• 0

USER STORY

Arti Sekolah dalam Bahasa Yunani

Arti Sekolah dalam Bahasa Yunani


Jika ditarik ke belakang berdasarkan sejarah asal katanya, “school” atau sekolah berasal dari bahasa Yunani “skhole” yang artinya “free time” (waktu senggang). Kata ini juga mencakup pengertian “dengan cara apa waktu luang dimanfaatkan.”
Namun kemudian berkembang menjadi “sekelompok orang yang diberikan pengajaran.” Sejak hadirnya zaman Klasik Kuno, kata sekolah memiliki konsep sebagai berkumpulnya murid-murid di lokasi tertentu untuk belajar.
Agaknya terjadi penyempitan makna pada kata sekolah, karena pada dasarnya waktu luang dapat diisi dengan berbagai macam kegiatan yang disenangi. Hal ini juga didukung munculnya sekolah-sekolah di masa Yunani Kuno, Roma, India, hingga Cina.
Kata sekolah juga diserap ke dalam bahasa Latin, scola, menjadi bermakna tempat atau institusi yang memberikan pengajaran dalam bidang tertentu. Hingga saat ini pun, arti sekolah semakin jauh dari makna aslinya, terlebih sekolah kini tidak hanya sebagai tempat mendapatkan ilmu atau pengajaran, tetapi diperketat dengan sistem-sistem yang kurang memberi kebebasan dalam belajar.

Sekolah

Sekolah (Foto: Pixabay)


SainsLampu EdisonSekolahBahasa

presentation
500

Baca Lainnya