kumparan
11 Jun 2018 19:29 WIB

Penumpang Mengaku Bawa Bom, Wings Air Padang-Jambi Tertunda 90 Menit

Langkan.id, Padang- Lelucon bom di pesawat kembali terjadi. Kali ini dilakukan NS, penumpang pesawat Wings Air 1293 rute Padang-Jambi pada Senin (11/6) sekitar pukul 16.02 WIB.
ADVERTISEMENT
Executive General Manager Angkasa Pura II Cabang Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Dwi Ananda Wicaksana, mengatakan pelaku lelucon bom di pesawat terjadi di Bandara Minangkabau. Pelaku diketahui berasal dari Aceh dan transit di Padang untuk menuju Jambi.
"Oknum pelaku merupakan abdi negara yang sedang melakukan mudik," kata Dwi, Senin (11/6).
Namun, Dwi enggan menjelaskan secara detail tentang identitas pelaku. Ia menjelaskan, pramugari menanyakan ke pelaku isi dus yang berada di sebelahnya. Kemudian pelaku menjawab bahwa dus itu berisi bom.
Pramugari itu pun langsung melapor ke kapten pilot. Kemudian semua penumpang, barang bawaan, dan kargo diturunkan dan diperiksa ulang. Pelaku pun langsung dibawa petugas keamanan untuk diperiksa lebih lanjut.
"Pelaku dibawa ke Posko Pengamanan Bandara oleh petugas Avsec untuk diamankan bersama dengan satuan TNI-Polri yang Bawah Kendali Operasi (BKO) di BIM," ujarnya.
ADVERTISEMENT
Dwi mengatakan, akibat kejadian ini penerbangan rute Padang-Jambi terpaksa ditunda selama 90 menit. Pesawat kembali diberangkatkan menuju Jambi setelah petugas menyatakan penumpang dan barang aman.
"Kami juga mengimbau kepada seluruh masyarakat, agar sesekali jangan pernah melakukan candaan bom khususnya di bandara, apalagi di pesawat udara. Karena itu jelas melanggar UU yang telah ditetapkan pemerintah," ujarnya.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan