News
·
26 Desember 2019 10:13

Itera Siapkan 11 Teleskop Untuk Pengamatan Gerhana Matahari di Lampung

Konten ini diproduksi oleh Lampung Geh!
Itera Siapkan 11 Teleskop Untuk Pengamatan Gerhana Matahari di Lampung (1923)
Persiapan pengamatan fenomena gerhana matahari di lingkungan kampus Itera Lampung, Kamis (26/12) | Foto : Humas Itera
Lampung Geh, Lampung Selatan - Institut Teknologi Sumatera (Itera) pagi ini telah menyiapkan sedikitnya 11 teleskop guna pengamatan fenomena solar eclips (gerhana matahari) yang terjadi hari ini, Kamis (26/12).
ADVERTISEMENT
Menurut penuturan Rudi dari Humas Itera mengatakan bahwa telah disiapkan 11 teleskop untuk pengamatan fenomena gerhana matahari yang berlokasi di pelataran Gedung A Kampus Itera.
"Ada 11 teleskop yang sudah disiapkan oleh Tim Observatorium Astronomi Itera Lampung (OAIL). Namun yang dipakai untuk umum hanya 10 teleskop, karena 1 teleskop khusus digunakan untuk streaming video ke Youtube," jelas Rudi saat ditemui Lampung Geh di Aula C kampus Itera.
Selain itu juga disediakan kacamata khusus untuk melihat fenomena gerhana yang dapat dipinjam atau dapat dibeli dari pihak UPT OAIL.
Itera Siapkan 11 Teleskop Untuk Pengamatan Gerhana Matahari di Lampung (1924)
Suasana di pelataran Gedung A kampus Itera jelang pengamatan fenomena gerhana matahari, Kamis (26/12) | Foto : Sidik Aryono/ Lampung Geh
Fenomena gerhana matahari yang terjadi pada kali ini adalah gerhana matahari cincin. Namun dari wilayah Lampung tidak dapat melihat fenomena gerhana matahari cincin secara total, melainkan hanya sebagian saja.
Itera Siapkan 11 Teleskop Untuk Pengamatan Gerhana Matahari di Lampung (1925)
Beberapa pengunjung mencoba kacamata khusus untuk pengamatan fenomena gerhana matahari, Kamis (26/12) | Foto : Sidik Aryono Lampung Geh
"Untuk wilayah yang mengalami gerhana matahari cincin total itu di wilayah Sumatera bagian atas yaitu, Kota Sinabang, Sibolga, Padang Sidempuan, Siak, Batam, Tanjung Pinang, Singkawang, Entihong dan Tanjung Selor," jelas Robiatul Mustaba pada kuliah umum gerhana matahari di Aula C kampus Itera.
ADVERTISEMENT
Pengamatan fenomena gerhana matahari sebagian dari kampus Itera Lampung sekitar pukul 10.30 hingga pukul 14.30 WIB, gratis dan terbuka untuk umum. (*)