Woman
·
22 September 2020 16:52

Jika Kamu Merasa Kesepian, Lakukan Ini untuk Mengatasinya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kesepian menjadi salah satu tantangan utama dalam kebahagiaan seseorang. Setuju nggak, gaes?
ADVERTISEMENT
Eits, sebelum kita membahas lebih jauh, memutuskan untuk menyendiri dan kesepian itu berbeda, ya. Rasa kesepian akan terasa menguras tenaga, mengganggu, dan kadang menjengkelkan. Sedangkan kesendirian merupakan suatu pilihan yang diinginkan dan menimbulkan rasa damai.
Ada studi ilmiah yang mengungkapkan bahwa kesepian menjadi salah satu masalah serius yang mempengaruhi kebahagiaan seseorang. Ikatan yang kuat dengan orang lain menjadi salah satu faktor kebahagiaan seseorang, karena ketika seseorang memilikinya maka ia akan terhindar dari rasa sepi.
Jika Kamu Merasa Kesepian, Lakukan Ini untuk Mengatasinya (161723)
Ilustrasi merasa kesepian di tengah pandemi. Dokumen: shutterstock
Lalu, bagaimana mengatasi masalah ini? Terlebih sekarang ruang gerak kita secara langsung pun dibatasi karena adanya pandemi. Berikut beberapa kebiasaan yang bisa dilakukan untuk mengatasi kesepian tersebut:
  1. Tetap Terhubung dengan Orang Lain
Di masa pandemi sekarang ini kamu bisa bergabung di komunitas untuk menjadi sukarelawan dan mengajar ataupun sekadar sharing di kelas online. Ini juga menjadi salah satu cara untuk memberi dukungan kepada orang lain pada masa sulit. Karena untuk mendapatkan kebahagiaan secara umum, memberikan dukungan sama pentingnya dengan mendapatkan dukungan. Mengikuti workshop online juga bisa menjadi pilihan. Selain menambah skill, ini juga bisa menambah relasi, loh.
ADVERTISEMENT
  1. Coba untuk Mendapatkan Tidur yang Lebih Berkualitas
Menurut penelitian, salah satu indikator kesepian yang paling umum adalah kurang tidur, membutuhkan waktu lama untuk tertidur, tidur tidak nyenyak, dan merasa mengantuk di siang hari. Kurang tidur dalam keadaan apapun dapat menurunkan suasana hati seseorang, membuat mereka lebih rentan jatuh sakit, dan menguras energi, jadi penting untuk mengatasi masalah ini.
Jika Kamu Merasa Kesepian, Lakukan Ini untuk Mengatasinya (161724)
Ilustrasi mengikuti workshop online. Dokumen: pexels.com
  1. Jangan Menutup Diri
Ini mungkin tampak kontra, kesepian dapat membuat orang merasa lebih negatif hingga mudah menghakimi. Namun orang yang kesepian ternyata lebih sulit menerima kehadiran orang baru. Jika kamu menyadari ini cobalah untuk tetap terbuka, jangan biarkan rasa kesepian tersebut berlarut dan merenggut kebahagiaanmu.
  1. Tanya pada Diri Sendiri "Apa yang Hilang dalam Hidup Saya?"
ADVERTISEMENT
Jika kamu merasa kesepian, temukan penyebabnya. Apakah itu karena rindu memiliki sahabat, atau rindu memiliki ‘tempat’ untuk dikunjungi di mana semua orang terasa dekat dan akrab, atau rindu memiliki pasangan? Ada banyak jenis kesepian. Mungkin menyakitkan untuk memikirkannya, tetapi setelah kamu memahami apa yang telah dilewatkan, maka akan lebih mudah untuk menemukan cara mengatasinya.
Tentunya tidak mudah untuk memulai kebiasaan-kebiasaan di atas karena membutuhkan komitmen kuat dan keberanian. Tapi di situasi saat ini, rasanya perlu untuk kita melakukan usaha lebih demi menjaga kebahagiaan di tengah pandemi. Yuk, kenali apa yang kamu rasakan dan temukan kebahagiaanmu kembali :)