kumparan
Tekno & Sains5 Mei 2020 19:04

Ikhtiar Berbagi Kebaikan yang Disambut Google

Konten Redaksi kumparan
Bulan April ini ditutup dengan adanya kabar baik yang datang dari Google News Initiative (GNI). Lewat program ini, Google setiap tahunnya mengadakan program bantuan dana untuk media massa yang memberikan inovasi terbaiknya di era digital.
share.jpg
Google News Innovation. Foto: Dok. Google
Pada Oktober 2019 Google mengundang organisasi berita dari Asia Pasifik untuk mengikuti putaran kedua Google News Initiative Innovation Challenge. Saat itu wabah COVID-19 sudah mulai mewabah di dunia tapi Google tetap memutuskan melanjutkan program ini sebagai bentuk dukungan yang lebih luas untuk jurnalisme di masa yang penuh tantangan ini.
ADVERTISEMENT
Di putaran kedua ini peserta diminta mengirimkan proposal dengan tujuan meningkatkan keterlibatan pembaca (engagement) dalam platform medianya masing-masing.
Ada 255 organisasi Asia Pasifik yang mengikuti program ini dengan berbagai topik seperti user-generated content, manajemen komunitas, pengecekan fakta dan penggunaan teknologi seperti pembelajaran mesin untuk mengatasi tantangan bisnis.
Diumumkan pada 30 April kemarin, kumparan terpilih menjadi salah satu media massa online dari 18 organisasi di Asia Pasifik. Organisasi media lain yang juga mendapatkan dana Innovation Challenge tahun ini berasal dari beberapa negara seperti Australia, Hong Kong, India, Jepang, Malaysia, Korea Selatan hingga Taiwan.
gcky7u7ong76dym3hsvh.png
Organisasi penerima dana Innovation Challenge dari Google News Initiative tahun 2020 Foto: Dok. Google
“kumparan menjadi satu-satunya penerima Google funding dari Indonesia untuk melanjutkan program yang berdampak besar bagi publik melalui program kumparanDerma,” ujar Fajar Widi, dari tim Corporate Strategic kumparan, yang saat itu mendaftarkan project kumparanDerma.
ADVERTISEMENT
Berkolaborasi dengan kitabisa.com, kumparan memfasilitasi publik atau kelompok yang mengalami kesulitan lewat program donasi. Dengan beberapa inovasi dan pengembangan produk kumparan, pembaca dapat berdonasi secara langsung di platform kumparan yang telah terintegrasi secara seamless dengan platform pembayaran digital (virtual banking, ataupun GoPay).
clmdiyf37lpwfuokdcua.jpg
Ilustrasi donasi di kumparanDerma Foto: kumparan
Melalui inovasi customer journey yang simple tersebut, kebaikan puluhan ribu donatur telah tersalurkan ke bidang pendidikan, kemiskinan, hingga bencana alam.
Ikhtiar baik tentu tidak berhenti sampai di sini, kumparan masih membuka galang dana untuk membantu orang dan kelompok untuk melawan wabah ini lewat program ‘Peduli Sesama Lawan Corona’. Donasi yang terkumpul selanjutnya digunakan untuk menyediakan alat perlindungan diri seperti masker, hand sanitizer, hingga hazmat, untuk tenaga medis yang berada di garda depan dalam 'perang' melawan virus corona.
ADVERTISEMENT
Bukan hanya untuk para pahlawan garda depan, donasi ini juga akan disumbangkan untuk dibelikan kebutuhan pokok pada keluarga yang terdampak pandemi COVID-19 hingga dukungan dana untuk melakukan tes publik COVID-19.
Yuk, sebarkan kebaikan di bulan yang baik untuk mereka yang membutuhkan sedikit sentuhan tangan kamu demi melewati masa sulit ini.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan