News
·
13 Mei 2019 19:30

Perum Damri Siapkan 114 Bus untuk Angkutan Lebaran 2019

Konten ini diproduksi oleh Lampung Geh
Perum Damri Siapkan 114 Bus untuk Angkutan Lebaran 2019 (330872)
searchPerbesar
Armada Bus Damri di PO Damri Rajabasa, Bandar Lampung, Senin (13/5) | Foto : Obbie Fernando/Lampung Geh
Lampung Geh, Bandar Lampung - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah, Perum Damri Cabang Lampung sudah mempersiapkan 114 armada bus untuk Angkutan Lebaran Tahun 2019.
ADVERTISEMENT
Hal itu diungkapkan Manager Usaha Perum Damri Cabang Lampung, Elpohan bahwa ada dua jenis armada bus yang disiapkan yakni, Angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan Angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).
"Itu AKAP 78 bus dan AKDP 36 bus yang akan melayani trayek luar kota maupun dalam kota. Insyallah angkutan lebaran 2019 kita berjalan lancar," ungkap Elpohan saat ditemui Lampung Geh di kantornya, Senin (13/5).
Untuk Angkutan AKAP, Damri menyediakan beberapa rute yakni, Bandar Lampung-Jakarta, Bandar Lampung-Bandung, Bandar Lampung-Bekasi dan Bandar Lampung-Jogja. Sementara, pada Angkutan AKDP akan melayani rute Rajabasa-Gaya Baru, Rajabasa-Labuhan Maringgai dan Rajabasa-Way Abung.
"AKAP itu terbagi dalam 3 kelas layanan yaitu, Bisnis, Eksekutif dan Royal. Untuk Bisnis Class 40 kursi, Eksekutif Class 28 kursi, Royal Class sendiri ada 21 kursi," jelas dia.
ADVERTISEMENT
Perum Damri Cabang Lampung juga akan mendapat bantuan bus layanan Bisnis Class dari Perum Damri Cabang Bandara Soekarno-Hatta, sehingga tidak ada pembatasan pembelian tiket untuk kelas ini.
Perum Damri Siapkan 114 Bus untuk Angkutan Lebaran 2019 (330873)
searchPerbesar
Manager Usaha Perum Damri Cabang Lampung, Elpohan saat ditemui Lampung Geh, Senin (13/5) | Foto : Obbie Fernando/Lampung Geh
"Jadi kita ada terus tiketnya, kalau yang lainnya seperti Eksekutif dan Royal itu terbatas. Saat ini masih tersedia sekitar 60 persen tiket untuk 2 kelas itu," terangnya.
Saat ini tiket bus Damri sudah bisa dipesan melalui akses seperti website Damri, Traveloka maupun datang langsung ke loket pemasaran yang ada di Lampung.
"Langsung datang ke loket juga bisa seperti yang Kotabumi, Gayabaru, Unit II, Metro, Pringsewu, Kota Agung, Talang Padang. Untuk loket di yang KAI Tanjungkarang, kita mulai buka dari jam 7 sampai jam 10 malam," beber dia.
ADVERTISEMENT
Saat ini, sambung dia, sudah ada yang pesan untuk mudik lebaran sekitar 15 persen. "Paling banyak pesan untuk trayek Lampung-Jakarta," imbuhnya.
Ia memprediksi, peningkatan lonjakan arus mudik akan terjadi pada tanggal 29-30 Mei 2019 atau H-7 lebaran lantaran para pegawai negeri sipil (PNS) sudah mendapatkan libur.
"Maka akan kita tingkatkan pelayanan pasti, apalagi dengan tiket pesawat yang tinggi seperti ini rata-rata orang beralih ke angkutan darat. Ditambah lagi dengan adanya tol itu mempercepat kita sampai ke tujuan yang biasanya 7-8 jam, sekarang 5-6 jam Lampung-Jakarta sudah tembus," tandasnya.(*)
---
Laporan reporter Lampung Geh Obbie Fernando
Editor : M Adita Putra