Pencarian populer
PUBLISHER STORY

Festival Saribu Rumah Gadang di Solok Selatan Resmi Dimulai

Festival Saribu Rumah Gadang di Solok Selatan. (Irwanda/Langkan.id)

Langkan.id, Padang- Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat kembali menggelar Festival Saribu Rumah Gadang yang kedua. Festival ini menyajikan pelbagai atraksi kebudayaan dan kesenian tradisional khas Solok Selatan.

Festival yang berlangsung mulai 22-25 Maret 2019 ini digelar di kawasan objek wisata Saribu Rumah Gadang di Kabupaten Solok Selatan, dengan tema "Menjulang Kain Jolong.

"Untuk menampilkan adat istiadat dan budaya kami di Solok Selatan dengan motto yang dulunya 'manjampuik nan tatingga, mengumpuan nan taserak' (menjemput yang tertinggal, mengumpulkan yang terserak)," ujar Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria, Jumat malam (22/3).

Penyelenggaraan Festival Saribu Rumah Gadang tahun ini memang sedikit berbeda. Seperti pembukaan acara yang digelar pada malam hari, sekitar pukul 20.00 WIB. Ornamen lampu warna-warni dan obor api di sepanjang jalan menambah keindahan di kawasan Saribu Rumah Gadang.

Para pengunjung disuguhkan penampilan musik tradisional hingga tradisi silat. Prosesi makan bajamba dan arak-arakan pada malam itu menjadi pembuka dalam Festival Saribu Rumah Gadang ini.

"Banyak sekali ragam adat kami yang akan kami tampilkan dan Insya Alah bisa kita lihat. Untuk itulah kami (melalui festival) ini mengingat adat itu kembali dan kami tampilkan kembali dengan harapan akan kami laksanakan setiap tahunnya," kata Muzni.

Sehingga, kata dia, generasi selanjutnya akan menghormati dan memilihara festival budaya ini. Dan tentu mempunyai daya tarik sendiri dan akan berdampak terhadap ekonomi Solok Selatan.

"Dipastikan banyak kunjungan yang datang ke Solok Selatan terutama di kawasan Saribu Rumah Gadang yang sudah populer ini," sambungnya.

Pemerintah Kabupaten Solok Selatan mengklaim festival pertama berdampak terhadap kunjungan wisatawan di kawasan objek wisata Saribu Rumah Gadang. Hal ini juga diharapkan kembali terulang pada festival kedua kalinya ini.

Presiden Joko Widodo juga dijadwalkan akan mengunjungi Saribu Rumah Gadang pada April 2019 nanti. Namun, Pemerintah Kabupaten Solok Selatan menyebutkan pihak istana tengah menyusun jadwal.

Konseptor Festival Seribu Rumah Gadang, Hartati menyebutkan, melalui Festival Seribu Rumah Gadang ini, pihaknya ingin menggali kembali adat budaya dan kesenian yang ada. Sehingga dapat memperkuat pariwisata Solok Selatan.

Selain fokus menyedot perhatian wisatawan, Festival Saribu Rumah Gadang ini, juga untuk mengajak generasi muda mengenal kembali budaya yang ada di Solok Selatan.

Bahkan nanti, kata dia, seluruh pelajar dari taman kanak-kanak akan diajak berkeliling ke kawasan objek wisata Saribu Rumah Gadang dan empat unit museum pribadi untuk melihat benda-benda dan koleksi yang memiliki nilai sejarah tinggi.

"Festival Saribu Rumah Gadang ini akan memperkuat objek wisata Saribu Rumah Gadang sebagai brandingnya pariwisata di Kabupaten Solok Selatan," sebutnya.

Nah, Anda tertarik untuk berkunjung ke objek wisata Saribu Rumah Gadang? Yuk mampir ke Kabupaten Solok Selatan sekarang dan nikmati sajian kuliner, kesenian, dan budaya khas yang dipastikan akan membuat Anda terpukau.

Apalagi balutan alam nan indah dan sejuk menambah daya tarik selama berada di Kabupaten Solok Selatan. (Irwanda)

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Jumat,24/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23