News
·
10 April 2018 0:27

Hubungan Bilateral Yang Terjalin Antara Indonesia Dengan China

Konten ini diproduksi oleh Laurensia Theodora
Hubungan Bilateral Yang Terjalin Antara Indonesia Dengan China  (330164)
searchPerbesar
Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak pulau yang tersebar dari sabang sampai merauke, Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan keberagaman maupun hasil kekayaan alam dll. Atas potensi tersebut banyak negara yang tertarik untuk menjalin kerjasama dengan Indonesia salah satunya adalah negara China.
ADVERTISEMENT
China merupakan negara yang penduduknya terpadat di dunia, sedangkan Indonesia merupakan negara dengan populasi terbesar ke-4 di dunia. Hubungan bilateral antara Indonesia dan China terutama dalam bidang ekonomi saat ini terus meningkat. Hal ini bisa dilihat dari meningkatnya nilai jual beli antara Indonesia dan China pada tahun 2008 yang mencapai US$ 31 miliar.
Agar dapat menjalin hubungan kerjasama antara kedua negara maka kedua negara harus melakukan perdagangan internasional. Hubungan perdagangan internasional merupakan salah satu aspek penting dalam perekonomian bagi setiap negara yang ada di dunia. Dengan adanya perdagangan internasional ini maka, perekonomian diberbagai negara akan saling tercipta dan terjalin antara satu negara dengan negara lainnya.
Perdagangan internasional pada zaman yang serba cepat ini secara tidak langsung mendorong terjadinya globalisasi. Globalisasi ini terjadi seiring berkembangnya zaman ditandai dengan berkembangnya inovasi baru mengenai teknologi informasi, politik, keuangan, perdagangan serta investasi. Ini merupakan salah satu modal yang penting bagi suatu negara untuk menarik investor agar mau masuk dan berinvestasi di negara tersebut. Hubungan kerjasama ini dapat terjalin apabila mendapat dukungan baik dari berbagai sisi baik dari aspek ekonomi, politik, sosial, budaya dan lingkungan di dalam sebuah negara maka, bukan masalah yang besar bagi suatu negara untuk mengembangkan perekonomian negara tersebut ke arah yang lebih baik.
ADVERTISEMENT
Terdapat 8 bidang Perjanjian kerjasama yang dilakukan oleh Indonesia dan China menurut portal berita online kompas.com
“Pemerintah Republik Indonesia (RI) dengan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) menyepakati kerja sama pada delapan bidang. Penandatanganan nota kesepahaman bersama (Memorandum of Understanding/MoU) dilaksanakan di Great Hall of The People oleh para pejabat Indonesia dan Tiongkok dan disaksikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Xi Jinping, Kamis (26/3/2015)” kunjungan kenegaraan tersebut diagendakan sebagai kunjungan penting kenegaraan mengingat china merupakan salah satu negara yang memiliki potensi kerjasama yang besar yang dapat meninggkatkan ekonomi Indonesia maupun asia. Kunjungan presiden Jokowi ke Tiongkok,untuk menyatakan kesepakatan antar Indonesia dan china mengenai kesepakatan kedua negara untuk mengumumkan pernyataan bersama tentang hubungan kerjasama kedua negara ke arah yang saling menguntungkan. Sementara Presiden Jokowi mengatakan, “konteks hubungan bilateral yang akan dijalin antara Indonesia dan Tiongkok yaitu Kedua pihak akan melakukan kerja sama pemberantasan korupsi,Meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup rakyat kedua negara”.
ADVERTISEMENT
Terdapat 8 MoU yang ditandatangani, yakni :
1. Nota kesepahaman kerja sama ekonomi antara Kemenko Perekonomian RI dan Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional RRT,
2.Nota kesepahaman kerja sama Proyek Pembangunan Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung antara Kementerian BUMN dan Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional RRT.
3.Nota Kesepahaman kerja sama maritim dan SAR antara Basarnas dan Kementerian Transportasi RRT.
4. Kerja sama antara Protokol Persetujuan antara Pemerintah RRT dan RI dalam pencegahan pengenaan pajak ganda kedua negara.
5.Kerangka Kerja Sama Antariksa 2015-2020 antara Lapan dan Lembaga Antariksa RRT.
6.Nota kesepahaman kerja sama saling dukung antara Kementerian BUMN dan Bank Pembangunan China Pembangunan.
7.Nota kesepahaman antara pemerintah RRT dan RI dalam pencegahan pengenaan pajak ganda kedua negara dan
ADVERTISEMENT
8.Nota kesepahaman kerja sama bidang industri dan infrastruktur antara Kementerian BUMN dan Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional RRT.
Menurut saya dengan adanya hubungan kerjasama yang terjalin antara dua negara ini maka kedua negara akan saling bergantungan satu sama lain baik dari segi ekonomi , politik , sosial, budaya ,transportasi, telekomunikasi dll dan dapat menghasilkan kejasama yang saling menguntungkan bagi kedua negara.
References
Kompas.com. (2015, march 26). Indonesia-Tiongkok sepakati kerjasama di delapan bidang. Retrieved from www.kompas.com :
https://nasional.kompas.com/read/2015/03/26/22510981/Indonesia-Tiongkok.Sepakati.Kerja.Sama.di.Delapan.Bidang.
INDOFORWARDING. (2017, Oct 14). Hubungan Indonesia Dan China. Retrieved from www.indoforwarding.com : https://indoforwarding.com/hubungan-indonesia-dan-china/
sumber gambar : https://www.google.co.id/search?q=kerjasama&rlz=1C1CHBF_enID763ID763&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwiKxpvQ3K3aAhVERo8KHSp2AKQQ_AUICigB&biw=1366&bih=613#imgrc=yhUc2EMr1n9CmM:
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white