Tekno & Sains
·
15 Oktober 2020 11:43

Tak Hanya Mempercantik Ruangan, Ini Manfaat Tanaman Hias Bagi Kesehatan

Konten ini diproduksi oleh Lampu Edison
Tak Hanya Mempercantik Ruangan, Ini Manfaat Tanaman Hias Bagi Kesehatan (101838)
Tanaman hias | Gambar oleh Leonardo Iheme dari Pixabay
Tanaman telah lama digunakan untuk memperindah ruangan. Diawali oleh orang Yunani dan Romawi yang mulai membawa tanaman mereka ke dalam ruangan, tanaman hias kini menjadi salah satu item dekorasi ruangan yang banyak diminati.
ADVERTISEMENT
Dilansir dari situs treehugger, selain memberikan kesan indah dan segar, tanaman hias ternyata memiliki manfaat yang penting bagi kesehatan. Apa saja manfaatnya?

1. Meningkatkan oksigen di dalam ruangan

Tak Hanya Mempercantik Ruangan, Ini Manfaat Tanaman Hias Bagi Kesehatan (101839)
Tanaman meningkatkan kadar oksigen ruangan | Gambar dari pxfuel (https://www.pxfuel.com/en/free-photo-jmcgw)
Berbeda dengan mekanisme bernapas manusia, selama fotosintesis, tumbuhan menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen ke lingkungan. Dengan demikian, produk yang dikeluarkan tanaman ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan kadar oksigen yang dibutuhkan manusia.
Namun, saat fotosintesis berhenti di malam hari, sebagian besar tumbuhan akan berbalik menyerap oksigen serta melepaskan karbon dioksida, kecuali beberapa tanaman, seperti anggrek, sukulen, dan bromeliad epifit. Jadi, gunakan tanaman ini di kamar tidur untuk menjaga oksigen tetap mengalir di malam hari.

2. Melembabkan udara dan mencegah penyakit

Tak Hanya Mempercantik Ruangan, Ini Manfaat Tanaman Hias Bagi Kesehatan (101840)
Tanaman hias mampu meningkatkan kelembapan ruangan | Gambar oleh Karolina Grabowska dari Pixabay
Di alam bebas, akar tanaman bertugas menyerap air tanah, yang nantinya akan menguap melalui daun dalam proses transpirasi. Penelitian menunjukkan bahwa proses ini menyumbang sekitar 10 persen kelembaban di atmosfer.
ADVERTISEMENT
Hal yang sama juga terjadi di rumah, artinya dengan menempatkan tanaman hias di dalam rumah, dapat meningkatkan kelembapan ruangan. Ini penting sekali, khususnya bagi kalian yang tinggal di daerah yang beriklim kering.
Sebuah studi dari the Agricultural University of Norway menemukan bahwa tanaman di dalam ruangan akan mengurangi risiko kulit kering, pilek, sakit tenggorokan, dan batuk kering. Penelitian lain mengungkapkan bahwa kelembapan absolut yang lebih tinggi dapat menurunkan viabilitas dan penyebaran virus flu.

3. Tanaman hias efektif membersihkan polutan

Tak Hanya Mempercantik Ruangan, Ini Manfaat Tanaman Hias Bagi Kesehatan (101841)
Peace lily atau lili perdamaian diketahui efektif menyerap polutan dalam ruangan | Gambar oleh mfiol dari Pixabay
Udara di dalam ruangan belum tentu terbebas dari polutan. Mengutip dari situs sehatq, polusi udara dalam ruangan dapat meningkatkan risiko penyakit, misalnya penyakit jantung iskemik, stroke, penyakit paru-paru kronis, infeksi pernapasan pada anak-anak, serta kanker paru-paru.
ADVERTISEMENT
Penelitian yang dilakukan oleh badan antariksa Amerika Serikat (NASA) menemukan bahwa tanaman berperan penting dalam peningkatan kualitas udara ruangan. Daun dan akar tanaman berperan menghilangkan uap beracun kadar rendah dari dalam gedung yang tertutup rapat.
Peace lily atau lili perdamaian misalnya, efektif untuk menyerap benzena, formaldehida (formalin), dan karbon monoksida sehingga dapat menjadi pilihan yang tepat untuk ruangan.
Selain peace lily, ada beberapa tanaman lain yang mampu menghilangkan polutan dalam ruangan, contohnya Sirih gading (Scindapsus aures), Ivy Inggris (Hedera helix), Krisan (Chrysantheium morifolium), Barberton daisy (Gerbera jamesonii), Lidah mertua (Sansevieria trifasciata 'Laurentii'), Palem bambu (Chamaedorea sefritzii), Azalea (Rhododendron simsii), Dracaena tepi merah (Dracaena marginata), Lili Paris atau tanaman laba-laba (Chlorophytum comosum)
ADVERTISEMENT

4. Mempercepat penyembuhan

Tak Hanya Mempercantik Ruangan, Ini Manfaat Tanaman Hias Bagi Kesehatan (101842)
Tanaman hias dapat menjadi terapi untuk mempercepat pemulihan | Gambar oleh Karolina Grabowska dari Pixabay
Membawa bunga atau tanaman saat mengunjungi pasien rumah sakit mungkin merupakan hal klise, tetapi tanaman diketahui efektif dalam membantu pemulihan pasien pasca operasi. Satu penelitian merekomendasikan tanaman sebagai obat pelengkap noninvasif, murah, dan efektif untuk pasien bedah.
Sementara itu, Studi yang dilakukan di Kansas State University, menemukan bahwa melihat tanaman selama masa pemulihan dari operasi menyebabkan peningkatan respons fisiologis yang signifikan. Hal ini dibuktikan dengan tekanan darah sistolik yang lebih rendah, dan tingkat nyeri, kecemasan, dan kelelahan yang lebih rendah dibandingkan dengan pasien tanpa tanaman di dalam kamarnya.
Teknik lain untuk mempercepat waktu pemulihan adalah terapi hortikultur dimana pasien diminta untuk merawat tanaman. Diketahui bahwa pasien pasca operasi yang melakukan interaksi fisik dengan tanaman, secara signifikan memiliki masa pemulihan yang lebih cepat.
ADVERTISEMENT

5. Meningkatkan konsentrasi, daya ingat dan produktivitas

Tak Hanya Mempercantik Ruangan, Ini Manfaat Tanaman Hias Bagi Kesehatan (101843)
Tanaman hias dalam ruangan diketahui mampu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat | Gambar oleh LUM3N dari Pixabay
Sejumlah penelitian telah mengungkapkan bahwa belajar atau bekerja di sekitar tanaman dapat memiliki efek yang cukup dramatis. Penelitian dari Norwegian University of Life Sciences menemukan bahwa berada di sekitar tanaman mampu meningkatkan konsentrasi, daya ingat, dan produktivitas.
Peneliti meyakini bahwa pekerjaan yang dilakukan di bawah pengaruh alami tanaman hias, biasanya berkualitas lebih tinggi dan diselesaikan dengan tingkat akurasi yang jauh lebih tinggi dibandingkan yang dilakukan di lingkungan tanpa tanaman.
Sejalan dengan penelitian tersebut, studi dari University of Michigan juga membuktikan bahwa lingkungan yang diciptakan oleh tanaman mampu meningkatkan retensi memori hingga 20 persen.
Wah, ternyata banyak juga manfaat tanaman hias. Jadi, tidak ada salahnya untuk menambahkan beberapa jenis tanaman ke dalam dekorasi ruangan kalian.
ADVERTISEMENT
Sumber:
https://www.treehugger.com/health-benefits-houseplants-4858716
https://journals.ashs.org/hortsci/view/journals/hortsci/42/3/article-p581.xml
https://www.idntimes.com/science/discovery/fatma-roisatin-nadhiroh/manfaat-bunga-peace-lily-c1c2/5
https://www.sehatq.com/artikel/jarang-disadari-tanaman-dalam-ruangan-bermanfaat-bagi-kesehatan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white