News
·
30 Mei 2019 22:41

Mengintip Fasilitas Keren KA Stainless Steel di Stasiun Tanjungkarang

Konten ini diproduksi oleh Lampung Geh
Mengintip Fasilitas Keren KA Stainless Steel di Stasiun Tanjungkarang (118977)
KA Stainless Steel (Sriwijaya Premium) | Foto : Dimas Prasetyo/Lampung Geh
Lampung Geh, Bandar Lampung - Sudah memasuki arus mudik Lebaran Tahun 2019, PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional (Divre) IV Tanjungkarang mendatangkan kereta baru dengan berbagai fasilitas keren.
ADVERTISEMENT
Kereta Api Sriwijaya Premium kini hadir untuk menunjang angkutan lebaran dengan rute Tanjungkarang, Lampung-Kertapati, Palembang.
Manager Humas PT. KAI Divre IV Tanjungkarang, Sapto Hartoyo mengatakan, KA yang baru beroperasi sejak 26 Mei 2019 ini memiliki body berbeda dari kereta lainnya.
"Ini datang kereta stainless steel, jadi body keretanya terbuat dari stainless tidak berkarat. Kebetulan juga ini dipakai untuk angkutan lebaran," ungkapnya kepada Lampung Geh, Kamis (30/5).
Pria yang biasa disapa Sapto tersebut menjelaskan, pada kereta ini memiliki beberapa fasilitas yang baru untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang.
"Memang ini ada perbedaan, kalau di gerbong ekonomi itu ada lubang headset-nya untuk mendengarkan suara TV. Jadi kalau mau dengar suara TV tinggal colok headset di lubang headset yang di kursi penumpang," jelas dia.
Mengintip Fasilitas Keren KA Stainless Steel di Stasiun Tanjungkarang (118978)
Lubang headset untuk mendengarkan suara TV penumpang di KA Stainless Steel (Sriwijaya Premium) | Foto : Dimas Prasetyo/Lampung Geh
Selain itu, kapasitas gerbong pada kelas ekonomi di KA Sriwijaya Premium ini hanya menampung 80 penumpang, sehingga setiap kursi lebih dipastikan lebih lega.
ADVERTISEMENT
"Kalau yang lama itu kan 120 kursi. Lalu perbedaan soal tempat duduk, kalau yang lama itu tidak bisa di reclining seat (direbahkan), tapi kalau yang ini bisa. Jadi yang ini pasti lebih nyaman," tutur Sapto.
Dari segi keamanan, kereta ini juga dilengkapi beberapa CCTV untuk meminimalisir tindak kejahatan atau kehilangan barang penumpang.
Mengintip Fasilitas Keren KA Stainless Steel di Stasiun Tanjungkarang (118979)
Fasilitas keamanan CCTV di KA Stainless Steel (Sriwijaya Premium) | Foto : Dimas Prasetyo/Lampung Geh
"Dulu di ekonomi tidak ada CCTV, kalau sekarang semua gerbong ada CCTV nya. Jadi kalau ada orang yang mengambil barang itu bisa bisa langsung dilihat dari CCTV. Ini fasilitas baru yang ada," terangnya.
Meski demikian, pihak PT. KAI Divre IV Tanjungkarang tetap menyiapkan petugas untuk membantu pengamanan di dalam kereta.
"Kalau petugas selalu siap, ada Polsuska (Polisi Khusus Kereta Api) 2 personel di setiap kereta yang bertugas mobile di setiap gerbong," urai dia.
ADVERTISEMENT
Berbeda halnya pada kelas eksekutif, pada gerbong ini telah dilengkapi berbagai fasilitas tambahan seperti lampu baca, footrest (pijakan kaki), 4 televisi, meja makan di setiap kursi penumpang dan kursi yang bisa diputar berhadapan.
Mengintip Fasilitas Keren KA Stainless Steel di Stasiun Tanjungkarang (118980)
Fasilitas lampu baca di kelas eksekutif KA Stainless Steel (Sriwijaya Premium) | Foto : Dimas Prasetyo/Lampung Geh
"Kalau yang ini kapasitasnya cuman 50 kursi, pasti lebih lega lagi. Memang perjalanan jauh lebih enak pakai kelas yang ini karena dari segi bangku saja sudah pasti lebih nyaman," beber Sapto.
KA ini juga telah dilengkapi mushola, toilet duduk atau jongkok dan alat pemadam kebakaran.
Setidaknya, KA Sriwijaya Premium ini mampu menampung 660 penumpang dalam satu kali perjalanan.
Mengintip Fasilitas Keren KA Stainless Steel di Stasiun Tanjungkarang (118981)
Fasilitas footrest di kelas eksekutif KA Stainless Steel (Sriwijaya Premium) | Foto : Dimas Prasetyo/Lampung Geh
"Karena kereta ini memiliki 2 gerbong eksekutif, 7 gerbong ekonomi, 1 gerbong makan dan 1 gerbong pembangkit," katanya.
Fungsi gerbong pembangkit itu sendiri sebagai penyedia arus listrik untuk fasilitas penumpang seperti, AC, lampu dan saklar listrik. Dengan berbagai fasilitas baru tersebut, tarif penumpang untuk kereta ini pun tidak mengalami kenaikan.
ADVERTISEMENT
"Harga KA Sriwijaya ini kalau kelas ekonomi Rp 120 ribu, kalau eksekutif Rp 160 ribu. Itu rute Tanjungkarang-Kertapati. Berangkat pukul 21.00 WIB sampai Kertapati pukul 05.00 WIB," ungkapnya.
Mengintip Fasilitas Keren KA Stainless Steel di Stasiun Tanjungkarang (118982)
Fasilitas kursi penumpang yang berhadapan di kelas eksekutif KA Stainless Steel (Sriwijaya Premium) | Foto : Dimas Prasetyo/Lampung Geh
Namun, saat ini pemesanan tiket di PT. KAI sudah dimudahkan dengan KAI Access yang bisa langsung diunduh melalui Google Playstore.
"Itu untuk mempermudah penumpang, jadi tidak harus datang ke stasiun. Kalau di stasiun kan jamnya dibatasi, dari jam 09.00 WIB sampai 16.00 WIB," tutupnya.(*)
---
Laporan reporter Lampung Geh Obbie Fernando
Editor M Adita Putra