5 Drama Korea Hiburan Netflix Paling Seru Ini Ciptakan Trend Online Offline

Blogger, Marketing Communications, Public Relations, Branding, Lifestyle, Travel writer, photography. Penulis yang melukis, Author of Destiny the novel
Konten dari Pengguna
12 September 2022 6:58
·
waktu baca 8 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Leonita Julian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
Squid Game
Squid game bisa jadi drakor paling fenomenal dan menciptakan banyak trend.
Squid Game bercerita tentang kejamnya survival game, permainan mempertaruhkan nyawa demi hadiah sejumlah 45,6 miliar won, yang diikuti oleh 456 peserta yang benar-benar putus asa karena kesulitan uang.
Drama ini selalu memunculkan konflik dan ketegangan di setiap episodenya, apalagi saat kawan menjadi lawan demi bertahan hidup. Survival game yang mewakili kehidupan nyata.
Baju training warna hijau jadi trend yang dicari penonton, karena seragam inilah yang digunakan oleh 456 peserta Squid Game.
Begitu juga dengan dandanan dan dress berwarna oranye yang dikenakan oleh boneka menyeramkan dalam episode satu di permainan anak-anak 'Red Light Green Light'. Tentu saja permainan anak-anak ini juga kembali jadi hit.
ADVERTISEMENT
Begitu pula dengan permen tradisional Korea 'dalgona' berbentuk bintang, lingkaran, payung, kotak yang menjadi bagian dari permainan. Banyak restauran yang ikutan trend dengan menjual permen dalgona ini.
Bahkan akan ada Squid Game versi variety, yang bisa diikuti oleh umum, dengan hadiah sangat besar!
Drama ini disebut fenomenal bukan tanpa alasan. Squid Game menempati posisi pertama selama 20 minggu, posisi 10 besar di 94 negara, dan merupakan drama dengan rekor terbesar untuk seluruh serial yang pernah diproduksi sekaligus ditayangkan di Netflix, karena ditonton selama 1,65 miliar jam dalam 28 hari pertama penayangannya.
Untuk yang belum nonton, kamu masih bisa nonton sekarang di Netflix mengandalkan Internet provider terpercaya. Better late than never, karena sudah dikonfirmasi bakal ada season 2-nya, loh.
StartUp
ADVERTISEMENT
Sepertinya Start-Up jadi drakor yang paling bikin terbawa emosi hingga timbulkan fenomena 'war' antara netizen di social media. Saat drakor ini tayang on going, netizen benar-benar terbelah menjadi dua, adu dukungan antara penggemar dua karakter dalam Start-Up, Nam Do-san dan Han Ji-pyeong. Terbentuklah Tim Nam Do-san dan Tim Han Ji-pyeong.
Bahkan bukan hanya terjadi di online, tetapi adu Tim Nam Do-san dan Tim Han Ji-pyeong ini juga dibawa ke offline. Termasuk beberapa restauran dan unit usaha lainnya yang ikut meramaikan pembagian tim untuk pelanggannya atau menyatakan diri sebagai pendukung salah satu tim.
Dua karakter ini memang digambarkan saling bersaing untuk memperebutkan hati Seo Dal-mi yang diperankan oleh Bae Suzy di tengah kesibukan mereka membangun perusahaan rintisan alias startup.
ADVERTISEMENT
Saya sendiri dulu tim Han Ji-pyeong dan Kim Seonho, tetapi setelah dipikir-pikir, kedua aktor ini memang membawakan perannya dengan pas banget. Nam Do-san yang diperankan oleh Nam Joo-hyuk tidak akan membuat geregetan jika aktor ini tidak memerankannya dengan karakter selabil itu di awal dan percaya diri di akhir. Dan Kim Seon-ho memang berhasil memerankan good boy sekaligus sad boy Han Ji-pyeong dengan sangat pas, sehingga menciptakan argumen dan membuat penonton terbawa perasaan. Karakter Han Ji-pyeong pun menjadi tren ikon penyemangat anak muda untuk berinvestasi di saham.
Jadi, kamu Team Nam Do San atau Team Han Ji Pyeong?
Nevertheless
Pernah dengar atau baca kupu-kupu disamakan dengan buaya atau "Species kupu-kupu lebih bahaya daripada buaya?"
ADVERTISEMENT
Ya, itu semua efek dari dari drakor Nevertheless.
Drama Korea Nevertheless sukses viral dengan cerita ringannya tentang perjalanan asmara di sebuah Universitas Seni Rupa di Korea Selatan, lengkap dengan anak kuliahan yang cenderung bebas.
Diperankan oleh Song Kang sebagai Park Jae Eon dan Han So Hee sebagai Yoo Na Bi, drama ini fokus pada perasaan Na Bi, seorang mahasiswi yang awalnya skeptis tentang cinta karena punya pengalaman pahit di masa lalu, namun berubah setelah ia bertemu dengan Jae Eon di Bar. Sayangnya, Jae Eon dikenal sebagai lelaki buaya darat yang suka merayu perempuan, tetapi tidak suka terikat hubungan pacaran.
Rayuan maut andalannya yang jadi viral adalah "Mau lihat kupu-kupu di rumahku?"
ADVERTISEMENT
Tapi bukan hanya rayuan dan tato kupu-kupunya, tingkah Jae Eon memang seperti kupu-kupu yang suka terbang dan hinggap di bunga-bunga cantik.
Setelah tren rayuan kupu-kupu ala Songkang, selanjutnya ada rayuan "Mau makan ice cream?" ala Hometown Cha Cha Cha, serta "Mau berkunjung untuk lihat dua tangkai (bunga peony) lainnya?" ala Thirty Nine.
Extraordinary Attorney Woo
Tahu Woo Young Woo Challenge yang tren di TikTok?
Para member grup K-pop Idol, dari rookie seperti TNX, hingga TXT, Straykids, bahkan BTS pun ketagihan dengan gerakan ini.
Tren TikTok ini sebenarnya berasal dari Drama Korea hit, Extraordinary Attorney Woo.
Drama yang bertema hukum dengan dibumbui romansa ini menceritakan kisah pengacara dengan Autisme Spectrum, Woo Young Woo, yang selalu memecahkan masalah klien dengan cara unik. Karakter unik ini diperankan dengan sempurna oleh Park Eun Bin.
ADVERTISEMENT
Bukan hanya cerita yang lucu sekaligus mengharukan, lengkap dengan visualisasi yang bagus, serta akting yang menawan, yang membuat penonton Netflix menggemarinya, tetapi juga gerakan sapaan yang viral.
Woo Young Woo dan sahabatnya Dong Geu Rami memiliki sapaan yang unik saat mereka bertemu dengan menyebutkan nama mereka secara berirama lengkap dengan gerakan tangan ala hip hop.
Gerakan ini menjadi dance challenge dan tren di TikTok, lalu menjadi sapaan di offline, contohnya TNX yang melakukan gerakan Woo Young Woo yang dimodifikasi saat menerima Rising Star Awards.
Juvenille Justice
Juvenile Justice merupakan drama genre crime, hukum, psikologi, yang juga sempat populer no 1 di daftar hiburan Netflix paling seru. Salah satu drakor favorit saya karena memang sangat bagus dan membuka pandangan baru.
ADVERTISEMENT
Drama ini berbeda dengan drakor bertema Hukum lainnya, karena menyoroti kasus kenakalan dan kriminalitas remaja, salah satu isu paling sensitif di Korea Selatan. Tema ini memang jarang diangkat ke dalam drama Korea ataupun drama Hollywood, apalagi dibuat sedetil itu tiap kasusnya.
Drama ini menjawab keresahan dan pertanyaan saya tentang kenakalan atau kriminalitas anak-anak.
Umumnya anak-anak dianggap aman dari ancaman hukum karena masih di bawah umur, padahal aksi kejahatan mereka bisa jadi sekejam atau lebih kejam dari orang dewasa. Selalu ada pengecualian "Maklumi saja, masih kecil". Kadang ini bikin geram karena tidak fair.
Sistem peradilan anak yang dirasa tidak adil, khususnya bagi para korban inilah yang menjadi fokusnya.
Juvenille Justice juga membawa banyak pesan moral, selain bagi remaja, juga bagi para orang tua tentang bagaimana seharusnya memperlakukan anak saat bermasalah, karena setiap ucapan adalah doa.
ADVERTISEMENT
Yang menarik lagi, drama ini juga menunjukkan perbedaan pandangan di antara 4 hakim, seperti mewakili perbedaan pandangan orang di kehidupan nyata karena perbedaan latar belakang yang membuatnya berbeda prinsip dan mempengaruhi pengambilan keputusan.
Pada akhirnya seorang hakim memang harus berada di posisi yang 'sepi'. Dalam artian, tidak boleh dipengaruhi perasaan dan tidak boleh dipengaruhi oleh pihak lain, supaya bisa bersikap adil.
Yang terbaru, ada 2 drakor Netflix yang sepertinya konfliknya bisa jadi viral berikutnya.
“Apa yang akan kamu lakukan jika menemukan uang 2 miliar?”
Pertanyaan ini sedang banyak muncul di social media karena drakor thriller baru ‘Little Women’ yang dibintangi oleh Kim Go-eun. Tokoh Oh In-Joo yang diperankan Go-eun memang menemukan tas berisi uang yang tidak diketahui asalnya. Konflik yang sama yang dihadapi Dong-ha di drakor A Model Family.
ADVERTISEMENT
Kalau melihat yang terjadi pada Dong-ha, saya anjurkan Kim Go-eun jangan ambil uangnya, deh. Ribet! Konfliknya tak berujung. Karena di dunia ini tidak ada yang gratis.
Kamu sudah bisa nonton A Model Family secara marathon di Netflix karena sudah tamat Season 1. Sementara untuk Little Women masih on going. Kira-kira, apa yang bakal dilakukan Oh In-joo dengan uang temuannya ya? Ayo nonton sebelum ketinggalan tren-nya.
Biar ga ketinggalan segala trend yang viral dari efek tayangan Netflix. Paling mudah, sih, langganan IndiHome Netflix.
Internet provider terpercaya produk Telkom Group ini menyediakan paket bundling dengan Netflix!
Artinya, kita bisa menikmati semua benefitnya di dalam satu tagihan saja! Jadi, ngga perlu repot bayar tagihan IndiHome dan Netflix secara terpisah lagi. Dan bukan hanya pembayarannya yang mudah, untuk berlangganan pun gampang.
ADVERTISEMENT
Bagi yang telah berlangganan IndiHome, Internet provider terpercaya ini, dan memiliki aplikasi myindihome, bisa langsung aktivasi melalui aplikasi tersebut.
Caranya simple, setelah menentukan pilihan paket bundle Netflix, selanjutnya lakukan aktivasi melalui link yang dikirimkan Netflix ke email yang terdaftar di aplikasi myIndiHome atau melalui link yang dikirimkan IndiHome ke inbox di aplikasi myIndiHome.
Kita bisa nonton hiburan Netflix paling seru melalui berbagai perangkat, seperti laptop, handphone, dan tablet, loh. Atau mau Paket Nobar supaya bisa nonton Netflix di TV bareng keluarga? Bisa juga!
Bisa menikmati paket internet dari Internet provider terpercaya, bisa nonton hiburan Netflix paling seru bareng-bareng, nggak ketinggalan trend online offline, juga pembayaran dan aktivasi yang simple.
So, tunggu apa lagi? Yuk, langganan sekarang!
ADVERTISEMENT