kumparan
search-gray
News11 Agustus 2019 22:20

Sapi Kurban di Padang Mengamuk, Seruduk Penjagal, lalu Berak di Masjid

Konten Redaksi Langkan
Sapi Kurban Ngamuk.jpg
Sapi kurban di Masjid Darul Muttaqin, Kota Padang, yang lepas dan mengamuk hingga berak di dalam masjid (Foto: Screenshot video amatir warga yang diterima Langkan.id)
Langkan.id, Padang - Seekor sapi kurban berwarna hitam di Masjid Darul Muttaqin, Kawasan Dadok Tunggul Hitam, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat, mengamuk dan menyeruduk tukang jagal hingga masuk ke dalam masjid, lalu berak.
ADVERTISEMENT
Informasi awal didapatkan Langkan.id dari video amatir warga setempat yang menyaksikan kejadian itu. Ketika hendak disembelih di salah satu lapangan yang berada di dekat masjid, sapi tersebut lepas dari tali kekangnya, lalu lari ke teras, hingga masuk ke dalam masjid dan berak.
Randy Camelo, salah satu warga, menyebutkan awalnya sapi yang hendak disembelih itu diikat di lapangan. Lalu, seorang anak-anak memukulnya, hingga sapi itu mengamuk dan lepas dari tali kekangnya.
“Sapi itu lari ke teras masjid,” ujar Randy kepada Langkan.id, saat dihubungi via telepon, Minggu sore (11/8).
Menurut Randy, ketika hewan kurban itu sudah sempat diikat kembali saat berada di teras masjid. Namun, sapi itu tetap mengamuk dan lepas dari pegangan penjagal. Saat itulah, sapi itu mengejar warga yang ada di sekitarnya.
ADVERTISEMENT
“Warga yang ada di teras masjid dikejar, lalu sapi itu masuk ke dalam masjid setelah menyeruduk pintu. Tapi, beruntung tidak ada kerusakan yang terjadi,” kata Randy.
Sedangkan, penjagal yang diseruduk, menurut Randy, tidak mengalami luka serius. “Untung penjagal tidak apa-apa. Tidak mengalami luka yang serius,” ujar Randy.
Setelah kejadian itu, sapi yang mengamuk tersebut akhirnya disembelih di teras masjid.
“Proses awal penyembelihan sebenarnya di lapangan. Tapi, karena sapi itu sudah ditangkap di teras masjid, akhirnya diikat ke salah satu tiang, lalu langsung disembelih di teras itu,” ucap Randy.
Insiden hewan kurban yang mengamuk, menurut Randy tidak hanya satu ekor itu saja, masih ada satu ekor lagi. Namun, tidak sampai lepas dari ikatannya.
ADVERTISEMENT
Data yang diperoleh Langkan.id, di Masjid Darul Muttaqin ada sekira 15 ekor sapi dan satu ekor kambing yang akan dikurbankan saat perayaan Idul Adha 1440 Hijriah.
Sapi yang mengamuk, seruduk penjagal, hingga berak di dalam masjid itu hanya satu ekor, yaitu sapi kurban dengan nomor urut dua. (Irwanda)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white