan-Hewan Berumur Panjang di Dunia (1)

Konten ini diproduksi oleh Lampu Edison
Bagi manusia, bisa hidup sampai sampai umur 70 atau 80 tahun adalah umur panjang. Dan bisa hidup sampai umur lebih dari 90 tahun adalah sebuah pencapaian yang luar biasa. Dengan teknologi dan perkembangan dunia medis yang semakin baik, banyak penyakit yang dulunya mematikan menjadi dapat ditaklukan. Umur manusia-pun dapat menjadi lebih panjang.
ADVERTISEMENT
Namun, meskipun manusia sekarang dapat hidup lebih dari 100 tahun, ternyata umur tersebut belum ada apa-apanya jika dibandingkan dengan beberapa hewan lain. Hewan-hewan berikut terkenal dengan umur panjangnya dan membuat umur 100 tahun manusia tampak seperti umur balita.
Paus kepala busur
Hewan-Hewan Berumur Panjang di Dunia (1) (108790)
Paus kepala busur. Sumber gambar: Wikimedia Commons.
Sebagian saintis percaya bahwa paus kepala busur mungkin adalah mamalia tertua yang pernah hidup di dunia. Seekor paus kepala busur bernama Bada dipercaya telah hidup selama 211 tahun lamanya. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa Bada telah hidup selama 245 tahun. Meskipun kebanyakan paus kepala busur mati antara umur 20 sampai 60 tahun, setidaknya ada empat ekor paus jenis ini yang hidup sampai umur 91, 135, 159, dan 172 tahun.
ADVERTISEMENT
Kura-kura
Hewan-Hewan Berumur Panjang di Dunia (1) (108791)
Kura-kura. Sumber gambar: Wikimedia Commons.
Kura-kura terkenal dengan umur mereka yang panjang. Umur rata-rata mereka adalah 150 tahun tergantung jenisnya. Kura-kura tertua yang diketahui bernama Adwaita yang sebelumnya merupakan hewan peliharaan seorang Jenderal Inggris bernama Robert Clive. Adwaita kemudian dipindahkan ke kebun binatang di Kalkuta, India di mana ia hidup sampai 130 tahun kemudian. Pada saat kematiannya, tidak ada satu orang pun pegawai kebun binatang yang sudah lahir pada saat Adwaita dipindahkan ke sana. Ia mati setelah cangkangnya retak dan semakin membesar. Para saintis percaya bahwa Adwaita hidup selama lebih dari 250 tahun. Ada yang bilang 255 tahun, ada juga yang bilang 257 tahun.
Ikan koi
Hewan-Hewan Berumur Panjang di Dunia (1) (108792)
Ikan koi. Sumber gambar: Wikimedia Commons.
Rata-rata umur ikan koi adalah kurang dari 50 tahun, yang sebenarnya sudah cukup panjang untuk umur seekor ikan. Namun seekor ikan koi bernama Hanako hidup jauh lebih panjang dari 50 tahun. Hanako mati tahun 1977 pada umur 226 tahun. Artinya ia lahir pada tahun 1751 yaitu sebelum listrik ditemukan dan sebelum orang-orang tahu ada hewan mamut di dunia ini. Lebih menariknya lagi, ia menyaksikan saat Amerika Serikat menyatakan kemerdekaanya, saat revolusi Prancis bergejolak, saat Perang Dunia I dan II terjadi, dan sejarah-sejarah dunia lainnya. Umur Hanako dapat ditentukan dengan cara menghitung cincin pada sisiknya, kurang lebih sama seperti menghitung umur pohon.
ADVERTISEMENT
Bulu babi merah
Hewan-Hewan Berumur Panjang di Dunia (1) (108793)
Bulu babi merah. Sumber gambar: Wikimedia Commons.
Bulu babi merah sudah ada di bumi selama 450 juta tahun lamanya. Bulu babi jenis ini juga merupakan bulu babi terbesar yang dapat tumbuh sepanjang 25 sentimeter. Karena mereka hidup di tempat yang itu-itu saja dan jarang bergerak, duri-duri mereka jadi sangat berguna untuk melindungi tubuh mereka. Kadang-kadang mereka juga bergerak secara bersama-sama dengan sangat lambat untuk menemukan makanan. Meskipun seringnya mereka tidak hidup lebih dari 30 tahun, kadang-kadang mereka bisa hidup sampai lebih dari 200 tahun.
Ubur-ubur
Hewan-Hewan Berumur Panjang di Dunia (1) (108794)
Ubur-ubur. Sumber gambar: Wikimedia Commons.
Ubur-ubur jenis Turritopsis nutricula sekilas tidak tampak istimewa. Mereka yang baru lahir ukurannya hanya 1 milimeter dan memiliki 8 tentakel. Sementara ubur-ubur dewasa ukurannya adalah 4.5 milimeter dengan 90 tentakel. Ubur-ubur yang berasal dari Karibia ini sekarang dapat ditemukan di seluruh dunia karena kemampuan bereproduksinya yang cepat. Hal tersebut dapat menyebabkan masalah di masa depan.
ADVERTISEMENT
Apa yang unik dari ubur-ubur ini dibandingkan semua hewan lain di dunia adalah kemampuannya untuk beregenerasi ke saat mereka belum dewasa. Ubur-ubur ini lahir dan bertumbuh layaknya hewan lain. Namun ketika mereka mencapai umur tertentu, mereka akan kembali ke fase muda dan bertumbuh lagi menjadi dewasa. Kira-kira seperti seseorang yang berumur 50 tahun dan kembali menjadi anak bayi. Ini artinya, Turritopsis nutricula dapat hidup selama-lamanya.