kumparan
11 Mei 2019 11:20

Rekapitulasi Perolehan Suara Pemilu 2019 di Sumbar Molor

Proses rekapitulasi surat suara Pemilu 2019 tingkat Provinsi Sumatera Barat yang berlangsung di Hotel Pangeran Beach Padang. (Foto: Irwanda/Langkan.id)
Langkan.id, Padang - Rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2019 di Sumatera Barat telah sampai di tingkat provinsi. Rekapitulasi yang berlangsung sejak Rabu (8/5) lalu ini, menemukan sejumlah persoalan, sehingga membuat proses rekapitulasi molor dari waktu yang telah ditentukan.
ADVERTISEMENT
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Barat Amnasmen mengatakan dari rekapitulasi yang telah dilakukan untuk 13 daerah hingga Jumat malam (10/5), ada beberapa perbaikan data di tingkat KPU kabupaten dan kota.
"Hal yang diperbaiki itu peru adanya di-renvoi untuk from DB-nya. Hal ini berawal dari adanya teman-teman dari Bawaslu dan saksi menyampaikan adanya perbedaan data terhadap data Daftar Pemilih Khusus (DPK) dan Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPT-b)," jelasnya, Sabtu (11/5).
Menurutnya, hal tersebut ternyata menghabiskan banyak waktu, dan membuat rekapitulasi tidak bisa diselesaikan selama tiga hari, dari waktu yang telah ditentukan sebelumnya.
"Banyak perbaikan dan persoalan lainnya itu lah, sehingga kita tidak bisa menuntaskan rekapitulasi hingga malam tadi. Hari ini kita lanjutkan untuk enam daerah yang masih tersisa. Target kita, enam daerah ini selesai hari ini," tegasnya.
ADVERTISEMENT
Adapun 13 daerah yang telah rampung melakukan rekapitulasi di antaranya Kabupaten Pesisir Selatan, Sijunjung, Tanah Datar, Padang Pariaman, Agam, Mentawai, Solok, Dharmasraya. Selanjutnya Kota Solok, Padang Panjang, Pariaman, Sawahlunto, Bukittinggi.
Sedangkan untuk yang belum rekapitulasi dan hari ini ditargetkan tuntas, di antaranya Kabupaten Limapuluh Kota, Pasaman, Solok Selatan, Pasaman Barat, Kota Padang dan Payakumbuh. (Irwanda/M)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan