kumparan
20 Mei 2018 21:57 WIB

Direktur Eksekutif BAKORNAS LEPPAMI PB HMI : "LPP Sebagai Penyempurna Arah Perkaderan HMI"

Suasana saat LK-II Tingkat Nasional HMI Cabang Jombang
Jombang - Latihan Kader II atau Intermediate Training tingkat nasional Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Jombang baru saja terlaksana dengan sukses. Dengan dihadiri puluhan kader-kader terbaik dari puluhan HMI Cabang Se-Nusantara. Dihadiri beberapa Pemateri Nasional baik dari internal maupun eksternal HMI, dengan stadium general oleh Ahmad Nawardi (Anggota DPD/MPR RI) serta pemateri nasional lainnya seperti Ichwan Abdillah (Direktur Eksekutif BAKORNAS LEPPAMI PB HMI), Rahim Key (Ketua PB HMI Bidang PAO), Abdul Robi Syahrir (Ketua PB HMI Bidang LH) dan lain sebagainya.
ADVERTISEMENT
Dalam kesempatan ini Ichwan Abdillah (Direktur Eksekutif BAKORNAS LEPPAMI PB HMI) memberikan materi perihal revitalisasi Lembaga Pengembangan Profesi (LPP) dalam perkaderan HMI. Materi yang berlangsung pada hari pertama pelaksanaan LK II ini memakan waktu hampir 5 Jam. "Pada awalnya saya memahami psikologis peserta agak kurang bersemangat karena meteri dimulai pada jam 9 malam (red. 21.00 WIB) dan diperlukan strategi-srategi dalam penyampaian materi yang mudah dipahami sekaligus membuat forum lebih interaktif dengan komposisi 40% Ceramah dan 60% dialog interaktif" buka Ichwan.
Seiiring berjalanya forum, peserta terlihat lebih dinamis dalam forum. Pembahasan dibuka dengan pemaparan sejarah pendirian LPP dalam HMI, kemudian dilanjutkan pembahasan nilai LPP dalam HMI. Pada pembahasan nilai LPP dalam HMI, Ichwan menyatakan "Hadirnya LPP adalah keharusan dan keniscayaan sebagai perwujudan HMI menjawab tantangan Zaman" . Hari ini HMI telah memiliki 10 LPP yang juga badan semi otonom dalam HMI dan telah hadir 8 LPP ditingkat Nasional.
ADVERTISEMENT
Sebagai organisasi perkaderan HMI mempunyai arah perkaderan yang membentuk kadernya menjadi Muslim yang intelektual dan profesional sesuai yang termakub dalam Pedoman Perkaderan HMI. Disini Ichwan menekankan bahwa proses perkaderan HMI belum sempurna apabila tidak kader tidak melengkapi proses perkaderan sesuai dengan arah perkaderan. Dalam HMI pembentukan kader muslim intelektual ditempa dalam proses perkaderan formal HMI seperti LK-I, LK-II, dan LK-III dan penyempurnaan pembentukan kader yang profesional merupakan kerja-kerja LPP. Dalam pasal 48 Anggaran Rumah Tangga HMI juga dijelaskan bahwa LPP adalah Lembaga Perkaderan HMI yang bertugas dalam pengembangan profesi kader HMI.
"Berproses menjadi kader yang utuh dalam HMI adalah keharusan untuk para anggotanya, agar tidak hanya menjadi anggota saja tetapi benar-benar menjadi tulang punggung bagi keberlangsungan Organisasi" tutup Ichwan.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·