kumparan
search-gray
Bisnis7 Mei 2020 20:32

Kreativitas Brand Lokal Lampung Siasati Pandemi COVID-19 jadi Strategi Marketing

Konten Redaksi Lampung Geh
103f2f63-3af9-46f4-bb1d-ee047db73dfa.jpg
Don Aghiestio pemilik The Don's House | Foto : Don Aghiestio
Lampung Geh, Bandar Lampung - The Don's House, brand clothing asal Lampung ini menyiasati pandemi COVID-19, dengan strategi pemasaran yang cukup unik, yaitu dengan menggunakan istilah-istilah terkait COVID-19 seperti ODP dan PDP, Kamis (7/5)
ADVERTISEMENT
Pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini memang telah melumpuhkan berbagai macam sektor, terutama dunia usaha. Pasalnya, karena pandemi ini, kegiatan di luar rumah diminimalisir, sehingga mulai belajar dari rumah, hingga belajar dari rumah.
Hal ini tentunya menguras daya beli masyarakat, khususnya transaksi secara langsung atau offline. Dan salah satu yang terdampak di Lampung adalah sektor usaha clothing atau pakaian. Sebut saja The Don's House yang sudah berdiri sejak 2009. The Don's House merupakan salah satu clothing yang sedang naik daun di Lampung ini juga terdampak pandemi COVID-19. Ahmad Nughis atau yang akrab dengan sapaan Don Aghiestio, yakni pemilik The Don's House mengatakan bahwa usahanya itu mengalami penurunan omzet hingga 50 persen.
ADVERTISEMENT
"Sangat terdampak, khususnya di toko offline. Dari akhir Maret sampai sekarang, di toko offline mengalami penurunan hingga 55 persen dari biasanya. Namum ada kenaikan di online hingga 80 persen. Dan secara keseluruhan income-nya memang mengalami penurunan hingga 50 persen," jelas pria
Karena di sisi online mengalami kenaikan penjualan, maka ia membuat terobosan untuk lebih menggaet konsumen dengan memanfaatkan isu-isu COVID-19 yang sedang familiar saat ini.
2511887d-18bd-4682-841b-e40d2ee6d7cc.jpg
COVID-19 ala The Don's House atasi momok di tengah pandemi | Foto : Instagram The Don's House
"Dalam rangka mendukung pemerintah untuk memerangi pandemi corona, memang kita diminta untuk meningkatkan penjualan secara online. Maka The Don's House membuat tema besar kampanye diskon shop from home bertema COVID-19. Yang mana COVID-19 merupakan singkatan dari Complete Virtual Discount 19 Days, yang dimulai dari tanggal 1-19 Mei 2020," ungkap Don Aghiestio.
ADVERTISEMENT
Dia mengatakan bahwa selama ini COVID-19 menjadi momok di masyarakat. Maka dia ingin mengemas bagaimana COVID-19 tidak selalu menjadi momok yang cukup menyeramkan. Justru COVID-19 ala The Don's House ini akan dicari orang, bukan ditakuti.
Dan di COVID-19 ala The Don's House ini menawarkan menu yang cukup menarik, yaitu ODP dan PDP. Eits, tapi bukan istilah ODP dan PDP yang selama ini beredar di tengah pandemi COVID-19 loh. Menu PDP di sini adalah singkatan dari Pesta Diskon Per-item, jadi semua item mulai dari kaos sampai topi itu sudah ada diskonnya per item.
a61a3ad0-c5aa-40b2-ad26-e328ccab50c6.jpg
Menu PDP ala The Don's House | Foto : Instagram @thedonshouse
"Sedangkan Menu ODP sendiri adalah singkatan dari Outfit Diskon Package. Di menu ODP ini diskonnya per-paket, mulai dari Paket 1 sampai Paket 6. Di ODP ini menawarkan harga yang lebih murah dibanding PDP, karena harga dihitung per paket. Jadi tersedia pilihan dari paket 1 sampai 6 sesuai pilihan kita. Dan pilihanya pembeli yang menentukan, sesuai dengan kategori item di setiap paketnya," tambahnya.
d2cac87a-991d-4ea3-b8ee-9b3d85e00eb6.jpg
Menu ODP ala The Don's House | Foto : Instagram @thedonshouse
Dan di tengah badai COVID-19 yang berdampak pada sebagian sektor usaha ini, Teh Don's House masih bisa bertahan melalui penjualan online. Hingga saat ini pun tidak ada karyawan yang di-PHK atau dirumahkan.
ADVERTISEMENT
"Dari 5 toko yang ada, kita memiliki 22 orang karyawan. Alhamdulillah tidak ada yang dirumahkan dan tidak ada yang di-PHK. Kita juga berkomitmen akan tetap memberikan gaji penuh, THR, uang lembur dan bonus. Karena online kita cukup meningkat, perharinya bisa 150 hingga 250, dan kemungkinan masih ada peningkatan menjelang Hari Raya Idul Fitri," tutur Don Aghiestio.
The Don's House saat ini ada 5 toko offline, yakni 3 toko di Kota Bandar Lampung, 1 toko di Kota Metro, dan 1 toko di Kabupaten Pringsewu. Untuk katalog dapat di ihat di akun Instagram @thedonshouse. Pemesanan dapat dilakukan via WhatsApp atau di marketplace Shopee.
Terobosan The Don's House di tengah pandemi COVID-19 cukup jitu. Dimana banyak sektor usaha yang collapse dalam situasi ini, The Don's House mampu bertahan justru dengan isu-isu populer COVID-19. Hal ini menunjukkan bahwa pandemi COVID-19 tidak selamanya buruk, namun, manusianya yang harus menyesuaikan dengan keadaan, dan bukan mengabaikan, apalagi meremehkan virus mematikan ini. (*)
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white