Pencarian populer

Jantung Dalam Angka

Hitungan sains terkait jantung memang kadang tidak masuk akal, namun nyata!

Fakta awal yang cukup berbeda dari nalar manusia biasanya memang terkait letak jantung manusia tidak berada di sebelah kiri. Hal ini bertolak belakang dengan kebiasaan merasakan detak jantung dengan meletakkan tangan di dada kiri kita. Tidak hanya berdetak saja, jantung bahkan memiliki pengaruh yang sangat signifikan jika energinya bisa dikonversikan ke dalam bentuk lain yang tidak pernah kita bayangkan besarannya.

heart human anatomy | pixabay.com

Rumitnya aktivitas jantung dan pergerakannya memang membuat para ilmuan secara serius meneliti hal ini sampai ke akarnya. Walaupun mungkin ini hanya sebagian data dari data-data lainnya yang belum terungkap, namun angka-angka dan fakta terkait jantung ini memang sangat amat menarik tentunya untuk juga kita ketahui. Berikut merupakan fakta menarik terkait jantung yang sudah mulai perlahan terungkapkan di dunia sains.

Letak jantung manusia

Faktanya, jantung manusia terletak di tengah dari dada kita dan berada diantara kedua paru-paru kita yang mengapitnya dari kanan dan kiri. Kebanyakan atau mungkin hampir semua orang meletakkan tangannya di dada kiri untuk merasakan detak jantung yang ada. Namun ternyata hal ini tidak sepenuhnya salah karena posisi bagian bawah jantung umumnya condong ke arah kiri bawah dada manusia.

Heartache, Chest Pain, Hurt, Pain | pixabay.com

Hal inilah yang menyebabkan ketika kita memegang dada kiri kita akan terasa detak jantung yang lebih kencang dibandingkan kita menyentuh area tengah dada kita. Detak jantung ini juga yang dihasilkan dari impuls listrik yang sangat bergantung dari persediaan oksigen yang didapatkan dari udara sekitar.

Aktivitas jantung sehari-hari

Aktivitas ini terhitung dari detak yang dihasilkan sampai kemampuan memompa darah yang dikeluarkan jantung setiap harinya. Jantung memang organ tubuh yang sangat menarik dengan sistem “perpipaan” yang memompa darah ke seluruh tubuh manusia sebagai satu kesatuan sistem yang terus berputar. Fakta angka terkait jantung juga merupakan hal menarik yang biasanya tidak kita sadari. Jantung manusia rata-rata berdetak secara normal 72 kali setiap menitnya atau kurang lebih 100.000 kali setiap jam, 3.600.000 kali setiap tahun dan 2,5 miliar kali semasa kita hidup sampai kita berumur 67-70 tahun.

Blood Pressure, Ekg, Health, Heart | pixabay.com

Berat jantung sendiri diperkirakan hanya 250–350 gram namun dengan ukuran sekecil itu organ tubuh terpenting bagi manusia ini bisa memompa 7.570 L darah melalui sistem peredaran darah sepanjang 96.560 km setiap harinya. Selain itu, diperkirakan 75 triliun sel menerima darah dari jantung yang menjadi mesin pompa utama di tubuh manusia.

Detak jantung manusia bisa menggerakkan truk sejauh 32 km

Pada dasarnya jantung manusia telah mulai bekerja ketika masih berada di dalam rahim. Sebuah penggerak kecil di bagian belakang kanan atrium yang sering disebut sino-atrial (SA) berguna sebagai alat pacu jantung. Bagian ini berperan mengirimkan impuls listrik untuk membuat jantung berdetak dalam internal normal. Menurut penelitian, setiap kali impuls tersebut dikirimkan tenaga yang bisa dihasilkan kurang lebih akan setara dengan 1-5 Watt.

Truck White Vehicle | pixabay.com

Menurut perhitungan para ilmuan, angka tersebut setara dengan satu hari jantung manusia berdetak secara normal. Jika hal tersebut dikalkulasikan maka energi tersebut akan mampu untuk menggerakan truk sejauh 32 km setiap harinya. Hal ini setara dengan mengendarai truk tersebut ke bulan dan kembali lagi jika dihitung dari detak jantung kita selama kita hidup sampai umur 70 tahun.

Sistem Peredaran Darah Terpanjang di Bumi

Sistem peredaran darah manusia merupakan salah satu jalur terpanjang di Dunia jika mengandaikan aliran darah dalam tubuh sebagai suatu jalan yang mengelilingi seluruh bagian tubuh kita. Hal ini mencakup sistem arteri, pembuluh darah dan bagian kapiler dalam tubuh manusia. Tidak tanggung-tanggung panjangnya bisa mencapai 96.560 km jika diukur dari ujung ke ujung secara merata. Bahkan keliling Bumi saja hanya sepanjang 40.075 km, sehingga jika sistem peredaran darah tersebut ditarik panjangnya akan lebih dari cukup untuk dua kali mengelilingi Bumi dengan jantung sebagai poros yang memompa semua peredaran darah tersebut.

pembuluh darah arteri darah sirkuit sirkulasi darah | pixabay.com
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.33