Hibernasi Di Musim Panas

Edison 9955 kali gagal menemukan lampu pijar yang menyala. Jika ia berhenti di percobaan ke 9956, mungkin sekarang kita tidak akan punya lampu.
Konten dari Pengguna
30 September 2018 23:46
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Lampu Edison tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Dilakukan oleh beberapa hewan, misalnya buaya dan salamander
Jika disebutkan kata Hibernasi, apa yang terbersit di pikiran? Salah satunya bisa jadi terkait tidur panjang di musim salju. Memang, hibernasi erat kaitannya dengan tidur panjang yang dilakukan sejumlah hewan saat datangnya musim dingin atau musim salju. Lalu kalau kata Estivasi yang disebut? Apa yang kemudian terpikir?
ADVERTISEMENT
Tidak berbeda jauh dengan hibernasi, estivasi juga merupakan pola tidur yang dilakukan oleh beberapa jenis hewan pada waktu-waktu tertentu. Waktu yang dipilih oleh sebagian hewan adalah di saat musim panas. Jadi, perbedaan antara estivasi dan hibernasi terletak pada waktu tidurnya atau di musim apa terjadinya tidur panjang. Estivasi ditandai dengan menurunnya metabolisme tubuh hingga akhirnya tidak aktif. Perilaku ini merupakan respon dari tingginya suhu di lingkungan serta kondisi yang kering. Hewan-hewan yang biasanya melakukan estivasi misalnya adalah kura-kura gurun Amerika Utara, buaya, dan salamander. Beberapa dari kelas amfibi, seperti katak, juga diketahui melakukannya, serta dari kelas serangga misalnya lembah, kepik, dan cacing tanah. Selama musim estivasi ini, mereka akan lebih banyak bergerak di bawah tanah, dimana tempatnya lebih dingin dan lebih lembap.
Hibernasi Di Musim Panas (33356)
zoom-in-whitePerbesar
Sumber gambar: unsplash.com/DanieleLevisPelusi
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·