Tekno & Sains
·
4 Maret 2021 15:55

Cerita Agas di Balik Pembuatan Fitur Baru Aplikasi kumparan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Sadar akan kebutuhan pembaca untuk mendapatkan informasi dengan cepat dan membagikannya ke banyak orang. Minggu ini aplikasi kumparan hadir dengan inovasi baru untuk menjawab kebutuhan tersebut.
Cerita Agas di Balik Pembuatan Fitur Baru Aplikasi kumparan (336175)
searchPerbesar
Cara Share Artikel ke Instagram Stories. Foto: kumparan
Jika, sebelumnya pembaca memberikan informasi yang didapat dari kumparan dengan cara screenshot artikel kemudian membagikannya di media sosial seperti Instagram. Sekarang cara tersebut sudah tidak perlu dilakukan lagi, karena secara resmi kumparan meluncurkan fitur yang memungkinkan pembaca untuk membagikan konten ke Instagram Stories langsung dari aplikasi kumparan.
ADVERTISEMENT
Cara share konten dari aplikasi kumparan ke Instagram Stories:
  1. Pastikan kamu sudah update aplikasi kumparan ke versi terbaru
  2. Buka artikel yang ingin kamu bagikan ke Instagram Stories
  3. Pada jajaran opsi di kanan bawah layar, klik tombol Share yang digambarkan dengan ikon tiga lingkaran yang saling terhubung
  4. Akan muncul opsi untuk membagikan ke berbagai platform. Pilih Stories.
  5. Aplikasi kumparan akan secara otomatis membuka aplikasi Instagram dan mengarahkan ke fitur Stories yang menampilkan judul artikel yang ingin kamu bagikan.
  6. Tambahkan stiker, GIF, teks atau emoji jika dibutuhkan
  7. Tekan tombol Share di pojok kiri bawah
Cerita Agas di Balik Pembuatan Fitur Baru Aplikasi kumparan (336176)
searchPerbesar
I Gede Agastya Darma Laksana, Software Engineer kumparan. Foto: I Gede Agastya Darma Laksana/kumparan
Fitur ini sudah tersedia di aplikasi kumparan untuk perangkat iOS dan Android setelah melewatkan kurang lebih dua minggu dalam proses penggarapannya.
I Gede Agastya Darma Laksana, Software Engineer kumparan, menjadi salah satu anggota dari tim inti dalam penggarapan fitur baru ini. Agas sapaan akrabnya, terlihat sangat antusias selama proses penggarapan. Disela kesibukannya, ia bercerita bahwa sebenarnya inovasi ini merupakan salah satu plan dirinya dan tim produk yang sempat tertunda.
ADVERTISEMENT
“Ini sebenarnya plan dari tahun 2019, konsep dan riset saat itu sudah matang. Pokoknya tinggal eksekusi. Tapi, karena waktu itu lagi banyak banget proyek yang harus dikerjakan. Jadi, sempat pada lupa hehe,” cerita Agas.
Dari tim engineer Agas dibantu oleh Reno Putra Prawira, Software Engineer. Dari tim produk ada Ganesha Dwi Adhy Nugraha, Product Manager dan Abyantama El Anwary Putra, Junior Product Manager. Tidak ketinggalan ada Thomas Diong Kah Teik, Chief Product & Data dan Melanie Saskia Yusuf, Content Partnership & Retention Lead.
Dalam penggarapan proyek yang dikerjakan bulan di Februari ini, Agas bertanggung jawab membuat coding untuk mengirim data dari aplikasi kumparan ke Instagram. Dibantu Reno dari tim engineer juga untuk membuat modal share dalam aplikasi kumparan ke Instagram.
Cerita Agas di Balik Pembuatan Fitur Baru Aplikasi kumparan (336177)
searchPerbesar
Agas, Software Engineer kumparan disela-sela proses penggarapan fitur baru aplikasi kumparan. Foto: I Gede Agastya Darma Laksana/kumparan
Di masa penggarapan Agas mengatakan tidak menemukan kesulitan dan kendala yang berarti. “Sebenernya dibilang susah juga nggak. Karena ini sistem kerjanya termasuk sederhana. Paling kita sempat ada kendala saat proses approval ke Google, yang memakan waktu sampai dua minggu.” kata Agas.
ADVERTISEMENT
Tidak mau berhenti sampai di sini, Agas dan tim masih mempunyai banyak rencana untuk mengembangkan fitur ini agar pembaca bisa jadi lebih #NyamanPakaiAplikasikumparan. “Kita masih punya plan buat ngembangin fitur ini. Diantaranya supaya user bisa langsung klik link artikel yang mereka share dari stories. Terus juga bisa share konten dalam bentuk video. Pokoknya yang bisa makin mempermudah user.”
Dengan adanya fitur baru ini Agas berharap pembaca akan menjadi lebih mudah dan cepat untuk mendapatkan informasi dari kumparan. Juga bisa mengurangi informasi hoaks, karena sumber yang sudah jelas diproduksi oleh kumparan sebagai organisasi media massa yang terverifikasi di Dewan Pers.
Kamu sudah coba fitur barunya belum?