Tekno & Sains
·
17 Oktober 2020 16:15

Sains Di Balik Mimpi Buruk Ketika Demam

Konten ini diproduksi oleh Lampu Edison
Sains Di Balik Mimpi Buruk Ketika Demam (105812)
Ilustrasi ketika demam. Gambar disediakan oleh Pixabay
Pernahkah kamu mengalami mimpi buruk atau aneh ketika demam atau ketika sedang sakit? Apakah ini sekedar sugesti? Adakah penjelasan ilmiahnya? Ternyata ada berbagai alasan yang dapat menerangkan mengapa kita mengalami mimpi buruk atau mimpi aneh ketika sedang sakit terutama jika kita sedang demam.
ADVERTISEMENT
Mimpi dalam tidur kita
Secara umum, dalam kondisi normal orang dewasa akan mengalami empat atau enam siklus tidur sepanjang malam. Siklus tidur ini terdiri dari dua tahapan berbeda yakni Non-Rapid Eye Movement (NREM) atau periode tidur tanpa adanya pergerakan mata secara agresif dan tahapan Rapid Eye Movement (REM) atau tahapan saat kita bermimpi. Empat sampai enam siklus tidur yang terjadi dalam satu malam yang menyebabkan kita terkadang bermimpi yang berbeda-beda dan tidak berkaitan satu sama lain.
Sains Di Balik Mimpi Buruk Ketika Demam (105813)
Tertidur lelap. Gambar oleh Daniela Dimitrova dari Pixabay
Tahapan NREM sendiri dibagi menjadi 3 tahapan berbeda yang sesuai dengan urutan saat kita hendak tidur. Yakni saat mulai akan tidur dimana kita masih setengah terjaga, kemudian tahapan ketika kita akan terlelap hingga tahapan NREM akhir ketika kita telah tertidur lelap, yang mana gelombang yang dipancarkan oleh otak juga berbeda-beda pada ketiga tahap NREM ini.
ADVERTISEMENT
Sedangkan tahap REM adalah periode tidur kita saat kita bermimpi. Saat kita bermimpi kerja otak menjadi lebih aktif, kemudian tarikan nafas dan detak jantung menjadi lebih cepat, pergerakan mata yang agresif dan peningkatan tekanan darah. Hal inilah yang menyebabkan tahapan bermimpi ini dinamakan Rapid Eye Movement, karena ada aktivitas aktif gerak mata dalam tidur ketika kita bermimpi
Demam adalah cara tubuh menyerang infeksi
Ketika tubuh terserang suatu penyakit yang disebabkan baik oleh serangan virus, maupun bakteri, tubuh secara alami akan meningkatkan suhunya untuk melawan infeksi atau serangan yang masuk. Peningkatan suhu ini merupakan mekanisme alami sistem imun tubuh dalam melawan infeksi.
Sains Di Balik Mimpi Buruk Ketika Demam (105814)
Suhu tubuh meningkat ketika sakit. Gambar oleh Polina Tankilevitch dari Pexels
Bagian tubuh yang mengontrol peningkatan suhu adalah hypothalamus yang mengirimkan sinyal untuk meningkatkan suhu tubuh untuk memerangi patogen yang masuk dalam tubuh. Sedangkan peningkatan suhu tubuh sendiri menyebabkan gangguan tidur seperti insomnia ataupun mimpi buruk. Hal ini disebabkan karena bagian otak yang sama yang mengontrol peningkatan suhu tubuh juga bertugas untuk meregulasi tubuh ketika tidur. Menurut Michele Roberge, pakar neurodiagnostik dari Parrish Sleep Disorder Center, ketika hipotalamus meregulasi peningkatan suhu tubuh untuk melawan infeksi akan ada gangguan dalam tidur kita yang sering terjadi berupa mimpi buruk
ADVERTISEMENT
Mimpi buruk ketika demam
Berdasarkan penelitian yang dimuat dalam International Journal of Dreams Research, Michael Schredl dan timnya menyatakan 94 persen dari responden penelitian itu menyebutkan bahwa mimpi yang mereka alami ketika sakit adalah mimpi buruk. Mimpi yang dialami pada saat demam dinilai oleh sebagian besar orang dan responden penelitian sebagai mimpi yang menguras emosi, bersifat aneh hingga menakutkan.
Sains Di Balik Mimpi Buruk Ketika Demam (105815)
Ilustrasi mimpi buruk ketika demam. Gambar oleh Ivan Oboleninov dari Pexels
Dalam penelitian terkini yang dilakukan oleh Michael Schredl dan Daniel Erlacher secara online yang diterbitkan dalam Theoretical and Philosophical Psychology menyebutkan dari 164 orang yang diwawancarai 100 orang menyebutkan mereka mengalami mimpi buruk ketika demam. Dan para responden menyebutkan mimpi yang mereka alami tersebut terasa lebih buruk daripada mimpi pada kondisi normal. Michael Schredl dan Daniel Erlacher juga lebih lanjut menyebutkan alasan yang sama mengapa mimpi buruk terjadi pada saat kita sedang sakit dan tubuh kita sedang demam, yakni saat otak sedang bekerja untuk melawan infeksi, fungsi lain yang seharusnya dilakukan menjadi terganggu. Inilah yang menyebabkan mimpi buruk.
ADVERTISEMENT
Bisakah kita mengurangi mimpi buruk ketika demam?
Mungkin tidak ada cara pasti anti gagal yang dapat menghindarkan kita bermimpi buruk pada saat demam, namun cara-cara berikut ini dapat membantu mengontrol suhu tubuh yang menjadi penyebab mimpi buruk, yakni memperbanyak istirahat, minum banyak air, mandi air hangat, makan makanan yang mudah dicerna dan konsultasi pada tenaga kesehatan untuk mengobati sumber sakitnya. Selain itu ketika berobat kita biasanya diberikan obat penurun panas atau obat untuk menanggulangi rasa sakit seperti paracetamol atau ibuprofen. Kedua obat ini salah satunya dapat dikonsumsi sesuai dengan anjuran dokter untuk mengurangi gejala demam yang tidak nyaman.
Sains Di Balik Mimpi Buruk Ketika Demam (105816)
Meminum obat sesuai anjuran dokter dan tenaga kesehatan. Gambar oleh Polina Tankilevitch dari Pexels
Sumber: 1, 2, dan 3.
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white