kumparan
14 Mei 2019 10:03 WIB

Patung Liberty dan 5 Fakta yang Disembunyikan

Awalnya Dirancang Bukan untuk Amerika Serikat

Pembuatan patung Liberty di New York merupakan hasil dari inspirasi akan perempuan Arab penjaga Terusan Suez di Mesir. Menurut US National Park Service (lembaga yang menjaga patung tersebut), pada awalnya pematung Prancis yang merancang patung Liberty, Frederic Auguste Bartholdi, melakukan perjalanan ke Mesir tahun 1855-1856. Dia juga memiliki ketertarikan terhadap monumen besar dan patung-patung raksasa yang ada di sana.
Statue of Liberty | wikimedia.org
Mesir sendiri pernah membuat proposal terkait pembangunan mercusuar bagi Terusan Suez pada 1869. Oleh karena itu, Bartholdi merancang patung besar yang menggambarkan seorang perempuan berjubah sambil memegang obor, yang disebut 'Mesir Membawa Cahaya ke Asia'.
ADVERTISEMENT
Pada awalnya, patung itu mengambil sosok seorang petani perempuan berkerudung dengan maksud untuk menggambarkan sebagian besar rakyat Mesir yang penduduknya adalah Muslim. Namun usul tersebut secara bertahap berkembang menjadi seorang dewi raksasa sampai pada akhirnya diputuskan oleh Perancis untuk diberikan kepada Amerika sebagai hadiah dan pengingat akan perjuangan demokrasi bagi negaranya sendiri.

Bukan Murni Karya Dalam Negeri Amerika Serikat

Edouard de Laboulaye adalah seorang sejarawan Prancis yang memunculkan ide tentang monumen yang akan diberikan orang-orang Prancis kepada Amerika Serikat. Pada tahun 1870, Bartholdi yang juga merupakan pematung dari Prancis mulai merancang patung itu berdasarkan desain yang ada sebelumnya.
statue of liberty statue freedom | pixabay.com
Laboulaye pada akhirnya mengusulkan bahwa monumen besar harus diberikan sebagai hadiah dari Prancis ke Amerika Serikat. Hal ini sebagai tanda akan perayaan kemenangan serikat buruh dalam Revolusi Amerika dan penghapusan perbudakan yang terjadi. Di sisi lain, Laboulaye juga berharap hadiah patung itu akan menginspirasi orang-orang Perancis untuk memperjuangkan demokrasi negara mereka sendiri dalam menghadapi monarki di bawah Napoleon III.
ADVERTISEMENT

Warna Asli Patung Liberty Bukan Hijau

Tidak banyak yang tahu bahwa warna yang ada sekarang pada patung Liberty bukanlah warna aslinya yang ada sejak tahun 1886. Warna asli patung tersebut memudar lantaran terpapar langsung dengan lingkungan tempatnya sekarang.
Liberty, Statue, Sculpture | Pixabay.com
Patung Liberty sendiri memiliki infrastruktur besi sebagai penopang utamanya dan eksterior tembaga yang merupakan wajah aslinya. Warna ini tentunya berubah menjadi hijau karena proses oksidasi alami.
Hal ini awalnya dikhawatirkan karena pada beberapa kasus perubahan warna merupakan suatu indikasi kerusakan yang terjadi. Meskipun itu adalah tanda kerusakan, ternyata patina (lapisan hijau) yang terbentuk sekarang juga bertindak sebagai bentuk perlindungan dari kerusakan lebih lanjut. Namun walaupun patung ini tentu tetap memerlukan perawatan rutin untuk pencegahan lebih lanjut terhadap kerusakan.
ADVERTISEMENT

Makna Tujuh Ujung Lancip pada Mahkota Patung Liberty

Frédéric Auguste Bartholdi memikirkan sangat matang akan konsep pembuatan patung yang menjadi simbol yang sangat terkenal dari Amerika Serikat ini. Tidak banyak yang menyadari akan makna dari tiap sudut perancangan patung Liberty terutama makna yang terdapat pada mahkotanya.
statue of liberty new york landmark manhattan | pixabay.com
Mahkota patung Liberty sendiri tidak umum seperti layaknya mahkota lainnya. Jika dilihat dan hitung ada sekitar 7 ujung lancip yang menjulang dari patung tersebut. Tujuh paku atau ujung lancip di mahkota patung Liberty tersebut ternyata mewakili jumlah 7 samudera dan 7 benua yang ada di dunia. Hal ini dimaksudkan untuk menunjukkan konsep universal kebebasan yang menjadi makna utama dari patung tersebut.

Makna Kebebasan Patung Liberty

Selain memiliki nama panjang, ternyata patung ini juga adalah suatu simbol negara yang sangat kuat. Dalam bahasa Indonesia, Liberty mengandung arti kebebasan. Begitu pun dengan makna awal didirikannya patung ini sebagai tanda kebebasan Amerika Serikat.
america lady liberty | pixabay.com
Patung Liberty merupakan gambaran sosok wanita berjubah yang mewakili Libertas, seorang dewi kebebasan Romawi. Patung Liberty berdiri dengan obor di atas kepala yang dipegang dengan tangan kanannya serta tangan kiri membawa sebuah tabula ansata dengan tulisan Romawi yang menggambarkan tanggal Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat, "JULY IV MDCCLXXVI" (Juli 4, 1776).
ADVERTISEMENT
Patung itu menjadi ikon kebebasan dan Amerika Serikat dan merupakan pemandangan yang ramah bagi para imigran yang datang dari luar negeri. Patung ini sendiri memiliki nama panjang "Liberty Enlightening the World" sebagai makna bahwa kebebasan Amerika yang mencerahkan seluruh dunia.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan