kumparan
20 September 2019 18:13

Pendekar Maha Pikat, si Pemecah Masalah

DSC09427.JPG
Visual Manager kumparan, Kiagoos Aulianshah
Kemampuan mengidentifikasi masalah dan memiliki wawasan yang luas merupakan hal-hal patut dimiliki oleh seorang perancang grafis, selain dasar keilmuan mengenai desain itu sendiri. Hal lain yang tak kalah penting adalah sikap objektif, tidak boleh egois. Sebagai pemecah masalah, seorang perancang grafis harus bisa fokus pada solusi secara visual.
ADVERTISEMENT
Menurut Visual Manager kumparan, Kiagoos Aulianshah, profesi perancang grafis merupakan pekerjaan menyelesaikan masalah. Mengkomunikasikan sebuah masalah ke dalam visual yang dapat diterima oleh khalayak masyarakat.
Pria berdarah Sunda ini bercerita, ia tidak menyangka akan berkecimpung di dunia desain grafis sampai sejauh ini. Padahal menggambar sudah menjadi hobi yang ia tekuni sejak masih kecil.
“Dulu cita-cita gue jadi insinyur,” ucap Kiagoos sambil tertawa ketika diwawancara di pinggir kolam renang kumparan. Ia sempat nyasar kuliah di jurusan teknik sipil, lalu akhirnya justru menemukan kebahagiaan di jurusan desain komunikasi visual IKJ.
Memiliki profesi di bidang kreatif dengan tuntutan untuk terus memiliki segudang ide, Kiagoos bertutur bahwa sering-sering melihat referensi sangat membantu dalam proses kreatif yang dilalui seorang perancang grafis.
ADVERTISEMENT
“Ketika melihat karya yang bagus, mood-nya itu jadi naik lagi. Intinya, mood itu bisa dikondisikan. Salah satunya dengan cara melihat referensi,” ujar mantan dosen Institut Kesenian Jakarta ini ketika mengalami art block.
Sebagai bagian dari tim Maha Pikat di kumparan, menurut Kiagoos, desain yang bagus adalah yang dapat memikat sejak pandangan pertama. Selain itu, desain yang baik juga harus komunikatif dan ikonik. Contohnya ketika membuka laman atau aplikasi kumparan. Pembaca sudah terpapar oleh desain khas kumparan yang banyak menggunakan warna-warna vibrant, perpaduan foto dan ilustrasi.
Tentu saja di balik desain apik ada pasukan yang siap sedia dengan segala kreasi idenya. Kami menyebutnya tim Maha Pikat. Pasukan yang terdiri pendekar dengan kesaktian ilustrasi, infografis, motion graphic sampai 3D. Mereka mengeksekusi dengan kesaktian mandragunanya masing-masing.
ADVERTISEMENT
Nah, jika kamu merasa tertantang untuk menjadi pemecah masalah dengan ide-ide yang ikonik dan siap menjadi pendekar Maha Pikat, segera kirim CV dan portofolio kamu ke kum.pr/join!
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan