Pencarian populer
USER STORY

Alasan Kucing Peliharaan Sebaiknya Tak Diizinkan Bermain di Luar

Ilustrasi kucing bermain di luar. (Foto: Pixabay)

Kucing merupakan salah satu binatang yang paling sering dijadikan sebagai binatang peliharaan. Itu karena tingkahnya yang menggemaskan, sikapnya yang mudah dilatih, dan kehadirannya yang menyenangkan.

Bagi kalian yang memelihara kucing di rumah, bagaimana cara kalian merawatnya? Membiarkan ia bebas bermain di luar asalkan nanti pulang ke rumah? Atau justru membiarkannya bermain di rumah saja?

Membiarkan kucing bermain di rumah terus-menerus memang tampak menyedihkan. Namun, tahukah kamu jika mengizinkannya bermain di luar rumah juga bukan keputusan yang bijak?

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Biology Latters dalam jurnal Royal Society menjawabnya. Kucing merupakan salah satu hewan yang paling mudah terserang berbagai penyakit, baik yang tidak menular maupun dapat menular ke manusia.

Penelitian itu menunjukkan jika kucing yang diizinkan bermain di luar tiga kali lebih berisiko terinfeksi patogen atau parasit dibanding yang tidak. Parasit itu kemudian bisa menyebabkan berbagai penyakit bagi manusia, salah satunya toksoplasmosis dari parasit bersel tunggal.

"Di manapun kamu tinggal, menjaga kucing tetap berada di rumah adalah cara terbaik untuk memastikannya selalu sehat dan terbebas dari penyakit menular," kata Chalkowski, peneliti di School of Forestry and Wildlife Scinces Aubur University di Alabama.

Hmm jika demikian, apa kamu mulai terpikir tidak mengizinkan si kucing menggemaskanmu ke luar rumah?

(NS)

Baca lebih banyak informasi mengenai berita artis/berita heboh/info bola/dan lifehack lebih nyaman di aplikasi kumparan.

Download aplikasi Android di sini.

Download aplikasi iOS di sini.

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57