Pencarian populer
PUBLISHER STORY

Sempat Hilang, Kapal Pengangkut Kopra Ditemukan

Langkan.id, Padang- Kapal Motor (KM) Harapan Bersama yang sebelumnya dilaporkan hilang setelah bertolak dari Dermaga Meileppet, Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai pada Senin 7 Mei 2018 akhirnya ditemukan.
ADVERTISEMENT
Kapal yang mengangkut kopra dan enau itu ditemukan kapal pengangkut barang lainnya KM Mentawai Indah, Kamis pagi 10 Mei 2108 sekitar pukul 08.07 di sekitar Pulau Pandan, Padang.
“Saat KM Harapan Bersama itu ditemukan, kapal dalam keadaan rusak dan tengah bersandar di pulau tersebut, alat komunikasi yang ada di kapal juga rusak,” ujar Kepala Kantor SAR Mentawai Akmal saat dihubungi Langkan.id, Kamis 10 Mei 2018.
Kata dia, setelah 66 jam terombang-ambing di lautan, 7 anak buah kapal (ABK), saat ini berada dalam kondisi sehat. Begitu juga dengan kapten kapal yang diketahui bernama Zalnuddin. Semua ABK dibawa ke Mentawai.
“KM Harapan Bersama tersebut saat ini tengah diderek dengan menggunakan KM EVA ke Muara Padang untuk dilakukan perbaikan, sedangkan 2 kapal SAR kembali merapat ke Dermaga Bungus,” ujarnya.
ADVERTISEMENT
Akmal jmenjelaskan KM Harapan Bersama diderek KM Eva dengan kecepatan 3 knot/perjam dan diperkirakan sampai Dermaga Muara Padang sekitar pukul 17.00.
“Kalau kami derek dengan KN Yudisthira atau KN Ramawijaya, tidak bisa karena kedua KN ini, minimal kecepatannya 7 knot/perjam, sehingga kita putuskan KM EVA yang mendereknya dan kami turunkan satu sekoci untuk pengawalan yang terdiri dari 4 orang rescuer,” jelasnya. (Almurfi Syofyan)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80