Entertainment
·
9 Februari 2021 13:13

Viral, Alumni UIN Imam Bonjol Padang Lamar Gadis Turki

Konten ini diproduksi oleh langkan
Viral, Alumni UIN Imam Bonjol Padang Lamar Gadis Turki (633)
Muhammad Mutawalli dan Edanur Yildiz. Foto: instagram @eseseda98
Kisah perjuangan Muhammad Mutawalli (27) menikahi gadis asal Turki Edanur Yildiz (22) viral di sejumlah media sosial di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Mutawalli adalah seorang pemuda asal Kota Jambi, Provinsi Jambi, yang juga merupakan alumni Universitas Negeri Islam (UIN) Imam Bonjol Padang, Sumatera Barat.
Dari keterangan Mutawalli, memang tidak mudah baginya untuk mendapatkan hati dari Edanur Yildiz.
"Kita mulai berkenalan itu melalui media sosial selama sekitar 2 tahun. Dari waktu ke waktu yang kita jalani, hingga akhirnya kita merencanakan menikah, dan alhamdulilah kini untuk proses khitbah (lamaran) telah dilakukan" katanya, Selasa 9 Februari 2021.
Persis pada bulan Agustus tahun 2018, Mutawalli melihat Edanur Yildiz lewat akun instagramnya dengan akun @eseseda98 yang saat ini sudah punya 34 ribu pengikut.
"Saya ada beberapa kirim memberikan komentar pada foto di akun tersebut, tapi tidak pernah dibalasnya. Kemudian saya juga inbox beberapa kali tapi tidak dibalas, tidak tahu kenapa, soalnya dia banyak penggemar dan follower," jelasnya.
ADVERTISEMENT
Ternyata usaha Mutawalli tidak berakhir di sana, lalu sekitar 2 atau 3 minggu setelahnya, akhirnya Edanur Yildiz membalas pesan dari Mutawalli. Momen itu, sungguh membuat Mutawalli sangat merasa senang.
"Nah setelah berkenalan di instagram, kami pun bertukar nomor WhatsApp. Lalu kenalan berlanjut lewat chatingan di WhatsApp," ujarnya.
Dari situ, Mutawalli diberitahu kalau Edanur mau berkenalan dengan dirinya karena postingan di akun intagramnya @muhammad_mutawally-asshidiqiy.
Postingan yang di maksud soal dirinya membaca al Quran, Edanur mengaku menyukai karena senang mendengar Mutawalli mengaji dan membaca shalawat.
Wanita Turki itu mengaku kagum dengan dirinya dan Mutawalli juga mengakui kagum dengan Edanur. Dia juga mengagumi Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan.
“Apalagi saya ini memang pencinta Turki karena sejarah Islam ada di sana, ditambah lagi dengan adanya Presiden Erdogan, saya suka sekali,” katanya.
ADVERTISEMENT
Kemudian dia juga mengatakan kepada Edanur waktu itu dan berjanji akan datang suatu saat ke Turki untuk melamarnya.
Kemudian komunikasi terus berjalan baik lewat chatingan, telponan, maupun video call. Dirinya saling berbagi baik tentang Indonesia maupun Turki maupun tentang kegiatan dan pekerjaan masing-masing.
Namun dirinya mengaku tidak memiliki hubungan seperti pacaran. Selama berkomunikasi dirinya mengaku juga pernah mengakui cemburu dengan yang lain.
Hal ini karena Edanur memiliki banyak pengikut di instagramnya. Namun keduanya tetap saling mendukung.
“Jadi itulah video yang viral membawa buket bunga, pada acara lamaran, acara khitbahnya pada 5 Februari lalu, begitulah perjalanannya, banyak rintangan,” ungkapnya.
Terkait rencana menikah, dirinya menargetkan pada tahun ini juga. Paling lambat akhir tahun 2021 ini. Sambutan keluarga di sana juga menyambut dengan baik dan ramah.
ADVERTISEMENT
"Sesuai niat awal, saat ini kita menyelesaikan proses khitbah. Apalagi pernikahan antar negara banyak persoalan surat menyurat dan administrasi yang mesti diselesaikan dahulu," tegasnya.