kumparan
11 Maret 2020 16:02

Meet with Erwin Petas: Cerita di Balik Artikel kumparan yang Mudah Kamu Temui

WhatsApp Image 2020-03-11 at 21.32.18.jpeg
Kamu pernah mencari informasi di Google dengan kata kunci tertentu lalu menemukan artikel kumparan di halaman pertama?
ADVERTISEMENT
Semua sumber informasi yang kamu temui di halaman pertama Google itu tidak terjadi begitu saja. Ada sebuah proses sistematis dari mesin pencari Google yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas kunjungan pada website, namanya SEO.
kumparan memiliki tim SEO yang memastikan pembaca dapat menemukan informasi dan berita dengan mudah di halaman pertama Google. Erwin Petas adalah salah satu awak kumparan yang berperan penting dalam hal tersebut.
Erwin, sapaan pria ayah dua anak ini adalah seorang SEO Manager di kumparan. Ia dan timnya senantiasa memastikan pembaca bisa mendapatkan informasi dari kumparan dengan mudah.
Pria yang sudah memulai kariernya sebagai seorang spesialisasi SEO sejak delapan tahun lalu ini mengungkapkan, SEO merupakan salah satu indikator utama untuk mendatangkan kunjungan organik ke website kumparan.
ADVERTISEMENT
“Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan banyak pengunjung," kata Erwin.
Memastikan sebuah artikel ada di halaman pertama Google dan menemukan kata kunci yang menarik merupakan sebuah tantangan tersendiri untuk Erwin. Ia juga menceritakan serunya menjadi seorang spesialisasi SEO di media online.
“Kayak kemaren ada isu Corona atau artis ketangkep kita harus cepet-cepetan supaya ada di halaman utama sebelum kompetitor, biar kita dapet trafficnya lebih banyak. Sama kita harus kejar-kejaran juga sama keyword sih, kaya keyword apa aja sih yang trending," katanya.
Erwin juga menambahkan, bukan hal yang mudah dan instan untuk menjadikan kumparan SEO friendly. Untuk melihat hasil dari SEO tersebut, dibutuhkan waktu satu sampai dengan dua bulan. Bahkan untuk mendapatkan SEO yang bagus dan stabil, membutuhkan waktu yang panjang, bisa satu sampai dua tahun.
ADVERTISEMENT
Tapi Erwin mengaku cukup menikmati profesinya saat ini yang membuatnya bisa mengenal banyak orang. Ini karena ia diharuskan berkoordinasi dengan beberapa tim secara bersamaan.
Belajar SEO diakuinya bukan cuma bisa diterapkan dalam perusahaan tapi juga untuk diri sendiri, seperti blog. Dan semua orang bisa mempelajari SEO seperti yang Erwin lakukan secara otodidak.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan