Konten dari Pengguna

Perdalam Pengenalan Kegiatan Kerja, Seksi Giatja Lapas Permisan

Lapas Permisan Nusakambangan
Humas Lapas Kelas IIA Permisan Nusakambangan
5 Juni 2023 7:38 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Lapas Permisan Nusakambangan tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Perdalam Pengenalan Kegiatan Kerja, Seksi Giatja Lapas Permisan Lanjutkan Mapenaling WBP baru
NUSAKAMBANGAN - Seksi Giatja Lapas Kelas IIA Permisan Nusakambangan Kanwil Kemenkumham Jateng terus sosialisasikan kegiatan kerja yang berjalan di bengkel kerja. Kali ini 10 WBP baru sasaran pengenalan lingkungan yang merupakan pindahan dari Lapas Maksimum Besi Nusakambangan mendapat perhatian, Sabtu (03/06).
ADVERTISEMENT
Sebagaimana prosedur yang sudah ditetapkan dalam Permenkumham RI No.6 Tahun 2013 tentang Tata Tertib Lapas dan Rutan, maka seluruh WBP yang baru akan diberikan masa pengenalan lingkungan (mapenaling) yang bertujuan agar dapat beradaptasi dengan lingkungan Lapas sebelum akhirnya dipindahkan ke ruang hunian bersama tahanan/WBP lainnya.
Kegiatan ini dipimpin oleh Staff kegiatan kerja Wiwit Wahyono, dengan diawali kegiatan olahraga pagi untuk membentuk kebugaran tubuh agar tetap terjaga. Gerakan-gerakan dasar pemanasan dilakukan dengan penuh semangat.
Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan memberikan pembinaan kebersihan lingkungan sekitar. Kegiatan ini bertujuan memberikan bekal tanggung jawab dan cinta kebersihan lingkungan kepada para WBP.
Selanjutnya Wiwit Wahyono memberikan penjelasan teknis dan pengetahuan dasar mengenai kegiatan yang berjalan di bengkel kerja pada inti kegiatan mapenaling ini. Mulai dari kegiatan membatik yang menyangkut 7 proses pembuatan batik, pengenalan perbengkelan, pembuatan partisi HPL, kaligrafi, sablon DTF, laundry, jahit dan kegiatan bakery.
"Kegiatan Mapenaling ini bertujuan untuk mengenalkan kepada WBP baru tentang pembinaan kemandirian yang ada dibengkel kerja Lapas, sehingga mereka dapat mengikuti pembinaan kemandirian sesuai dengan minat dan bakat WBP masing - masing," Ungkap Wiwit.
ADVERTISEMENT
Kegiatan ditutup dengan doa bersama dan diberikan kesempatan untuk mengecek kesehatan pada klinik lapas.
#kumhamPASTI
#kemenkumham_ri
#ditjenpas
#kanwilkemenkumhamjateng
#hantorsitumorang
#lapaspermisan