kumparan
17 Okt 2018 23:31 WIB

Makanan Laut Paling Mahal Sedunia

Makanan laut berikut ini harganya mencapai ratusan juta rupiah!
Sumber gambar: Wikimedia Commons.
ADVERTISEMENT
Harga makanan laut bisa sangat murah sampai sangat mahal tergantung dari tempat dan kualitas. Semakin dekat dengan laut biasanya harga makanan laut bisa lebih murah. Sementara makanan laut yang dihidangkan di restoran bintang lima bisa jadi sangat mahal. Tapi semahal-mahalnya makanan laut, maukah kamu merogoh kocek puluhan sampai ratusan juta untuk hidangan-hidangan berikut?
1. Tuna sirip biru.
Ikan yang berasal dari Jepang ini harganya dapat mencapai 1600 Dollar AS per kilogramnya. Ikan ini dapat dinikmati di restoran-restoran khusus di Jepang dan tercatat sebagai jenis ikan tuna yang paling mahal. Meskipun harganya melambung, hal tersebut tidak membuat penikmat ikan di Jepang berhenti memakan ikan ini, bahkan ketika stok sedang turun. Lebih dari setengah stok tuna sirip biru di dunia dihabiskan oleh masyarakat Jepang.
ADVERTISEMENT
2. Sup ikan “The Buddah Jumps Over the Wall”.
Nama sup yang dibuat di restoran Kai Mayfair di London, Inggris ini memang memiliki nama seperti itu. Untuk menikmati semangkuk sup ini, harga yang kamu harus bayar adalah 108 Poundsterling. Dalam sup ini terdapat jamur bunga Jepang, timun laut, kerang kering, abalone, dan kadang-kadang ada sirip ikan hiu. Untuk menyiapkan hidangan sup ini dibutuhkan waktu yang cukup lama sehingga kamu harus memesan sup ini lima hari sebelum kamu ingin memakannya.
3. Kaviar Almas.
Kaviar telah lama menjadi makanan para borjuis. Namun siapa sangka bahwa Kaviar yang diproduksi oleh Almas memiliki harga sebesar 16.000 Poundsterling. Kaviar Almas ini juga hanya bisa dinikmati di restoran The Caviar House & Prunier di London. Kaviar Almas berasal hanya dari telur ikan terbaik dari Iran. Kaviar ini disajikan dalam sebuah wadah yang terbuat dari emas 24 karat. Setelah kaviar habis dinikmati, para tamu boleh menyimpan wadah emas tersebut dan dibawa pulang sebagai souvenir.
ADVERTISEMENT
4. Kari Samundari Khazana.
Makanan ini adalah hidangan khas Bombay Brasserie di London. Harga satu porsi kari makanan laut ini mencapai 2000 Poundsterling. Isi dari hidangan ini adalah kepiting Devon, truffle putih, kaviar Beluga, dan lobster Skotlandia yang dilapisi emas yang dapat dimakan. Chef yang menciptakan ini bernama Prahlad Hedge. Kari ini dibuat sebagai bentuk pujian terhadap film Slumdog Millionaire yang sangat sukses di tahun 2009. Menurut Hedge di luar sana ada banyak orang yang masih memiliki banyak uang, dan salah satu cara untuk menghabiskan uang tersebut adalah dengan menyantap kari Samundari Khazana.
5. Tiram raja dari Coffin Bay, Australia.
Jika kamu ingin menikmati tiram yang mewah, maka kamu harus menyantap tiram raja yang berasal dari Coffin Bay, Australia. Harga satu tiram ini adalah 100 Dollar. Panjang tiram ini dapat mencapai 18 cm dan beratnya dapat mencapai 1 kilogram. Hal tersebut membuat tiram ini adalah tiram terbesar di dunia. Secara tradisional, tiram raja ini disajikan dengan potongan lemon.
ADVERTISEMENT
6. Belut bayi.
Belut bayi adalah salah satu jenis belut yang terancam punah. Meskipun begitu, di beberapa kota seperti Maine dan Portland, AS, belut ini masih dapat ditangkap untuk dimakan. Harga belut bayi mencapai 900 Dollar AS per kilogramnya, membuat belut ini menjadi salah satu harta karun di lautan Amerika. Populasinya yang semakin meurun membuat harga belut bayi semakin naik dan menjadi salah satu hidangan laut yang didambakan.
7. Frittata lobster.
Frittata adalah makanan berbasis telur dan sayur yang cukup sederhana. Tapi siapa sangka kalau restoran Norma’s di Hotel Le Parker Meridien kota New York mampu membuat Frittata memiliki nilai setinggi 1000 Dollar. Hidangan ini dibuat dengan menggunakan enam telur, capit lobster, dan 10 ons kaviar Sevruga. Kalau kamu benar-benar ingin menikmati hidangan ini tapi tidak mampu membayar 1000 Dollar, restoran Norma dapat menyajikan versi murah frittata ini yang dapat dibeli dengan harga 100 Dollar saja.
ADVERTISEMENT
8. Posh Pie.
Hotel The Lord Dudley di Australia memiliki pie paling mahal di dunia. Pie ini diberi nama Posh Pie oleh penciptanya, Chef Paul Medcalf, untuk merayakan keberhasilan Groupon dalam menjual dua juta voucher makanan di Australia. Posh Pie berisi irisan daging sapi premium, dua lobster batu dari Australia bagian barat, truffle Winter Black, daun emas 23 karat dari Jerman, dan dua botol Penfolds Grange Reserve.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan