kumparan
KONTEN PUBLISHER
26 Februari 2019 18:36

5 Film yang Memilih Lokasi Shooting Di Lampung

756f55f8-38b3-4cac-92e0-346be5adb5a1.jpg
Keindahan Gunung Anak Krakatau pada film The Nekad Traveler | foto: ist.
Lampung Geh, Bandar Lampung - Lampung merupakan sebuah provinsi yang masuk ke dalam area Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel), sekaligus berperan sebagai gerbang Sumatera dengan adanya pelabuhan Bakauheni di Lampung Selatan.
ADVERTISEMENT
Dikelilingi oleh lautan Selat Sunda, membuat Lampung memiliki panorama alam yang indah dan menyejukkan mata. Sebut saja Gunung Anak Krakatau dengan eksotika gunung berapi lautnya, Teluk Kiluan sebagai area migrasi lumba-lumba hidung botol, hingga Pulau Pahawang dengan keindahan terumbu karangnya.
infografis film.jpg
Infografis "5 Film yang Lokasi Shooting-nya di Lampung" | Foto : M Adita Putra
Pada kesempatan ini, Lampung Geh mencoba untuk merangkum lima film Indonesia yang menampilkan keindahan panorama alam bumi tapis berseri tercinta sebagai latar belakang cerita. Berikut ulasannya:
1. The Nekad Traveler (2017)
Tayang di bioskop pada Maret 2017 silam, film ini diadaptasi langsung dari cerita buku karangan Trinity berjudul The Naked Traveler yang saat ini sudah masuk seri ke sembilan.
Film garapan sutradara Rizal Mantovani ini, berkisah tentang seorang wanita pekerja kantoran (diperankan oleh Maudi Ayunda) yang sangat gemar traveling. Hampir setiap cuti kantor, pasti akan dimanfaatkannya untuk jalan-jalan sekalipun hanya sehari.
ADVERTISEMENT
Pengalaman traveling-nya itu, lalu dituliskan lewat blog bernama nekad-traveler.com. Wisata Lampung yang turut memanjakan mata penontonnya yaitu pantai bertebing tinggi nan eksotis Gigi Hiu, gunung berapi aktif yang lokasi di tengah laut Anak Gunung Krakatau dan kehidupan gajah Sumatera di Taman Nasional Way Kambas.
Film ini layak sekali ditonton, khususnya untuk kamu yang butuh referensi jalan-jalan karena selain di Lampung film ini juga mengambil lokasi shooting di tebing Ramang Ramang, Sulawesi Selatan dan Maldives.
2. Filosofi Kopi 2 (2017)
Merupakan sekuel dari Film Filosofi Kopi, dan disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko, film ini memilih lokasi shooting di tiga kota yang berbeda, salah satunya di Lampung.
Pada film yang dibintangi oleh sederet aktor dan aktris papan atas seperti. Luna Maya (sebagai Tarra), Nadine Alexandra (sebagai Sabrina), Chicco Jerico (sebagai Ben) serta Rio Dewanto (sebagai Jody).
ADVERTISEMENT
Dalam cerita film ini, Liwa dengan eksotika perkebunan kopi yang lokasinya di Kabupaten Lampung Barat disebut-sebut sebagai tempat tinggal Papa Ben. Di tempat inilah Papa Ben melakukan sesuatu yang disiapkan untuk Ben kelak.
1485e3ba-ccf2-4572-86db-ac8bbd906659.jpg
Pemetik kopi di perkebunan kopi daerah Liwa, Lampung Barat | foto: ist.
Seperti yang masyarakat Lampung ketahui Lampung Barat merupakan salah satu penghasil kopi unggulan di Provinsi Lampung. Bahkan di daerah pegunungan yang berhawa dingin itu setiap tahunnya rutin digelar Festival Kopi Lampung Barat.
3. Keira (2018)
Film thriller garapan sutradara Harry Dagoe Suharyadi itu berkisah tentang seorang gadis Lampung bernama Keira (diperankan oleh Angelica sSmperler) yang memiliki tujuh kepribadian berbeda.
Film dengan durasi 84 menit karya Tu7uh Rumah produksi ini mengambil latar tempat Pulau Mahitam yang berada di Teluk Ratai, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran. Hal yang paling unik dari pulau ini adalah keberadaan pasir timbulnya yang pada saat air surut memberi kesan seperti laut terbelah dua.
ADVERTISEMENT
Selain pariwisata, film tersebut menampilkan Jalan Tol Trans Sumatera di Lampung yang baru selesai dibangun dan pengambilan gambar juga dilakukan di Rumah Sakit Bandar Negara Husada, Kecamatan Jati Agung, Lampung Selatan dan di dalam Kota Bandar Lampung.
d3473300-e15e-4deb-bd7a-8a36c933939b.jpg
Kota Bandar Lampung tampak atas dalam film Keira | foto: ist.
Dalam film ini, Muhammad Ridho Ficardo, selaku Gubernur Lampung turut mengambil bagian dengan berperan sebagai polisi yang menangani kasus pembunuhan yang dilakukan oleh Keira.
4. Wahana Rumah Hantu (2018)
Digarap oleh sutradara Anto Lupus, film Wahana Rumah Hantu ini mengambil 90% lokasi shooting di Lampung. Bahkan pemerannya pun diambil dari aktris asal Lampung, di antaranya Michelle Masayu dan Fanny Maharani.
Film buatan Komando Productions dan Swarna Productions ini bercerita tentang petualangan misteri sejumlah remaja. Selain unsur horor dipadu pula unsur roman dan komedi di dalamnya.
ADVERTISEMENT
Lokasi yang digunakan dalam shooting film ini antara lain Pulau Pahawang, Kecamatan Punduh Pidada, Taman Wisata dan Satwa Lembah Hijau, hingga Sekolah Baitul Jannah. Bahkan kepala desa Pagar Jaya dan kepala Sekolah Baitul Jannah turut mendapatkan peran di film itu.
19a07fbf-1dcb-4187-959a-619c4edb59f7.jpg
Keindahan panorama Pantai Gigi Hiu dalam film 11.11 Apa yang Kau Lihat | foto: ist.
5. Film 11.11. Apa yang Kau Lihat? (2019)
Jika keempat judul film di atas sudah tidak lagi bisa ditonton di bioskop kesayangan, lain halnya dengan daftar film yang berlokasi shooting di Lampung yang satu ini.
Film bergenre horor ini masih bisa kita semua nikmati di bioskop terdekat. Tayang sejak 21 Februari 2019 silam, film ini menyuguhkan cerita horor berbeda dengan mengeksplorasi misteri bawah laut beserta segala keunikan dan keindahannya.
ADVERTISEMENT
Hampir 80% penggarapannya dilakukan di Lampung, pada film ini akan ditemukan pemandangan indah setiap sudut Pantai Gigi Hiu, dan juga Pulau Pahawang Kecil dengan resort eksotis ala Maldives hingga sudut gerai kopi terkenal di Bandar Lampung.
Nah, demikian deretan film yang berlokasi shooting dan menyajikan panorama keindahan pariwisata di Provinsi Lampung dalam frame-nya. (*)
Laporan reporter Lampung Geh Latifah Desti Lustikasari
Editor : M Adita Putra
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan